Oli Motor Terbaik, Pertamina Enduro dan Jurus Tetap Awet Mesin Matic

Oli motor terbaik jelas menjadi pilihan paling rasional guna menjaga mesin tetap awet. Sebagai komponen penting dalam merawat mesin kendaraan bermotor dalam waktu panjang, tidak boleh serampangan memilih oli motor. Mesin dapat terjaga kondisinya berkat oli motor terbaik. Terlebih bila menggunakan motor matic, seperti yang kugunakan saat ini. Salah satu upaya menjaga mesin motorku tetap awet yaitu dengan rutin mengganti oli motor matic. Rutinitas mengganti oli motor membuat harga oli motor jadi pertimbangan, namun menggunakan oli motor terbaik tak bisa ditawar. Tulisan ini: Oli Motor Terbaik, Pertamina Enduro dan Jurus Tetap Awet Mesin Matic, akan menjelaskan tentang berbagai jurus menjaga mesin matic tetap awet dengan menggunakan oli terbaik.

Sebagai warga yang tinggal dan bekerja di Ibu kota Jakarta, mobilitas tinggi adalah kebutuhan tak terhindarkan. Terlebih dalam bidang pekerjaan yang menuntut hal itu. Termasuk juga pekerjaanku. Penggunaan moda transportasi massal seperti Transjakarta dan MRT sudah menjadi bagian dari gaya hidup keseharian. Namun, tak jarang aku pun menggunakan motor matic untuk menempuh perjalanan yang tak terjangkau oleh moda-moda transportasi tersebut. Banyaknya tuntutan, waktu terbatas, ditambah dengan tujuan cukup beragam, membuat ketergantungan terhadap motor kian lekat.

Untuk menjamin mobilitas tinggi ini, tentu saja kondisi mesin motor matic yang kugunakan harus tetap terjaga agar selalu prima. Sebagai pengendara motor yang baik, selain paham dan mematuhi peraturan lalu lintas, perlu juga memahami seluk-beluk kendaraannya dengan fasih. Ada pameo yang mengatakan: “Jagalah baik-baik kondisi kendaraanmu, maka kendaraan itu akan menjaga dirimu dengan sebaik-baiknya”.

Grafis: dindindonk.com

Oli Motor

Maksud pameo itu kira-kira seperti ini. Sebagai pemilik dan pengguna, kamu harus menjaga kondisi kendaraan agar selalu baik kondisinya. Dengan kondisi kendaraan yang baik, maka, keselamatanmu akan ikut terjaga. Coba bayangkan sejenak. Di tengah-tengah jalan raya, tiba-tiba mesin motormu mati karena tak terawat. Tentu saja hal itu membahayakan. Potensi terjadinya kecelakaan cukup besar, seperti tertabrak oleh kendaraan lain yang datang dari arah belakang kamu. Atau contoh lainnya seperti ini. Bila kamu sedang dalam posisi terdesak waktu dan harus tiba di suatu tempat terkait pekerjaan. Tapi, sekonyong-konyong motor kamu ngadat. Mesinnya tidak bisa hidup. Bila itu terjadi, segala urusan bisa buyar, target pun melayang. Ambyar deh.

Nah! Untuk menjaga mesin motor matic kesayangan ini tetap tangguh, selalu prima dan dapat diandalkan setiap saat, ada beberapa jurus yang perlu diketahui. Jurus dasar, kamu harus paham pentingnya oli. Lalu jurus berikutnya, kamu juga perlu tahu alasan dan kapan oli motor harus rutin diganti. Kemudian, kamu harus mengerti pentingnya memakai oli motor terbaik. Termasuk juga kualitas dan harga oli motor.

oli motor terbaik
Ilustrasi oli. (Foto: shutterstock)

Oli Pertamina

Pentingnya Oli

Kendaraan bermotor dapat bergerak berkat mesin yang terdapat pada kendaraan itu. Fungsi mesin yang menggerakkan kendaraan ini begitu vital. Agar selalu terjaga kinerjanya tetap lancar serta efisien, mesin memerlukan oli sebagai pelumasan dan pelindungan. Oli mesin bekerja sebagai cairan pelumas bagi mesin. Keberadaan oli sangat penting agar mesin tetap bekerja sesuai dengan performa maksimal. Hal ini memungkinkan karena oli menjaga dan melumasi komponen yang ada di dalam mesin tersebut.

