Gaya Hidup

Insto Dry Eyes Solusi Cerdas, Bye Mata Kering!

Insto Dry Eyes Solusi Cerdas, Bye Mata Kering!

Jagalah selalu kesehatan mata, karena hanya ada sepasang yang tiada penggantinya.

Mata, Anugerah Tiada Duanya

Mata adalah lubang cahaya, jendela yang memperlihatkan dunia ke hadapan manusia. Tanpanya, dunia seseorang menjadi gelap gulita. Fungsi organ tubuh manusia ini sangat vital, yaitu memberikan penglihatan. Bermula dari sel-sel syaraf mata yang menangkap cahaya, kemudian mengirimkan informasi tersebut ke otak kamu. Selanjutnya, sinyal yang diterima lalu diproses oleh otak. Hasil proses data dari otak itu membuat kamu dapat melihat berbagai bentuk, warna, tekstur, atau gerakan serta keindahan dan kejadian di sekitar kamu yang sedang berlangsung pada saat itu.

insto dry eyes, Mata Kering, Mata Sepet, Mata Pegel, Mata Perih, Mata Lelah

penampang mata (sumber: virtualmedicalcentre.com)

Bagi kamu yang pernah mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan mata pelajaran Biologi, tentu sudah akrab dengan gambar penampang mata di atas. Walaupun organ tubuh ini tidak besar bentuknya, tapi terdiri dari berbagai bagian yang kompleks, dan semuanya bekerja agar kamu dapat melihat dan menikmati keindahan dunia.

Mungkin kamu pernah mendengar berbagai ungkapan yang melibatkan mata? Sebut saja beberapa contohnya seperti: mata sebagai jendela dunia, melihat pertama dari mata lalu turun ke hati, mata adalah jendela hati, dan lain sebagainya. Sesungguhnya ungkapan-ungkapan tersebut memperlihatkan pentingnya mata dalam keseharian kita. Mata akan menjadi pemandu visual kamu dalam melakukan berbagai kegiatan sehari-hari.

Walau mata memiliki fungsi yang sangat penting, tapi kita terkadang tidak sadar akan pentingnya mata sampai terasa terganggu atau sakit. Perannya yang sangat penting menjadikan mata tidak boleh terkena gangguan sedikit saja. Bila hal tersebut terjadi, dijamin deh, kegiatan kamu akan menjadi sangat terganggu, bahkan sampai berhenti.

Nah! Kalau sudah sampai kejadian seperti itu, siapa yang rugi?

Perubahan Gaya Hidup dan Gangguan Mata

Perkembangan teknologi yang sedemikian canggihnya telah mampu menghadirkan dunia di ujung jari. Kedahsyatan teknologi telah membuka pintu kesempatan dan kemungkinan tak terbatas, melalui perangkat elektronik di rumah, tempat kerja, maupun gawai yang menunjang berbagai kegiatan kamu yang serba cepat dan bergerak (mobile). Berbagai perkembangan teknologi yang sangat pesat itu tentu saja dampak terhadap gaya hidup. Selain memberikan dampak positif, sayangnya, perubahan ini memberikan dampak negatif. Teknologi ditengarai menjadi penyumbang terbesar penyebab gangguan mata.

Perkenalkan, keratoconjunctivitis sicca!  

Wuih apaan tuh! Pasti terdengar asing di telinga kamu ya? Karena itu adalah istilah medis dari penyakit mata kering atau sindrom mata kering, atau dry eyes syndrome. Sebagaimana disebutkan pada laman mayoclinic.org, mata kering adalah kondisi yang umum terjadi pada mata. Kondisi “kering” ini kerap ditemui apabila air mata tidak dapat membasahi permukaan mata secara memadai dan menjalankan fungsinya sebagai “pelumas” untuk menghindarkan mata kamu dari gesekan yang membuat mata perih. Yup! Air mata bertugas menjaga agar permukaan mata kamu tetap lembab dan basah. Penyakit mata kering adalah gangguan mata yang sering dialami, namun sayangnya sering diabaikan.

