Halodoc Konsultasi Dokter, Aplikasi Solusi Kesehatan Zaman Now

Halodoc Konsultasi Dokter, Aplikasi Solusi Kesehatan Zaman Now

Halodoc konsultasi dokter, atau biasa disebut Halodoc, menjadi contoh kemudahan di era milenial terkait kesehatan. Aplikasi Halodoc menjadi perangkat lunak pemberi solusi berbagai pertanyaan dan keluhan seputar masalah kesehatan. Halodoc tampil dengan gaya kekinian zaman now yang serba praktis, menghadirkan solusi dengan cara yang mudah.

Dulu, Perjuangan Demi Mendapatkan Kesembuhan

Pada masa sebelumnya, kalau sakit dan ingin berkonsultasi dengan dokter, seorang pasien terpisahkan oleh dua hal, yaitu jarak dan waktu. Pertama, sang pasien terpisahkan oleh jarak, karena harus mendatangi tempat praktek dokter yang bersangkutan. Sebut saja di klinik, tempat praktek pribadi dokter, atau ke rumah sakit. Kedua, terpisahkan oleh waktu. Dokter yang sibuk dan harus mengurus banyak pasien memiliki waktu terbatas. Setidaknya, untuk bertemu seorang dokter, kita harus membuat perjanjian dulu untuk menyepakati waktu pertemuan untuk pemeriksaan dan konsultasi.

Lalu, setelah bertemu dokter, perjuangan demi kesehatan belum selesai. Masih harus menebus obat dengan mengantri di apotek. Atau, bisa juga kalau dokternya membutuhkan informasi lebih lanjut tentang penyakit yang diderita suatu pasien. Lalu sang dokter meminta pasien untuk memeriksakan diri ke lab terkait penyakit yang dideritanya.

Hal-hal tadi, menggambarkan beberapa kegiatan yang perlu dilakukan dan menyita waktu oleh seorang pasien demi mendapatkan kesembuhannya. Mulai dari mencari waktu bertemu dokter, kemudian memeriksakan diri ke lab, dan selanjutnya mengantri menebus obat.

Sekarang, Kemudahan Mencari Solusi Kesehatan Lewat Aplikasi

Nah, pada masa sekarang, berkat kemajuan teknologi yang kian canggih, hal-hal cukup menyita waktu tadi dapat dipangkas. Kehadiran aplikasi bernama Halodoc menghadirkan semua hal tersebut dalam genggaman tangan pengguna gawai pintar, atau smartphone.

Secara umum, aplikasi adalah alat terapan berupa perangkat lunak, atau software. Perangkat lunak ini tersematkan dalam smartphone yang telah mengunduh aplikasi tersebut. Kemudian, aplikasi tersebut difungsikan secara khusus dan terpadu untuk memenuhi fungsi tertentu. Aplikasi ini sudah siap pakai bagi para penggunanya. Biasanya, aplikasi akan mendapatkan pembaruan dari pengembangnya untuk mengantisipasi setiap perubahan atau perkembangan yang terjadi.

Halodoc Konsultasi Dokter, Aplikasi Solusi Kesehatan

Halodoc Konsultasi Dokter
Ilustrasi: Halodoc Konsultasi Dokter. (Sumber: aplikasi Halodoc)

Pada awal kuartal kedua tahun 2016, tepatnya 21 April 2016, sebuah teknologi berbasis aplikasi karya anak bangsa kembali muncul. Mengusung nama Halodoc, perangkat lunak yang mengkhususkan pada aplikasi pelayanan solusi kesehatan ini hadir meramaikan dunia start up nasional. Startup asli Indonesia ini bergerak memberikan solusi kesehatan dibawah pimpinan CEO dan Co-founder nya, Jonathan Sudharta.

Secara sederhana, HaloDoc dapat dikatakan sebagai sebuah teknologi aplikasi kesehatan terpadu. Aplikasi ini menjadi “jembatan” yang memfasilitasi interaksi antara pengguna aplikasi dengan dokter. Tidak hanya itu, Halodoc memberikan akses kepada pengguna aplikasi untuk berhubungan dengan industri kesehatan. Diantaranya yaitu apotek, laboratorium kesehatan, rumah sakit, serta asuransi kesehatan.