Lima Fungsi Dasar Oli

Setidaknya, ada lima fungsi dasar oli yang harus kamu ketahui.

Pertama, mencegah friksi (reduction of friction). Oli berfungsi sebagai pelumas pada setiap komponen mesin. Pelumas ini membentuk lapisan (coating) berupa lapisan film. Lapisan ini akan menjaga mesin dari keausan dan friksi pada tiap-tiap komponen mesin agar terhindar dari kerusakan.

Kedua, sebagai pendingin (cooling). Sebagai pendingin, oli akan mendinginkan komponen-komponen mesin. Caranya, oli akan “membawa panas” melalui sirkulasi cairan tersebut ke seluruh bagian mesin. Dengan demikian, panas akan tersebar merata ke seluruh mesin, tidak fokus ke satu titik tertentu. Perlu dipahami bila panas berfokus ke satu titik tertentu dapat mengakibatkan kondisi mesin terlalu panas (overheat).

Ketiga, oli berfungsi sebagai pembersih (cleaning). Melalui fungsi ini, oli akan menjaga kebersihan dalam mesin. Sirkulasi oli akan mencegah pembentukan endapan partikel kotoran berupa kerak yang berpotensi mengganggu kinerja mesin.

Keempat, melindungi dari korosi (corrosion protection). Korosi dan keausan dapat mengakibatkan pengikisan mesin secara perlahan. Oli mesin akan mencegah terjadinya hal itu.

Kelima, berfungsi sebagai penyekat (sealing). Fungsi oli ini juga tak kalah penting. Oli akan menyekat atau merapatkan dan menutup celah-celah mesin. Penyekatan ini guna mencegah mesin kehilangan tenaga akibat kebocoran kompresi melalui celah piston dan silinder.

oli motor terbaik
Ilustrasi: Pengecekan oli motor. (Grafis: dindindonk.com)

Oli Motor Matic

Alasan Oli Motor Harus Rutin Diganti dan Waktunya

Setelah mengetahui jurus pertama tentang oli dan membahas singkat tentang fungsi oli. Jurus berikutnya adalah alasan mengapa kamu harus rutin mengganti oli motor.

Menilik dari fungsi-fungsi dasar oli yang telah disebutkan sebelumnya, maka semakin jelas alasan pentingnya penggantian oli mesin secara rutin. Penggantian rutin atau berkala sangat diperlukan agar kinerja mesin tetap maksimal. Selain itu, penggantian berkala oli mesin dapat menjaga komponen mesin tetap awet.

Waktu Ideal Penggantian Oli Motor

Oli motor perlu diganti dalam periode tertentu. Ada dua pendekatan yang dapat dipakai. Pertama, dengan menggunakan jarak tempuh (kilometer). Kedua, dengan berpatokan pada waktu kerja mesin.

1. Mengacu pada kilometer

Bila mengacu pada buku servis secara umum, oli motor disarankan untuk diganti tiap 4.000 km atau 4 bulan, tergantung mana yang dicapai lebih dahulu. Namun, pihak bengkel resmi yang biasa kupakai bahkan mengatakan bahwa oli mesin sebaiknya diganti setiap 2.000 km atau sebulan sekali.

oli motor terbaik
Ilustrasi: salah satu acuan mengganti oli motor yaitu dengan melihat jarak tempuh kilometer motor. (Grafis: dindindonk.com)

Oli Motor Matic Terbaik

2. Pendekatan waktu kerja mesin

Nah, kalau berdasarkan pendekatan kedua, keputusan ganti oli motor mengacu pada waktu kerja mesin (engine hour) motor. Jadi, acuan waktu ideal penggantian oli motor tak hanya dari kilometer, walaupun tetap bisa dipakai. Harus juga mempertimbangkan kerja mesin. Semakin berat, maka harus semakin sering diganti. Contohnya, bila motornya dipakai sepanjang hari dan melalui kemacetan di Jakarta. Mesin tetap bekerja walau tidak bergerak karena macet. Kondisi itu membuat kerja mesin makin berat. Maka sebaiknya oli motor tersebut semakin sering diganti agar kinerja mesinnya tetap maksimal.

