Perempuan dan Keberagaman, Kunci Kreativitas serta Inovasi di Era Industri 4.0

Perempuan dan keberagaman,

bukan sekadar kata penghias ataupun tren pada masa kini. Keduanya adalah hal nyata di dunia. Kenyataan yang sesungguhnya telah ada sejak lama dan memang harus dihadapi dan disikapi dengan bijak. Bahkan, pada masa kini yang penuh dengan perubahan dan tantangan, perempuan dan keberagaman adalah kunci agar dapat memenangkan persaingan dalam skala global.

perempuan dan keberagaman

Seperti halnya warna yang tak melulu hitam dan putih, tapi selayaknya spektrum warna yang terdiri dari gabungan berbagai rona memesona. Begitulah kita seharusnya melihat perempuan dan keberagaman. Kehadiran keduanya memberi corak berbeda, memperkaya dan saling melengkapi, bukan sekedar penghias atau basa-basi.

Allah SWT pun telah mengabarkan dalam Al Quran, surah al-Hujurat (49:13), kepada manusia tentang keberagaman. Bahwasanya, manusia diciptakan laki-laki dan perempuan, dengan beragam suku-suku bangsa agar saling mengenal dan memahami, bukan saling menyombongkan diri. Demikianlah Tuhan melalui penciptaan dan karunia-Nya terhadap segala sesuatu di dunia ini memiliki banyak bentuk, warna, dan rupa. Sekaligus secara halus menjadi cara-Nya memberitahukan kepada manusia untuk menerima perbedaan dan keberagaman dengan hati terbuka.

Perempuan dan Keberagaman, Kunci Keberhasilan di Era Penuh Tantangan

perempuan dan keberagaman

Bila Sang Maha Kuasa saja telah menurunkan firman-Nya tentang perempuan dan keberagaman, maka sudah tidak sepantasnya kita mempermasalahkan perihal tersebut. Namun, justru menjadikannya sebagai kekuatan bagi Indonesia untuk unggul dalam persaingan internasional. Indonesia dalam bingkai NKRI dan semangat Bhinneka Tunggal Ika sangat membutuhkan perilaku inklusif dari tiap warganya terkait perempuan dan keberagaman, tanpa terkecuali. Mengapa perilaku inklusif ini perlu dimiliki semua orang, bahkan organisasi atau perusahaan? Secara sederhana, salah satu aspek inklusif adalah menghargai orang lain. Dan, hanya dengan menghargai orang lain, maka seseorang dapat menerima perbedaan dan keberagaman.

Penting untuk diingat bahwa komponen kunci dari inovasi dan kreativitas adalah keberagaman. Saat ini, dimana kita sedang berada di era revolusi industri 4.0, dengan semua hal berbau digital dan internet, segala sesuatu dapat berubah dengan sangat cepat. Agar dapat sukses dalam persaingan di era ini, dibutuhkan inovasi dan kreativitas sehingga dapat selalu tanggap dalam merespons setiap perubahan yang terjadi.

Berdasarkan pengalaman, perusahan-perusahaan besar yang sukses hingga saat ini selalu membuka pintu bagi keberagaman. Mengapa? Karena keberagaman membawa perspektif yang berbeda, sehingga memperluas cara pendekatan dan pengembangan solusi dari masalah yang dihadapi.

Sebagaimana diungkapkan oleh Frederic Roze, CEO dari L’Oréal USA, yang menyatakan bahwa keberagaman menumbuhkan kreativitas. Menurutnya, perusahan sekelas L’Oréal perlu menghasilkan ide serta kreativitas terbaik dari orang-orang yang bekerja di semua tingkatan perusahaan dan memasukkannya ke dalam praktik bisnis perusahaan.

Keberagaman akan membawa ide dan sudut pandang berbeda. Hal-hal itu akan mengarah pada diskusi, keputusan, dan inovasi yang lebih baik untuk semua orang, serta perusahaan.

Kehadiran Perempuan Memperkaya Keberagaman

Perempuan berperan dalam memperkaya lanskap keberagaman sebagai bagian dari realitas manusia dan bangsa. Dalam hal ini, kata memperkaya tidak sekedar menambah saja, tapi juga memberi arti harfiah, yaitu menjadikan lebih kaya.

PBB mendorong dunia bisnis untuk berkomitmen pada agenda pemberdayaan perempuan dengan harapan mencapai kesetaraan gender. Bukan saja karena itu hal yang benar untuk dilakukan, tetapi juga karena dengan melakukannya akan menambah triliunan Dollar untuk ekonomi global. Jumlah yang sangat besar dan sangat membantu guna mengangkat lusinan negara berkembang keluar dari jerat kemiskinan.

