Potensi Ekspor dan Value Meningkat Lewat 4 Strategi Top Ini

potensi ekspor | Kegiatan ekspor impor di pelabuhan peti kemas. (Foto: Tom Fisk/Pexels)
Upaya mendobrak pasar ekspor perlu terus dilakukan. Menggali berbagai ragam potensi ekspor Indonesia menjadi bagian dari upaya itu. | Ilustrasi: Kegiatan ekspor impor di pelabuhan peti kemas. (Foto: Tom Fisk/Pexels)

Upaya mendobrak pasar ekspor perlu terus dilakukan. Kegiatan menggali berbagai ragam potensi ekspor Indonesia menjadi bagian dari upaya tersebut. Selain itu, perlu juga menerapkan strategi pertumbuhan yang tepat agar dapat meningkatkan potensi ekspor serta value (nilai) dari yang sudah ada.

Berdasarkan pengertiannya, ekspor adalah proses perdagangan barang atau komoditas dari dalam negeri dengan tujuan ke luar negeri. Kegiatan ekspor adalah sebuah proses bisnis penting. Sebabnya, dari kegiatan tersebut menghasilkan pendapatan serta keuntungan bagi pelakunya.

Selain itu, kegiatan ekspor akan membuka peluang bisnis dan lapangan kerja. Pelaku yang melakukan kegiatan ekspor ini dapat berupa perorangan, perusahaan, dan juga negara, dan disebut dengan istilah eksportir.

Tahun 2019 lalu, peluang ekspor terus bertumbuh. Sayangnya, tren positif itu terhenti di tahun 2020 ini. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia menjadi penyebabnya. Namun secara perlahan, kegiatan ekspor mulai menggeliat kembali.

Di tengah pandemi dan juga berbagai usaha mendorong kembali berputarnya roda ekonomi, upaya menggali potensi ekspor menjadi penting. Dengan demikian, peluang dan potensi tersebut dapat dipersiapkan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Persiapan perlu dilakukan. Mengapa? Karena, cepat atau lambat pandemi akan berlalu. Roda ekonomi pun akan mendapatkan momentum untuk berputar kencang. Bila saat itu tiba, eksportir perlu memanfaatkan momentum sebaik-baiknya. Persiapan terbaik akan dapat memaksimalkan momentum tersebut.

Pentingnya Menggali Potensi Ekspor

Sebagaimana diungkapkan oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga soal pentingnya menggali potensi ekspor, melalui keterangan resmi Kementerian Perdagangan (25/8/2020). Menggali potensi ekspor dapat memberikan keunggulan (advantage) dibanding eksportir lainnya.

Kuncinya, menurut Wamendag, adalah inovasi dalam semua aspek. Inovasi ini penting karena akan meningkatkan value, atau nilai barang ekspor. Dan seyogianya agar inovasi dilakukan sebaik mungkin. Dengan demikian, secara kualitas dan kuantitas, produk ekspor dapat memenuhi ekspektasi pihak pengimpor.

Nah, berbicara soal menggali potensi ekspor, Wamendag pun telah mengidentifikasi salah satu potensi ekspor yang dapat menjadi unggulan para eksportir Indonesia di tengah persaingan perdagangan global yang cukup sengit. Apakah itu?

Jawabannya terwakili dari gambar berikut ini:

Ilustrasi: Kolase foto-foto pangan lokal tanah air yang memiliki potensi ekspor. (foto: net)

Pangan sebagai Ragam Potensi Ekspor Tanah Air

Gambar di atas adalah kolase foto-foto contoh pangan yang merupakan potensi ekspor tanah air. Menurut Wamendag, Pangan adalah potensi ekspor yang cukup baik. Dan, bila mengacu pada perkembangan masa kini, permintaan pangan global memperlihatkan tren meningkat. Berdasarkan tren tersebut, maka peluang bisnis ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para eksportir.

Wamendag Jerry Sambuaga mengatakan, potensi ekspor pangan di tanah air sangat melimpah. Tak hanya itu, jenis pangan potensial pun sangat beragam. Sebut saja padi-padian, ikan, buah-buahan, kacang-kacangan, serta sagu-saguan.

“Sangat banyak sekali jenis bahan pangan yang kita hasilkan. Semuanya bisa saja diekspor. Jadi, bukan hanya terbatas pada mi instan, kakao, atau kopi, tetapi semua produk pangan bisa saja diekspor,” demikian dikutip dari rilis resmi.