3.Tambahan: memakai feeling berkendara dan oil stick checking

Sebagai pengguna motor, tentu dapat merasakan getaran mesin motor yang dipakainya. Bila feeling berkendara sudah merasa “tidak enak”, mungkin ada baiknya diganti. Selain itu, agar semakin menegaskan kondisi dan kualitas oli motor masih layak atau tidaknya, yaitu dengan menggunakan metode oil stick checking. Bila pengecekan dengan stik oli ini menemukan kotoran, atau gramasi, itu pertanda oli motor harus secepatnya diganti.

Bagaimana Dengan Penggantian Oli Motor Matic?

Secara prinsip, penggantian oli motor matic juga sama seperti penggantian oli motor umumnya. Mesin motor matic termasuk peka terhadap oli motor, jadi memang perlu mendapatkan perhatian. Oli motor matic memang sangat dibutuhkan dan merupakan hal penting untuk motor jenis ini.

Bila kamu pengguna motor matic, maka penggantian oli motor matic juga harus menjadi perhatian. Pasalnya, bila tidak sering menggantinya, Biasanya oli motor akan cepat panas dan berpengaruh terhadap kekentalannya. Ujungnya, tentu berimbas pada kinerja mesin tersebut.

Oli motor matic terbaik wajib memiliki kemampuan membersihkan dan melindungi mesin motor matic dari korosi, karat, serta oksidasi, dan endapan yang terdapat di dalam mesin motor tersebut.

oli motor terbaik
Ilustrasi: Pentingnya memakai oli motor terbaik (net)

Harga Oli Motor

Pilih Oli Motor Terbaik

Memilih dan memakai pelumas motor terbaik merupakan hal penting untuk diperhatikan. Mesin motor yang memakai oli motor terbaik tentu saja akan menghasilkan kinerja terbaik.

Sebagai pemilik dan pengendara motor (biker), sudah barang tentu perlu mengenal pentingnya memilih oli motor terbaik dengan kualitas mumpuni.

Setidaknya, ada tiga alasan mengapa oli motor yang dipakai untuk motor kamu harus memiliki kualitas tinggi.

Pertama, terkait dengan fungsi dan peranan oli motor sebagai pelumas mesin yang memang sangat penting. Perawatan mesin diawali dengan memilih oli motor terbaik.

Kedua, mempertimbangkan kinerja mesin. Kamu harus memahami, bahwa oli motor memiliki kinerja yang berbeda-beda. Dengan demikian, semakin tinggi kualitasnya, tentu saja akan menghasilkan kinerja yang semakin baik lagi dalam menjaga mesin selalu awet.

Ketiga, faktor kebutuhan mesin kendaraan. Faktor ini tidak kalah penting. Masing-masing mesin memiliki fungsi spesifik yang berbeda antara satu mesin dengan mesin lainnya. Setiap oli motor dibuat untuk menjawab kebutuhan mesin yang spesifik pula. Pemakai motor matic tentu saja perlu membeli oli motor matic terbaik untuk kebutuhan mesin motornya. Kamu perlu memperhatikan untuk menggunakan oli-oli tertentu khusus motor matic saja dan bukan sembarangan produk.

oli motor matic
Memilih oli motor terbaik akan meningkatkan kinerja mesin motor. (Grafis: dindindonk.com)

Oli Motor Terbaik

Sepeda motor selain sebagai kebutuhan transportasi vital di kota-kota besar seperti Jakarta, juga digunakan sebagai gaya hidup. Tentu saja untuk menjaga keduanya tetap terpenuhi, mesin motor harus terawat dengan baik. Mau tidak mau, agar mesin tetap awet dalam jangka waktu lama, wajib memakai oli motor berkualitas paling yahud.