Kegiatan Penyebab Mata Kering

Tanpa disadari, kegiatan yang dilakukan sehari-hari dapat menjadi penyebab penyakit mata kering. Mari kita bahas satu per satu.

1. Mata Terpapar Sinar HEV

Perkembangan teknologi membuat kita melakukan kegiatan dan menghabiskan banyak waktu dengan perangkat digital. Misalnya saja beberapa contoh seperti kegiatan bekerja di depan laptop untuk mengetik atau menganalisa, atau kegiatan bersantai sambil menonton TV LED di rumah, atau sibuknya bermain gim dan media sosial melalui gawai di genggaman tangan. Semua perangkat elektronik ini memancarkan sinar HEV atau High-Energy Visible, yaitu sinar dengan rona warna biru (blue light).

insto dry eyes, Mata Kering, Mata Sepet, Mata Pegel, Mata Perih, Mata Lelah

ilustrasi grafik visibilitas cahaya (sumber: thevisioncouncil.org )

Sumber sinar HEV terbesar berasal dari matahari. Namun, sinar tersebut juga dipancarkan dari layar gawai yang kamu pakai sehari-hari seperti smartphone, tablet, termasuk dari layar laptop. Layar TV LED yang kamu sering tonton juga memancarkan sinar tersebut. Sinar HEV ini dapat menimbulkan efek Digital Eye Strain (DES) pada mata kamu, bila mata tersebut terpapar sinar itu dalam waktu lama.

2. Pengaruh Pengatur Suhu Ruangan
insto dry eyes, Mata Kering, Mata Sepet, Mata Pegel, Mata Perih, Mata Lelah

ilustrasi: pengatur suhu ruangan (AC/air conditioner)

Biasanya, bila kita bekerja dalam ruangan, sudah barang tentu menggunakan air conditioning (AC) atau pengatur suhu ruangan yang membuat suhu udara dalam ruang menjadi lebih dingin. Sayangnya, perangkat elektronik ini tidak hanya membuat kondisi ruangan menjadi dingin dan nyaman. AC juga dapat membuat mata kamu menjadi kering. Suhu yang terlalu dingin dapat mengakibatkan mata semakin mengering. hal ini diakibatkan terganggunya fungsi kelenjar meibom. Yaitu kelenjar pada mata yang menghasilkan lapisan lemak/minyak sebagai bagian terluar mata dan terkena kontak langsung dengan udara luar. Lapisan lemak ini berfungsi melicinkan permukaan serta mengurangi penguapan air mata.

3. Pemakaian Hair Dryer
insto dry eyes, Mata Kering, Mata Sepet, Mata Pegel, Mata Perih, Mata Lelah

ilustrasi pemakaian hair dryer

Umumnya terjadi pada kaum perempuan. Penggunaan hair dryer menjadi pilihan untuk mengeringkan rambut yang basah sehabis keramas. Sayangnya, pemakaian yang terlalu lama tidak hanya mengeringkan rambut, tapi juga membuat mata kering. Hembusan udara kering dan panas yang ditiupkan dari hair dryer menghilangkan kelembaban dari permukaan mata.

4. Efek Asap Rokok
insto dry eyes, Mata Kering, Mata Sepet, Mata Pegel, Mata Perih, Mata Lelah

ilustrasi asap rokok

Merokok tidak hanya merusak paru-paru, tapi juga banyak organ tubuh lainnya. Bagi perokok aktif, asap rokok akan membuat iritasi mata serta merusak lapisan minyak pelindung mata (lapisan yang dihasilkan oleh kelenjar meibom). Akibatnya, mata pun menjadi kering. Perokok pasif pun perlu waspada, karena udara yang dikotori asap rokok akan membuat mata terasa perih dan gatal.