Menggali potensi ekspor dapat menciptakan peluang. Namun, di tengah peluang-peluang baru yang tercipta, juga ada hambatan dan tantangan dalam kegiatan ekspor. Hambatan dan tantangan itu perlu dihadapi dengan strategi yang tepat.

Empat Strategi Pertumbuhan

potensi ekspor | ilustrasi: strategi pertumbuhan (dindindonk.com)
Ilustrasi: Strategi pertumbuhan. (dindindonk.com)

Guna menghadapi tantangan yang ada, perlu menerapkan strategi agar dapat mengoptimalkan potensi ekspor serta value (nilai) komoditas yang diperdagangkan dan menjadi andalan para eksportir. Dengan demikian, eksportir dapat meraih keunggulan di mata pihak pengimpor.

Setidaknya, ada empat praktik strategi terbaik bagi setiap pihak, baik perorangan maupun perusahaan agar dapat memanfaatkan potensi ekspor yang ada dan mewujudkannya menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan keuntungan.

Keempatnya yaitu mengidentifikasi sektor pertumbuhan, menemukan pasar dengan permintaan yang meningkat terkait produk ekspor, memahami perdagangan digital, serta menemukan mitra yang tepat.

1. Identifikasi Sektor Pertumbuhan dan Potensi Ekspor

potensi ekspor | ilustrasi: identifikasi pertumbuhan.
ilustrasi: identifikasi pertumbuhan (dindindonk.com)

Salah satu langkah terpenting untuk memperluas cakrawala ekspor adalah dengan mengidentifikasi sektor pertumbuhan produk ekspor dalam lingkup pasar internasional yang spesifik. Eksportir yang baru dalam kegiatan mengekspor sebaiknya mempertimbangkan lingkungan yang sudah dikenal sebagai permulaan.

Artinya, eksportir perlu melihat negara-negara yang berdekatan dan mirip secara budaya, dalam hal ini, dengan Indonesia. Misalnya, kedekatan dan keakraban secara geografis, seperti dengan negara-negara ASEAN. Atau kedekatan secara historis, seperti dengan Belanda dan Jepang, mengingat kedua negara itu pernah lama menduduki nusantara sebelum Indonesia berdiri.

Sebelum mengirimkan suatu barang, eksportir perlu memahami pasar dan menggali potensi ekspor yang sekiranya dapat menerima produk yang ditawarkan kepada konsumen.

Ada baiknya bila eksportir sedang mempertimbangkan pengiriman barang atau ekspansi ke pasar baru, memulai langkahnya dengan meninjau panduan potensi ekspor yang disediakan oleh Kementerian Perdagangan.

Sumber lainnya yang dapat dijadikan pertimbangan yaitu dengan mencari informasi dari Kamar Dagang dan Industri, atau Kadin Indonesia. Atau bisa juga melalui pihak ketiga yang memberikan jasa konsultasi terkait potensi ekspor terbaik.

Berdasarkan panduan dan informasi dari Kemendag, Kadin ataupun pihak ketiga tersebut, eksportir dapat memperoleh informasi tentang negara-negara potensial tujuan ekspor, termasuk kondisi pasar, peluang, peraturan, dan kebiasaan bisnis.

2. Memahami Permintaan Produk Ekspor

potensi ekspor | Ilustrasi: Tumpukan Peti kemas di pelabuhan. (grafis: dindindonk.com)
Ilustrasi: Tumpukan Peti kemas di pelabuhan. (grafis: dindindonk.com)

Setelah berhasil mengidentifikasi pasar tempat tempat sektor industri dapat bertumbuh, langkah berikutnya tidak kalah penting. Tumbuh hanyalah permulaan. Eksportir juga perlu menentukan apakah ada permintaan yang meningkat untuk produk tertentu terkait barang-barang ekspor, dan juga mengidentifikasi para pesaing.

Misalnya, eksportir perlu memahami tren yang sedang berkembang, di kala banyak permintaan produk-produk yang aman bagi lingkungan. Eksportir pun perlu menyesuaikan dengan permintaan itu. Termasuk juga mempertimbangkan langkah pesaing dalam menghadapi hal tersebut.

Agar dapat menyesuaikan dengan tren permintaan konsumen, eksportir dapat mengetahuinya dengan melakukan survei pasar (market research) di tempat tujuan ekspor. Selain itu, melakukan konsultasi dengan pihak lokal yang memahami situasi dan tren di pasar tersebut. Hal ini akan sangat membantu eksportir menetapkan prioritas dan menyempurnakan rencana ekspor.