Nah! Bicara tentang oli motor terbaik, tentu saja tak lepas dari merk berkualitas yang dapat diandalkan. Dengan memakai produk oli motor terbaik, mesin motor kamu pasti akan selalu dalam kondisi terbaik pula. Bicara tentang merk dengan kualitas oli motor terbaik, hanya ada satu nama yang selalu muncul teratas dalam pembicaraan di kalangan masyarakat luas, yaitu: Pertamina Enduro.

Produk Pertamina Enduro (Foto: facebook.com/SahabatEnduroID)

Pertamina Enduro, Oli Motor Terbaik

Pertamina Enduro sudah hadir melayani kebutuhan pengendara sejak 1957. Pelumas dengan label oli motor terbaik ini pantas disematkan pada produk anak perusahaan Pertamina ini, yaitu PT Pertamina Lubricants. Yang awalnya merupakan Unit Bisnis Pelumas PT Pertamina (Persero), lantas memisahkan diri (spin-off) membentuk anak perusahaan, yaitu PT Pertamina Lubricants. Langkah ini menunjukkan komitmen untuk semakin fokus memberikan yang terbaik dengan selalu menjaga kualitas produk berkualitas tinggi.

oli motor terbaik
Ilustrasi: Pertamina Lubricants (Foto: pertaminalubricants.com)

Pertamina Lubricants

Produk Pertamina Enduro banyak ragamnya guna menjawab kebutuhan konsumen yang juga berbeda-beda. Berbagai jenis pelumas mesin motor ini dengan kandungan dan berbagai tingkat kekentalan sesuai dengan kebutuhan mesin yang masing-masing memiliki spesifikasi tersendiri.

Secara singkat, beberapa produk oli motor 4Tak Pertamina Enduro dapat kamu simak pada infografis berikut ini:

Pertamina Enduro
Infografis: Produk-produk oli motor terbaik dari Pertamina Enduro (Grafis: dindindonk.com)

Pertamina Enduro

Selain pelumas untuk motor 4Tak, Pertamina Enduro juga memproduksi pelumas untuk motor 2Tak seperti RX King, Vespa, dan Skuter matik atau yang sering disebut Skutik.

Infografis: Produk Pertamina Enduro untuk motor 2Tak, termasuk Skutik. (Grafis: dindindonk.com)

Enduro Pilihan Terbaik

Mengapa Memilih Pertamina Enduro?

Setidaknya, ada 4 (empat) alasan memilih produk Pertamina Enduro. Pertama; Sudah berpengalaman. Ya, sejak awal berdirinya pada tahun 1957, Pertamina sudah langsung berkecimpung pada bisnis pelumasan. Artinya, memahami betul karakter dan kebutuhan pelumas yang dibutuhkan oleh kendaraan yang banyak dipakai di Indonesia.

Kedua; Ragam produk sesuai kebutuhan. Sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya, Pertamina Enduro mengeluarkan beragam produk yang sesuai spesifikasi mesin motor. Termasuk mempertimbangkan karakter penggunaan motor.

Ketiga; Kualitas dan mutu terjamin. Kualitas oli motor Enduro tidak perlu diragukan, karena sudah memenuhi standar mutu internasional. Tak tanggung-tanggung, Pertamina Enduro memenuhi standar mutu JASO (Japan Automotive Standard Organization) serta API (America Petroleum Institute). Keduanya merupakan lembaga yang melakukan sertifikasi kualitas oli berdasarkan standar internasional.

Oli motor terbaik
Ilustrasi: Pertamina Enduro berstandar internasional

Enduro, jagoannya oli

Keempat; Jangkauan luas serta pelayanan berkualitas. Sangat mudah menemukan produk Pertamina Enduro. Hampir di tiap bengkel ataupun layanan servis motor kamu terdapat produk Pertamina Enduro. Tak hanya itu, Enduro juga mudah ditemui di lapak-lapak online yang dengan mudahnya daat kamu capai hanya dengan jarimu.