5. Suhu Lingkungan Terlalu Ekstrim
insto dry eyes, Mata Kering, Mata Sepet, Mata Pegel, Mata Perih, Mata Lelah

ilustrasi kondisi suhu udara yang ekstrim

Biasanya sering dialami oleh kamu yang banyak melakukan kegiatan di luar ruangan. Suhu udara panas dan sinar terik matahari sepanjang siang dapat mengganggu kelenjar meibom pada mata. Bila fungsi kelenjar ini terganggu, akan membuat mata kering karena air mata yang seharusnya melumas permukaan mata tidak dapat menyebar secara merata. Selain udara lingkungan yang terlalu panas, kelenjar meibom juga akan terganggu kinerjanya bila suhu udara terlalu dingin.

6. Membaca Terlalu Lama
insto dry eyes, Mata Kering, Mata Sepet, Mata Pegel, Mata Perih, Mata Lelah

ilustrasi membaca

Membaca itu baik, karena kamu dapat memperoleh berbagai informasi, serta ilmu pengetahuan yang akan menambah wawasan. Namun, bila terlalu lama, akan menyebabkan mata perih dan mata pegel. Kegiatan berkonsentrasi membaca tulisan demi tulisan di buku, biasanya membuat mata lupa berkedip. Akibatnya, hal tersebut menjadi penyebab mata perih karena permukaannya mengering. Selain itu, karena terlalu lama berkonsentrasi saking asyiknya membaca buku dapat mengakibatkan mata lelah atau mata pegel.

Peringatan Bagi Milenial

Nah! Sekarang kita melanjutkan pembahasan tentang kegiatan yang menyebabkan mata terpapar lama oleh sinar HEV (sebagaimana telah dibahas di poin satu). Di era milenial, hal ini menjadi penyebab mata kering yang paling sering dijumpai. Pemicunya yaitu banyaknya pancaran sinar HEV dari berbagai perangkat digital saat ini. Infografis berikut ini memberikan gambaran tentang hal tersebut.

insto dry eyes, Mata Kering, Mata Sepet, Mata Pegel, Mata Perih, Mata Lelah

Setiap harinya, rata-rata orang dewasa menghabiskan waktu lebih dari lima jam dengan perangkat-perangkat digital. Kegiatan-kegiatan yang menuntut banyak berada di depan laptop,atau menonton TV LED, asyik bermain dengan gawai membuat mata terpapar sinar HEV, dan menimbulkan efek Digital Eye Strain (DES).

Milenial yang notabene paling akrab dengan perangkat digital menjadi generasi yang paling banyak menderita efek Digital Eye Strain (DES) atau disebut juga ketegangan mata digital. 

Saat mengalami DES ini, sebenarnya mata sedang mengalami sindrom mata kering. Sindrom mata kering ini memiliki beberapa gejala, yaitu mata sepet, mata pegel, mata perih, dan mata lelah. Gejala-gejala mata kering ini sering dianggap sepele, padahal tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Kita perlu menyadari bahwa mata sepet, mata pegel, mata perih adalah gejala mata kering.

Yuk kita bahas satu per satu gejala tersebut melalui infografis di bawah ini.

insto dry eyes, Mata Kering, Mata Sepet, Mata Pegel, Mata Perih, Mata Lelah

Terkadang, mata pegel juga disebut sebagai mata lelah. Walaupun penyebutan berbeda, tapi memiliki arti yang sama, dan merupakan gejala mata kering.

Insto Dry Eyes: Solusi Cerdas Mengatasi Mata Kering

Bila mata kamu mengalami gejala mata kering seperti mata sepet, mata pegel, mata perih, mata lelah seperti yang telah disebutkan tadi, itu artinya kamu harus segera menanganinya agar mata kamu dapat cepat pulih dan dapat beraktivitas kembali.

Gejala-gejala mata kering tadi harus diatasi, dan solusi kekeringan pada mata adalah Insto Dry Eyes.

2 Keunggulan Utama Insto Dry Eyes

insto dry eyes, Mata Kering, Mata Sepet, Mata Pegel, Mata Perih, Mata Lelah

sumber: https://insto.co.id/

Insto Dry Eyes memiliki 3 keunggulan utama. Apa saja ya? Yuk disimak.