Pada 2016, sebuah studi yang dilakukan McKinsey Global Institute di Amerika Serikat menunjukkan hal mencengangkan. Studi tersebut mengungkapkan bahwa dengan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, diproyeksikan dapat menambahkan sebanyak 28 triliun Dollar ke PDB AS pada tahun 2025.

Berikutnya, terungkap temuan menarik dari Marsha Firestone, Presiden dari Women Presidents’ Organization (WPO). WPO adalah organisasi tempat berkumpulnya para perempuan pebisnis sukses yang menepati posisi puncak di perusahaan-perusahan ternama. Dalam wawancara dengan beberapa anggota yang paling berprestasi di organisasi itu, Marsha sering bertanya perihal unsur utama dalam strategi kesuksesan mereka. Sebagai pengusaha, para perempuan pebisnis itu secara konsisten menunjukkan bahwa kesuksesan jangka panjang bergantung pada kemampuan mereka untuk mengembangkan ide-ide baru.

Berdasarkan temuan-temuan tersebut, terlihat bahwa perempuan memiliki peran yang signifikan sebagai agen perubahan. Berikutnya, perempuan pun memiliki peran penting dalam kesuksesan karena kemampuan memberikan ide-ide baru serta mengembangkan inovasi-inovasi segar.

Satu hal lainnya yang tak kalah penting, yaitu soal komunikasi.

Kehadiran perempuan dapat membantu mengkomunikasikan gagasan antar sektor. Alasannya cukup simpel. Yaitu, karena perempuan biasanya dikaruniai kemampuan komunikasi yang baik dengan menggunakan bahasa hati. Kemampuan itu dapat membantu dalam melihat pemecahan masalah dari berbagai sudut. Ujungnya, akan membawa keberhasilan dan kebaikan bagi semua.

Di Indonesia, posisi perempuan pun tak ketinggalan dalam memberikan kontribusinya bagi pembangunan. Sebut saja Presiden RI ke-5, Megawati Soekarno Putri. Beliau adalah presiden perempuan pertama di Indonesia. Sebuah prestasi yang bahkan belum dapat disamai oleh Amerika Serikat, pionir demokrasi berusia lebih dari 244 tahun yang hingga kini belum pernah dipimpin oleh seorang presiden perempuan.

Berikutnya, siapa yang tidak tahu dengan nama Susi Pudjiastuti? Dengan ketegasannya, sosok Menteri Kelautan dan Perikanan di masa pemerintahan Jokowi-JK ini mengeluarkan inovasi tidak biasa. Yaitu, menenggelamkan setiap kapal asing pencuri ikan di perairan Indonesia. Tanpa pandang bulu. Masih banyak lagi contoh lainnya, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani yang dikenal sebagai Menteri Keuangan terbaik dunia dengan inovasi-inovasi di bidang keuangan untuk menyelesaikan berbagai persoalan keuangan yang ada. Kemudian, ada Nicke Widyawati yang menjabat Dirut Pertamina, serta nama-nama lainnya. Mereka semua menjadi contoh tentang pentingnya peran perempuan dan keberagaman dalam gerak pembangunan yang membutuhkan kreativitas serta inovasi agar dapat tampil sebagai pemenang dalam persaingan global.  

Keberagaman Adalah Fitrah dan Kebanggaan

perempuan dan keberagaman

Kesetaraan dan keberagaman adalah hak dan fitrah manusia, dan setiap orang harus diperlakukan adil. Saat kita memiliki peluang sama untuk berkembang, tanpa melihat gender ataupun keberagaman latar belakang, maka setiap orang akan merasa dihargai. Dalam dunia yang kompleks saat ini, kehadiran perempuan menambah keberagaman, memperkaya dan memiliki peran penting bagi keberhasilan. Terakhir, keberagaman adalah sebuah kebanggaan, sebagaimana diungkapkan oleh Shinta Nuriyah Wahid, “Perbedaan adalah keindahan yang harus terus dirawat, dipertahankan dan dijadikan kebanggaan bersama.”

ilustrasi: dindindonk.com

[###]

——

bahan bacaan:

  • Women and Innovation: How Creativity Empowers Women >>> https://www.diplomaticourier.com/posts/women-and-innovation-how-creativity-empowers-women
  • Women who drive innovation and creativity >>> https://www.empowerwomen.org/en/community/stories/2015/10/women-who-drive-innovation-and-creativity
  • Global Diversity and Inclusion: Fostering Innovation Through a Diverse Workforce >>> https://images.forbes.com/forbesinsights/StudyPDFs/Innovation_Through_Diversity.pdf
  • 50+ Inspiring Quotes by Women About Creativity, Entrepreneurship, Innovation, Leadership, and Technology >>> https://medium.com/mind-your-own-creative-business/inspiring-quotes-by-women-on-creativity-entrepreneurship-innovation-leadership-fe066ba6419b
Suka artikel ini? Silakan bagikan melalui media sosial kamu:
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares
error: Content is protected !!