Pertamina Enduro pun memiliki jaringan pelayanan dan distribusi sendiri, yang dikenal dengan nama Enduro Express. Dengan jumlah outlet sebanyak 1798 outlet dan tersebar di seluruh pelosok nusantara, pelayanannya memberikan sentuhan tersendiri. Tak sekedar menjual produk-produk, tapi juga menyediakan layanan tambahan. seperti layanan penambahan gas nitrogen, dan juga layanan servis ringan.

Ilustrasi outlet Enduro Express. (Foto: ownchannel.pertaminalubricants.com)

Enduro oli andalan semua

Tak hanya itu, Pertamina enduro pun sudah digolongkan kedalam merk “superbrands”. Artinya Pertamina Enduro telah diterima dengan baik secara luas di masyarakat serta diakui sebagai produk terkemuka dan terbaik.


Nah, jadi paham kan, kenapa Pertamina Enduro menjadi oli idola kendaraan di tanah air. Produk-produk Pertamina Enduro memastikan kendaraan bermotor dapat terus dipakai untuk memenuhi kebutuhan sebagai alat transportasi dan juga gaya hidup, Alasan-alasan yang sudah disebutkan sebelumnya juga membuat para pengguna motor tidak dapat berpaling dari oli motor terbaik idola masyarakat ini.

Harga Oli Motor Terjangkau

Harap tenang. Dengan seabrek alasan yang menjadikan produk Pertamina Enduro sebagai oli motor terbaik, ternyata harganya pun masih masuk akal dan terjangkau oleh isi dompet para bikers. Berikut daftar kisaran harganya, berpatokan pada saat artikel ini dibuat:

PERTAMINA ENDURO MATIC SAE 10W-30, kisaran Rp 35.000

MATIC-G 20W-40, kisaran Rp 33.000

4T SPORT SAE 5W-30, kisaran Rp 170.000

ENDURO 4T RACING 10W-40, kisaran Rp 45.000

PERTAMINA ENDURO 4T RACING SAE 20W-50, kisaran Rp 33.000

ENVIRO 2T SAE 20, kisaran Rp 45.000

PERTAMINA ENDURO GEAR, kisaran Rp 20.000

Melihat kisaran harga tersebut, ternyata sangat terjangkau, bukan? Tak heran bila harga yang terjangkau juga menjadi salah satu penyebab masyarakat kian mengidolai Pertamina Enduro untuk dipakai sebagai oli motor kendaraan mereka.

Ilustrasi: Memilih oli motor matic yang paling tepat. (Grafis: dindindonk.com)

Enduro, oli idola kendaraan

Siasat Memilih Oli Motor Matic Pertamina Enduro yang Paling Tepat

Setelah mengetahui beragam produk Pertamina Enduro, kamu juga perlu tahu jurus yang tak kalah pentingnya. Yaitu memilih oli motor matic dari Pertamina Enduro ini yang paling tepat untuk motor matic kesayangan.

Mesin motor matic memang dianggap spesial karena ketergantungan mesinnya yang cukup tinggi pada oli. Bila oli motor matic jarang diganti, akan merusak mesin, akibat gesekan yang menyebabkan mesin menjadi aus. Kalau sudah rusak akibat aus, maka biaya perbaikannya akan cukup mahal dan membebani kantong.

Setidaknya ada beberapa hal yang kamu perlu pahami.

Ketahui Arti Kodenya

Pada kemasan Pertamina Enduro, terdapat tulisan SAE 10W-30, 20W-40, SAE 5W-30, 10W-40, 20W-50. SAE, atau Society of Automotive Engineers, adalah lembaga internasional yang memberikan penjelasan tingkat kekentalan oli. Kode yang tertera juga menunjukkan kemampuan oli dalam menjaga stabilitas kekentalan terhadap pengaruh suhu lingkungan dan suhu mesin.

Semakin kecil angka SAE, artinya oli semakin cair. Sebaliknya, bila makin besar, artinya oli semakin kental. Angka kecil kebanyakan dipakai pada daerah bersuhu dingin atau bersalju.

