Tips Trik

Sabun Alami Kian Populer, Simak 7 Alasan Ini!

| dindindonk.com | Sabun telah menjadi kebutuhan standar dan penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kesadaran masyarakat tentang bahan-bahan yang dipakai juga kian meningkat. Banyak yang semakin peduli tentang kandungan bahan-bahan alami dalam sabun yang dipakainya. Masyarakat juga mencoba untuk meninggalkan ketergantungan terhadap zat-zat kimia yang banyak terkandung dalam sabun konvensial atau sabun komersial yang banyak dijual bebas.

Hal tersebut yang menjadi salah satu penyebab banyak orang yang beralih dari yang awalnya menggunakan sabun biasa (sabun komersial atau commercial soap) lantas beralih menjadi pengguna sabun alami (natural soap). Sabun berbahan alami ini pun kian mendapatkan popularitas di mata masyarakat. Walaupun, dengan memilih menggunakan sabun jenis ini harus merogoh kocek lebih dalam. Iya, karena dari sisi harga, sabun berbahan serba alami ini biasanya lebih mahal dari sabun biasa.

sabun alami

| dindindonk.com | ilustrasi (sumber: bustle)

Sabun Alami

Lalu, apa lagi yang menjadi pertimbangan seseorang beralih menjadi pengguna sabun berbahan alami? Simak beberapa alasan yang membuat orang-orang menggunakan sabun berbahan alami, baik sabun padat maupun sabun transparan.

Pemakaian Sabun Alami Demi Menghindari Iritasi Kulit

Pengguna sabun biasa memang rentan untuk mengalami iritasi kulit, terutama bagi yang kulitnya sensitif. Suatu hal yang wajar. Mengingat dalam sabun komersial banyak terkandung zat-zat kimia, bahan-bahan buatan dan aditif.

Nah, sabun berbahan serba natural ini menghindari penggunaan bahan-bahan penyebab iritasi kulit tersebut. Bahan-bahan alami yang dipakai lebih mudah ditoleransi oleh kulit sensitif.

Bahan Alami Menjaga Kelembaban Kulit

Sabun alami menghindari penggunaan bahan-bahan buatan dan zat aditif sensitif yang dapat menyebabkan kulit kering serta merusak kelembaban kulit. Bahan dasar sabun alami berupa minyak zaitun, minyak kelapa, dan lemak alami (baik nabati maupun hewani) telah lama dikenal sebagai zat alami yang mendatangkan kelembaban.

Kelembaban ini tidak sekedar di permukaan kulit saja, tapi juga meresap hingga ke pori-pori kulit bagian dalam.

Asupan Nutrisi Membuat Kulit Sehat

Selain itu, bahan-bahan alami yang dipakai dalam pembuatan sabun ini menjadi “asupan nutrisi” kulit sehingga tetap sehat. Contohnya minyak zaitun. Kandungan zat gizi didalamnya bermacam-macam, mulai dari lemak (lemak jenuh, omega 3, omega 6, omega 9), zat besi, phenolic, serta vitamin K dan vitamin E. Dengan melihat kandungan kaya gizi seperti ini, dapat mengurangi risiko kanker payudara dan kanker kulit sebagai manfaat dari zat phenolic dan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan.

Dapat Memudarkan Bekas Luka Serta Peradangan

Selain yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan alami yang juga terdapat dalam minyak zaitun atau olive oil adalah asam oleat. Asam oleat ini menjadi kandungan terbanyak dalam asam lemak pada minyak zaitun. Asam oleat sangat sehat serta dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

Sabun alami yang mengandung lemon memiliki khasiat tambahan yaitu membuat kulit lebih cerah. Selain itu, dapat mengurangi tampilan bekas luka.

sabun alami

| dindindonk.com | ilustrasi sabun dan lemon (foto: shutterstock)

Mengurangi Kerutan Pada Kulit

Salah satu penyebab timbulnya kerut akibat kandungan-kandungan kimia pada sabun yang belum tentu cocok bagi kulit pemakainya. Nah, karena sabun berbahan natural tidak menggunakan bahan kimia, praktis, potensi kerut pun berkurang. Penambahan bahan alami berupa lemon dan tomat dapat membantu mengurangi kerutan kulit.

Sabun Alami Menambah Daya Kenyal Kulit

Kandungan sari tomat dan madu dalam sabun natural ini dapat membantu menjaga kulit tetap kenyal dan kencang. Bahan alami yang juga sering digunakan adalah bengkuang. Menjaga daya kenyal dan kekencangan kulit akan membuat pemilik kulitnya terlihat lebih muda dan cerah.

Membangun Mood yang Lebih Baik

Bahan-bahan yang terkandung dalam sabun jenis ini juga turut memberikan aroma-aroma khas. wewangian dari sabun berbahan natural ini dapat digunakan sebagai aromaterapi. Memanjakan tubuh dan pikiran dengan mandi menggunakan sabun ini untuk membantu menjaga kesehatan kulit serta membangun mood diri menjadi lebih baik dan segar.

Sabun Alami Kian Menjadi Pilihan

Kesadaran masyarakat untuk kembali ke alam juga turut mendorong peningkatan pemakaian sabun yang mengambil bahan baku serba ali dan natural ini. Nah, demikianlah pembahasan sekilas tentang alasan-alasan yang membuat masyarakat kian menggandrungi pemakaian sabun jenis ini. [###]

 

error: Content is protected !!