1. Berfungsi Sebagai Air Mata Buatan dan Antiseptik

Insto Dry Eyes mengandung dua zat penting. Pertama yaitu Hidroxyprophylmethyl Selulose atau disebut juga hypromellose. Zat yang kedua disebut Benzalkonium Chloride. Keduanya merupakan zat aktif yang bahu-membahu menghilangkan gejala mata kering. Zat yang disebut pertama tadi memiliki fungsi layaknya air mata buatan, sebagai pelumas mata yang sangat efektif untuk mengatasi gangguan mata kering dengan membasahi permukaan mata kamu.

Sementara zat kedua memiliki fungsi yang tidak kalah pentingnya, yaitu sebagai antiseptik.  Keberadaannya sebagai pembersih sekaligus pelindung mata kamu dari gangguan luar, mulai dari, kotoran, jamur, bakteri sampai dengan virus.

2. Bentuknya Simpel, Mudah Dibawa Kemana-mana

Insto Dry Eyes tersedia dalam ukuran 7,5 ml. Ukurannya yang simpel dan kecil membuatnya mudah diselipkan ke dalam kantong celana atau tas. Dengan demikian, setiap kali kamu merasakan gejala mata kering yang cukup mengganggu, kamu tinggal meneteskan Insto Dry Eyes. Pemakaiannya pun cukup mudah. Kamu tinggal mengikuti aturan pakainya, yaitu dengan 1-2 tetes, sebanyak 3 kali sehari jika dirasa perlu.

3. Tepercaya

Insto Dry Eyes cukup populer penggunaannya di keluargaku. Setiap kali terasa gejala mata kering, pasti langsung mencari keberadaannya. Ada dua hal yang membuatnya menjadi produk tepercaya. Pertama, produknya telah teruji dan terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan RI). Kamu dapat menelusuri langsung melalui laman BPOM [klik di sini]. Kedua, karena produk ini telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Hal ini sangat fundamental, karena memberikan kepastian bahwa produknya dapat dipakai oleh kaum muslim. Kamu dapat melakukan pengecekan langsung kehalalannya melalui laman MUI. [klik di sini].

Keutamaan Insto Dry Eyes tidak berhenti di 3 keutamaan tersebut saja lho! Beberapa hal lain turut memperkuatnya sebagai pilihan. Misalnya karena mudah didapatkan dimana saja, seperti mini market, apotek, dan toko ritel lainnya. Sehingga kamu tidak perlu khawatir bila sewaktu-waktu membutuhkan Insto Dry Eyes. Selain itu, harganya tidak menyakiti dompet alias terjangkau. Insto Dry Eyes sudah diakui dengan perolehan berbagai penghargaan atas kualitas produknya yang mumpuni.

Tidak mengherankan, dengan berbagai keunggulan tersebut menjadikan Insto Dry Eyes sebagai brand tetes mata nomor satu di Indonesia.

Sayangi Matamu Selalu

Berbagai kegiatan yang kamu lakukan selalu melibatkan mata, kecuali bila kamu sedang tidur. Mata adalah anugerah terindah yang tiada duanya dan harus selalu dijaga kesehatannya. Bila kamu melakukan kegiatan di luar ruang, jangan lupa gunakan pelindung mata. Dan, jangan lupa agar selalu menyediakan Insto Dry Eyes untuk segera mengatasi gejala mata kering yang dapat menyerang tiba-tiba. Insto Dry Eyes solusi cerdas mengatasi gejala mata kering. Bye Mata Kering!

[END]


Insto Dry Eyes Solusi Cerdas, Bye Mata Kering!

Disclaimer: artikel ini diikutsertakan dalam kontes blog “Insto Dry Eyes Blog Competition”
Referensi:

  1. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-eyes/symptoms-causes/syc-20371863
  2. https://www.thevisioncouncil.org/
  3. https://insto.co.id/
  4. https://instodryeyeducation.com/
error: Content is protected !!