Lalu, bagaimana bila eksportir kurang berpengalaman, atau tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk melakukan konsultasi maupun survei seperti disebutkan?

Bila terjadi demikian, eksportir dapat mencari informasi melalui survei tren global. Walaupun gratis dan tidak spesifik, namun setidaknya dapat memberikan gambaran umum. Eksportir juga dapat meminta bimbingan dan pendampingan dari pihak Kemendag ataupun Kadin terkait hal tersebut.

Cara lain menggali potensi ekspor dan memahami produk ekspor yang dibutuhkan konsumen yaitu dengan memanfaatkan liburan ke luar negeri. Eksportir dapat memaksimalkan liburan dan memanfaatkannya untuk melakukan pengamatan terkait tren yang sedang berkembang di suatu negara dengan cara menyenangkan.

Strategi pertama terkait identifikasi pertumbuhan, lalu strategi kedua soal memahami permintaan produk ekspor. Kedua strategi ini akan dapat mengoptimalkan potensi ekspor. Mengapa? Dengan dapat mengindentifikasikan produk yang dapat diterima di suatu negara, dan juga memahami permintaan produk di negara tersebut, eksportir dapat mengetahui kebutuhan (baca: potential buyer atau calon pembeli potensial). Berdasarkan kedua hal itu, eksportir akan lebih mudah dalam melakukan inovasi dan mengeksplorasi potensi ekspor untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

3. Go Digital

potensi ekspor | olah grafis
ilustrasi: go digital (olah grafis: dindindonk.com)

Kegiatan perdagangan, termasuk ekspor, di era revolusi industri 4.0 ini tidak lagi bisa menghindar dari digitalisasi. Hampir seluruh kegiatan sudah berbasis digital dan internet yang lazim disebut dengan internet of things (IoT). Kegiatan perdagangan pun sudah umum dilaksanakan secara online atau daring.

Terlebih di saat pandemi corona seperti ini. Kegiatan tatap muka secara langsung sudah sangat terbatas. Kegiatan pertemuan dan rapat secara daring melalui berbagai aplikasi pun merebak. Demikian juga dengan kegiatan ekspor.

Bahkan tahun 2020 ini, Trade expo Indonesia (TEI) pun akan diadakan secara virtual sebagai imbas dari pandemi yang belum juga reda. Kementerian Perdagangan meluncurkan Trade Expo Indonesia Virtual Exhibition (TEI-VE). Rencananya, akan berlangsung pada 10-16 November 2020. Temanya bertajuk “Sustainable Trade the Digital Era” dengan konsep tampilan gambar 3D (tiga dimensi).

Artinya, eksportir yang ingin memperluas potensi ekspor perlu mempersiapkan berbagai penawaran dan keunggulan produknya secara digital dengan konsep tampilan gambar tiga dimensi agar dapat menarik minat pihak calon pengimpor.

Pihak Kadin pun meyakini pandemi ini akan semakin mempercepat digitalisasi dunia usaha, termasuk juga kegiatan ekspor.

potensi ekspor | ilustrasi: kegiatan expo
Ilustrasi: Kegiatan Expo (olah grafis: dindindonk.com)

“Dengan adanya pandemi ini akan mengakselerasi digitalisasi dunia usaha, mereka akan lebih adaptasi dengan perubahan keadaan yang begitu cepat, dan ini akan bantu menerobos pasar luar negeri lebih baik, efisien dan efektif,” demikian ujar Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani, sebagaimana dikutip dari medcom, 21 September 2020.

John Chambers, Pebisnis yang pernah menjabat sebagai CEO perusahaan telekomunikasi global, Cisco systems, pernah mengatakan pentingnya perusahaan mengadopsi perkembangan terbaru, termasuk terkait teknologi dan digitalisasi.

Menurut John Chambers, setidaknya 40% dari semua bisnis akan mati dalam 10 tahun ke depan, jika bisnis dan perusahaan tidak menemukan cara untuk mengubah pola pikir dan pola kerja untuk mengakomodasi teknologi baru. Hal itu sedang terjadi saat ini.

Poinnya adalah, bahwa semua jenis bisnis dan perusahaan tidak akan dapat berjalan tanpa bantuan teknologi dan digitalisasi. Perdagangan dan kegiatan ekspor pun demikian. Menggali potensi ekspor pun harus dapat mengaitkannya dengan perkembangan dan tren terkini, yang tak lepas dari hal-hal berbau digital.