Aplikasi Halodoc menjadi sebuah terobosan menghadirkan solusi kesehatan dengan memanfaatkan teknologi terkini. Halodoc konsultasi dokter memangkas jarak dan waktu untuk bertemu dokter serta perangkat kesehatan lainnya. Keberadaannya menawarkan kemudahan bagi pengguna yang membutuhkan pertolongan dokter dan juga butuh mengakses berbagai sarana kesehatan.

Berawal Dari Ide Mengatasi Kesenjangan Akses Kesehatan

halodoc konsultasi dokter
dindindonk.com – Jonathan Sudharta, CEO dan Co-Founder Halodoc. (Foto: diolah secara mandiri dari facebook Jonathan Sudharta)

Awalnya, aplikasi karya anak bangsa ini tercetus karena panggilan hati sang CEO dan Co-Foundernya, Jonathan Sudharta. Dirinya terenyuh mendapati kesenjangan di masyarakat terkait akses layanan kesehatan, terutama dokter dan apotek di Indonesia. Jonathan sendiri sudah tidak asing berkecimpung di dunia medis dan kesehatan, karena dirinya adalah salah satu Direksi sebuah perusahaan di bidang farmasi bernama Mensa Group.

Melihat kenyataan tersebut, Jonathan lantas berniat memfasilitasi kesenjangan melalui sebuah aplikasi solusi kesehatan. Aplikasi ini menjadi “jembatan” yang memberi ruang interaksi antara pasien, dokter, dan apotek dan rumah sakit secara realtime dan online. Pada waktu awal peluncurannya, Jonathan mengatakan bahwa Halodoc sudah bermitra dengan 8 ribu dokter. Bahkan, antusiasme pengguna pun terlihat dengan tingginya jumlah unduhan aplikasi ini pada awal-awal rilisnya yang mencapai kisaran 100 ribu unduhan.

Pelan dan bertahap, aplikasi Halodoc ini pun selalu diperbarui untuk beradaptasi dengan berbagai kebutuhan terbaru. Namun, sejalan dengan ide awalnya, yaitu sebagai fasilitator antara pasien dan pihak medis dalam memberikan solusi pelayanan kesehatan, Ada dua fasilitas penting yang tidak bisa dipisahkan dari aplikasi ini. Dua fasilitas tersebut yaitu Tanya Dokter dan Buat Janji Dokter.

Bingung Masalah Kesehatan? Langsung Tanya Dokter di Halodoc

Pasien yang bingung mencari solusi dari masalah kesehatan yang sedang dihadapinya dapat menggunakan Halodoc. Terdapat fasilitas Tanya Dokter yang memberi kemudahan bagi pasien untuk dapat berkonsultasi ke dokter. Pasien dapat memilih dokter sesuai kebutuhannya, dapat bertanya dimana saja dan kapan saja.

Tampilannya di layar PC atau laptop seperti di bawah ini:

halodoc konsultasi dokter
dindindonk.com – Tangkapan layar PC/laptop laman halodoc.com/tanya-dokter. (Sumber: halodoc)

Sementara, tampilan Halodoc melalui aplikasi android di smartphone seperti di bawah ini:

halodoc konsultasi dokter
dindindonk.com – Tangkapan layar smartphone laman aplikasi halodoc – tanya dokter. (Sumber: halodoc android app)

Kamu sebagai pasien dapat berinteraksi melalui chat (percakapan) dengan Dokter. Sebagai layanan solusi kesehatan online melalui website dan aplikasi tepercaya di Indonesia, Halodoc memiliki daftar dokter pilihan terbaik di bidangnya masing-masing. Para dokter yang menjadi mitra Halodoc telah memiliki jam terbang serta pengalaman mumpuni. Para dokter ini juga telah terverifikasi. Terdapat beragam pilihan dokter umum yang siap sedia membantu menjawab keluhan ringan kamu. Demikian pula dengan banyak jenis dokter spesialis, semuanya berpengalaman dan tepercaya. Sebut saja dokter spesialis anak, spesialis penyakit dalam, ahli kebidanan, dokter gigi, THT, hingga dokter spesialis mata. Halodoc pun menjamin privasi penggunanya. Jadi, kamu tidak perlu ragu menggunakan fasilitas Tanya Dokter di Halodoc. Dapatkan penjelasan dan saran medis yang akurat dan dapat dipercaya sebagai solusi kesehatan kamu.