Misal, tertulis indeks SAE 10W – 40. Angka depan (10) adalah tingkat kekentalan oli pada suhu dingin, diikuti oleh huruf W, atau winter (musim dingin). Selanjutnya angka belakang (40) menunjukkan tingkat kekentalan oli ketika mesin dalam kondisi bekerja. Semakin besar angkanya, menunjukkan kekentalan oli yang makin pekat pada kondisi dipakai.

Ilustrasi: Rutinitas berkendara dengan motor matic mengarungi kemacetan Jakarta membutuhkan oli yang seusai dengan rutinitas tersebut. (Grafis: dindindonk.com)

Sesuaikan Dengan Rutinitas

Kemudian, pilihlah oli motor matic sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan kamu tergambarkan dari rutinitas yang sudah sering kamu lakukan ketika berkendara. Misalnya, bila berkendara sepanjang hari dan sering melewati kemacetan yang membuat sering berhenti, maka memerlukan oli yang memiliki zat aditif. Kendaraan yang berhenti sementara mesin tetap menyala akan membuat mesin cepat panas. Zat aditif dapat mengurangi panas mesin sepeda motor.

Bila masih bingung, cara termudah adalah dengan melihat buku manual kendaraan. Setelah itu, tinggal kamu cocokkan dengan kode SAE yang tertera pada botol kemasan oli Pertamina Enduro.

Kekentalan Oli Harus Tepat

Kebutuhan pelumas pada motor matic berbeda dibanding dengan motor lainnya. Motor matik membutuhkan oli dengan kekentalan yang tepat. Bila oli motor matic terlalu encer, risikonya akan lebih cepat menguap. Namun sebaliknya, jika oli motor terlalu kental malah membuat tarikan mesin berasa berat.

Perhatikan Umur Kendaraan

Bila motor matic kamu termasuk keluaran baru (dibawah 5 tahun), ada baiknya menggunakan Pertamina Enduro Matic dengan tingkat kekentalan rendah, seperti Enduro Matic SAE 10W-30. Sementara, untuk motor matic lawas, disarankan memakai oli dengan tingkat kekentalan tinggi, yaitu Pertamina Enduro Matic-G SAE 20W-40.

Ilustrasi: Pertamina Enduro Series. (Grafis: dindindonk.com)

Enduro, Oli Idola Kendaraan

Sebagai seorang pengendara motor yang baik, pengetahuan tentang tertib berlalu lintas di jalan raya adalah hal mutlak. Selain itu “jurus-jurus” tentang tips dan pengetahuan terkait pemeliharaan motor yang baik dan benar juga tak kalah pentingnya. Kedua jenis pengetahuan penting ini akan sangat mendukung aktivitas dengan fleksibilitas pergerakan tinggi menggunakan kendaraan motor. Suatu hal yang telah menjadi kebutuhan di kota besar seperti Jakarta.

Kendaraan motor kian berkembang jenisnya. Motor matic pun kian menjadi pilihan karena kemudahan bagi pengendara dalam pengoperasiannya. Dan ternyata sudah lebih dari itu. Berkendara di jalan raya dengan menggunakan kendaraan motor matic sudah tidak sekedar kebutuhan saja. Lebih dari itu, sudah menjadi sebuah gaya hidup yang tak terpisahkan. Kebutuhan dan gaya hidup ini tentu harus selalu seimbang agar dapat terus berjalan beriringan.

Motor matic yang menjadi poin vital keduanya, harus tetap dijaga agar dapat selalu siap sedia. Maka dari itu, butuh oli motor matic dengan kualitas terbaik sehingga kondisi mesin matic tetap terjaga kondisi dan keawetannya. Kemampuan dan kualitas pelumas Pertamina Enduro menjawab kebutuhan akan oli motor terbaik membuatnya menjadi oli idola kendaraan. Kehadirannya selalu dicari ketika pengendara membutuhkan oli motor untuk kendaraan motor matic tunggangannya.

###

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Pertamina Lubricants.

Pertamina Lubricants

Suka artikel ini? Silakan bagikan melalui media sosial kamu:
  • 104
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    104
    Shares
error: Content is protected !!