4. Temukan Mitra yang Tepat

potensi ekspor | ilustrasi: mitra yang tepat
Ilustrasi: Mitra yang tepat (olah grafis: dindindonk.com)

Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu eksportir harus menemukan mitra yang tepat dalam rangka menyukseskan bisnis yang dijalankan. Idealnya, mitra ekspor memberikan bantuan serta menyumbangkan beragam keterampilan dan bakat guna memenuhi kebutuhan bisnis, saling melengkapi serta memberikan rasa keutuhan yang tidak dapat dicapai sendiri.

Memilih mitra tepercaya di pasar luar negeri, dan memiliki kepercayaan pada kemampuan mereka sebagai wakil eksportir di luar negeri sangatlah penting. Hal itu akan membantu pertumbuhan bisnis internasional dan ketenangan pikiran eksportir dalam menjalankan bisnisnya.

Bagi eksportir, memilih mitra yang tepat dalam hal pengiriman barang ke luar negeri termasuk krusial. Eksportir harus memastikan bahwa mitra kerja yang dipercayakan untuk mengirimkan barang ekspor itu menjalankan kewajibannya dengan baik.

Kelangsungan bisnis ekspor bergantung pada kualitas barang, dan juga jaminan kualitas itu tetap terjaga sampai kepada pihak pemesan (pengimpor). Selain itu ketepatan dalam hal waktu pengiriman dan pengurusaan dokumen juga menjadi pertimbangan penting.

Lalu, apakah ada mitra kerja yang dapat diandalkan untuk memenuhi kriteria tepercaya, amanah dalam menjaga kualitas barang, tepat waktu, dan terjamin dokumen-dokumen pendukungnya?

Eksportir tidak perlu khawatir. Saat ini, telah hadir Mister Exportir yang akan membantu kegiatan bisnis para eksportir berjalan lancar sesuai rencana, target, dan perjanjian yang telah disepakati dengan pihak pengimpor.

Tidak hanya membantu mengirimkan barang ke luar negeri, tapi juga dapat memberikan jasa konsultasi guna menggali potensi ekspor. Selain itu, juga dapat memberikan bantuan keuangan berupa dana talangan atau pinjaman guna melancarkan proses bisnis eksportir.

Mister Exportir, Ekspor Jadi Mudah dan Potensi Ekspor Tercapai Optimal

Mister Exportir (misterexportir.com)

Sesuai misinya “We empower the small business to reach world market”, Mister Exportir berupaya sebaik-baiknya dalam memberdayakan usaha kecil, atau UMKM untuk dapat sukses merambah pasar internasional.

Mister Exportir berupaya mengoptimalkan potensi ekspor UMKM dengan sebaik-baiknya. Salah satunya, melalui penyediaan jasa tepercaya pengiriman barang ke luar negeri untuk produk-produk berkualitas.

Keunggulan Mister Exportir yang Membuatnya Jadi Pilihan

Mister Exportir menjadi pilihan bagi para eksportir menjadi mitra kerja karena dapat diandalkan soal pengiriman barang ke luar negeri sebagai keunggulan utama. Selain itu, Mister exportir juga memiliki beberapa keunggulan lain yang membuatnya terdepan dalam hal pelayanan jasa ekspor.

A) Memiliki jaringan luas. Dalam hal ini, Mister Exportir bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh Indonesia.

B) Dijamin aman. Mister Exportir adalah eksportir profesional dengan pengalaman segudang dalam hal ekspor, impor barang, dan juga logistik.

C) Bantuan Finance. Mister Exportir juga memfasilitasi para seller di Indonesia dalam hal finance (keuangan) agar dapat memudahkan mereka terkait aktivitas transaksi jual beli. Biasanya berupa biaya operasional bagi seller yang sudah fix dengan pihak buyer, namun memiliki kendala terkait pendanaan. Disini, Mister Exportir berperan sebagai pihak pendana (funder) pada proyek tersebut. (catatan: syarat dan ketentuan berlaku)

D) Variasi layanan yang beragam. Mister Exportir menyediakan variasi layanan ekspor untuk memenuhi kebutuhan bisnis eksportir. Layanan tersebut meliputi: undername services, custom clearence, find out suppliers, contract sales export,​ serta domestic supply.