Tidak ada lagi jarak dan waktu sebagai penghalang antara pasien dan dokternya. Kamu sebagai pasien dapat langsung tanya dokter secara online dan realtime (langsung) dari situs Halodoc. Para dokter akan melayani kebutuhan kesehatan yang kamu butuhkan. Mereka juga siap memberi solusi memberi jalan keluar atas masalah kesehatan yang lebih berat.

Bila kamu sakit, tidak perlu menunggu hingga parah sebelum memutuskan untuk menemui dokter. Dengana adanya aplikasi ini, kamu sebagai pasien dapat langsung berkonsultasi tentang kondisi kesehatan terkini. Dengan demikian, dapat segera mendapatkan penanganan oleh para dokter berpengalaman di Halodoc.

Buat Janji Dokter? Lebih Mudah Dengan Halodoc

Fasilitas kedua yang juga menjadi khas aplikasi Halodoc ini yaitu Buat Janji Dokter. Biasanya langkah ini diambil setelah berkonsultasi dengan dokter dan membutuhkan penanganan lebih lanjut. Penanganan ini butuh waktu dan tempat untuk bertemu secara langsung dan mendapatkan penanganan medis, baik itu di rumah sakit, maupun di poliklinik.

Tampilannya di situ Halodoc adalah seperti ini:

Halodoc konsultasi dokter

Sementara, bila kamu menggunakan gawai telepon pintar berbasis android, tampilannya seperti ini:

Halodoc konsultasi dokter
dindindonk.com – Ilustrasi: Tampilan tangkapan layar fasilitas Halodoc Bikin Janji Dokter dapat dilakukan melalui menu Visit a hospital. (Sumber: halodoc android app)

Dengan fasilitas ini, pasien dapat mencari rumah sakit dan membuat janji dengan dokter melalui langkah-langkah mudah. Pelayanan ini memungkinkan pasien untuk datang dan berobat ke rumah sakit tanpa membuang waktu lama.

Hebatnya lagi, Halodoc tidak hanya melayani pasien reguler, tapi juga melayani pasien BPJS. Pasien reguler maupun BPJS tinggal mendaftar online dari mana saja, memilih rumah sakit, memilih dokter dan lalu menetapkan jadwal konsultasi. Setelah semuanya beres, kamu tinggal datang ke rumah sakit, dan langsung ketemu dokter sesuai jadwal yang sudah kamu tentukan sendiri.

Mengunduh Aplikasi Halodoc

Agar dapat menggunakan berbagai fasilitas solusi kesehatan terkini di Halodoc Konsultasi Dokter, kamu dapat mengunjungi laman halodoc.com bila menggunakan laptop atau komputer di rumah. Namun, di era digital yang serba dinamis dan cepat, serta mobilitas tinggi, tentu saja Halodoc menyediakan aplikasi berbasis android ataupun IOS. Dengan demikian, pengguna dapat mendapatkan berbagai solusi kesehatan dalam genggaman tangan.

Halodoc konsultasi dokter
dindindonk.com – Ilustrasi: Aplikasi Halodoc

Bagi kamu pengguna smartphone berbasis android, dapat langsung mengunduhnya di Google Play. Lalu, bagi kamu yang menggunakan iphone yang berbasis iOS, dapat mengunduhnya di Apple App Store.

[ END #tanyadokterasli ]


Cover: Grafis diolah secara pribadi dari foto-foto yang bersumber dari aplikasi Halodoc.

Suka artikel ini? Silakan bagikan melalui media sosial Kamu:
error: Content is protected !!