Penjelasan lebih lanjut dapat disimak melalui infografis berikut ini:

E) Pelayanan logistik lengkap. Mister Exportir memberikan pelayanan logistik lengkap yang akan memanjakan para kliennya. Berikut penjelasan pelayanannya:

  • Project Shipments. Mister Exportir melayani kebutuhan klien untuk mengadakan projek pengiriman barang baik untuk kebutuhan domestik, expor dan impor secara kontinu.
  • All In / Door to Door services. Mister Exportir menyediakan layanan mode pengiriman dimana barang kiriman dijemput di lokasi pengirim, dan diantarkan langsung ke tempat penerima.
  • Door to Port services. Mister Exportir menyediakan layanan mode pengiriman yang meliputi kegiatan dokumentasi di negara asal serta pengiriman barang sampai bandara atau pelabuhan tujuan.
  • Land Transportation. Mister Exportir menyediakan armada transportasi darat untuk logistik domestik seluruh indonesia.
  • Sea Freight. Mister Exportir menyediakan Mode Pengiriman via laut atau pelabuhan. Pelayanannya dapat berupa Full Container Load (FCL) maupun Less Container Load (LCL).
  • Air Freight. Mister Exportir Menyediakan Mode Pengiriman via Udara atau Bandara. Pilihan pelayanannya meliputi Full Container Load (FCL) ataupun Less Container Load (LCL).

F) Layanan Export Plan Form. Dalam hal ini, Mister Exportir memberikan kemudahan bagi calon eksportir untuk dapat melakukan estimasi biaya yang dibutuhkan untuk kegiatan ekspor yang akan dilakukannya. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengisi formulir yang tersedia di situs misterexportir.com.

Eksportir pun cukup mengisinya secara daring. Kemudian, berdasarkan data yang diisi di formulir itu, Mister Exportir akan memberikan estimasi biaya yang tepat dan akurat.

Berikut tampilan formulirnya:

Ilustrasi: Formulir export plan form yang tersedia di situs misterexportir.com

Tidak hanya itu, eksportir pun dapat menyimak jasa pengiriman barang ke luar negeri terbaik dan termurah melalui kanal Mister Exportir HQ di platform youtube.

G) Siap dihubungi kapan saja. Mister Exportir dapat dihubungi kapan saja melalui telepon, aplikasi Whatsapp, dan email.

Ekspor itu Membanggakan, dan Mudah!

Ekspor itu mudah.

We’ve got to start making people realise that it’s a proud thing to run a business, to export your goods around the country.

Karren Brady

Bila kutipan tersebut diterjemahkan secara bebas, kira-kira artinya seperti ini: “Kita harus mulai membuat orang menyadari bahwa menjalankan bisnis, mengekspor barang Anda ke seluruh negeri adalah hal yang membanggakan,”. Demikian ucapan Karren Brady, seorang pengusaha perempuan kelahiran London yang juga fans berat sekaligus Wakil Ketua klub sepakbola West Ham United.

Mengapa membanggakan? Karena dengan menjadi eksportir, berarti berdiri di atas kaki sendiri melalui usaha dan bisnis yang dilakukan. Dengan menjadi eksportir, berarti turut membantu pemerintah membangun ekonomi lewat sumbangan devisa, membuka lapangan pekerjaan, dan ikut mempromosikan komoditas asal tanah air sebagai potensi ekspor yang berjaya di pentas global.

Selain membanggakan, ekspor juga mudah. Kehadiran Mister Exportir membantu kegiatan ekspor, khususnya UMKM atau usaha kecil secara profesional untuk menunjukkan bahwa mengirimkan barang ke luar negeri tidak perlu rumit. Jadi, tidak hanya perusahaan besar yang dapat melakukan ekspor, perusahan kecil pun dapat melakukannya dengan mudah.

Mister Exportir meyakini, bahwa proses ekspor adalah sesuatu yang tidak perlu dibuat rumit. “Sudah saatnya semua orang bisa mengekspor produknya dengan mudah”.

[###]


DISCLAIMER: Artikel ini diikutsertakan dalam Writing Competition: Ragam Ekspor Indonesia2020 yang diselenggarakan oleh Mister Exportir.


Sumber:

  • Siaran pers Kementerian Perdagangan, 25 Agustus 2020.
  • Panduan ekspor Kementerian Perdagangan
  • Medcom | Kadin: Pengusaha Menanti Pameran Perdagangan Internasional

Suka artikel ini? Silakan bagikan melalui media sosial kamu:
  • 1
  •  
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares
error: Content is protected !!