Survive di Masa Pandemi dan Panen Rezeki dari Bisnis via Internet Penuh Potensi

Ilustrasi: Bisnis via internet. (Foto oleh Mateusz Dach dari Pexels)

Pandemi mengubah jalan cerita dan kebiasaan. Ketika virus corona menyerang, semua kebiasaan yang dianggap normal menjadi halangan. Tapi, mau ada atau tidak ada Covid-19, mencari pendapatan harus tetap jalan. Ada cara penuh potensi, yang tidak hanya bisa diandalkan melalui masa pandemi tapi juga menjadi kunci panen rezeki di masa depan. Yup! Bisnis via internet adalah jalan ke masa depan yang penuh cuan.

Kabar getir di pagi hari.

Hari Sabtu pagi. Sebuah ritual mengawali hari yang selalu aku tunggu. Menikmati segarnya udara pagi sambil mengisi perut dengan sarapan roti bakar isi coklat dan ditemani secangkir kopi panas.

Tapi ada yang lain di kala itu. Sebuah pesan singkat masuk ke gawaiku. Dari teman lama yang terakhir kali bertemu di awal tahun ini sambil berbincang-bincang di sebuah warung kopi.

Alih-alih hati gembira sambil mengajak untuk kembali berjumpa, sang kawan lama ini malah mengabarkan berita tak mengenakkan hati.

Dirinya telah diberhentikan dari tempatnya bekerja. Pabriknya berhenti beroperasi sebagai imbas pandemi Corona yang belum juga beranjak pergi. Dia pun menanyakan soal lowongan kerja untuk menjaga dapurnya tetap berkebul.

Obrolan pun berlanjut dengan menyebutkan beberapa peluang kerja, sambil berempati untuk menguatkan hati sang teman lama.

Sungguh, sebuah cerita yang mungkin menjadi lazim ditemui di tengah pandemi Covid-19 ini. Banyak perusahaan dan pabrik terpaksa berhenti sebagai imbas wabah yang masih menyelimuti planet ini dan belum juga menunjukkan tanda-tanda segera beranjak pergi.

Virus Melaju, Bisnis Lesu

bisnis via internet | Wabah virus corona membuat bisnis lesu (olah grafis: dindindonk.com)
Ilustrasi: Wabah virus Corona membuat bisnis lesu. (Olah grafis: dindindonk.com)

Merambahnya pandemi Corona di penjuru Indonesia dan dunia betul-betul memberikan ekses negatif yang signifikan bagi dunia usaha dan ekonomi. Roda bisnis berjalan lesu, bahkan berhenti selama pandemi. Akibatnya, omzet usaha menurun dan arus kas pun anjlok drastis.

Kondisi bisnis dan ekonomi penuh kelesuan itu terpotret jelas dalam data Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia yang dirilis pada Juni 2020. Sebagian besar perusahaan sudah tidak mampu bertahan dan terpaksa merumahkan tanpa gaji atau melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya.

Sebagian besar tidak mampu membayar, bahkan untuk biaya pesangon PHK bagi karyawannya. Ada beberapa yang masih bisa membayar gaji. Namun, itu pun disebutkan hanya mampu bertahan hingga pertengahan tahun 2020 saja, sekitar Juni atau Juli.

Kadin mencatat angka lebih dari 6,4 juta tenaga kerja terpaksa dirumahkan, bahkan terkena PHK. Lebih lanjut, Kadin menyebutkan sudah ada sebanyak 7 sektor terdampak Corona. Ketujuh sektor itu adalah perhotelan, restoran, alas kaki, ritel, farmasi, tekstil, dan transportasi darat.

bisnis via internet | bisnis lesu terdampak corona (olah grafis: dindindonk.com)

Berikut angka berdasarkan kasus yang tercatat.

  • sektor transportasi darat melakukan PHK atau merumahkan karyawannya sebanyak 1,4 juta pekerja,
  • sektor tekstil sebanyak 2,1 juta pekerja dirumahkan atau PHK,
  • sektor restoran: 1 juta pekerja dirumahkan atau PHK,
  • sektor industri sepatu atau alas kaki telah merumahkan atau PHK karyawan sebanyak 500 ribu pekerja,
  • sektor perhotelan: 430 ribu pekerja dirumahkan atau PHK,
  • sektor retail 400 ribu pekerja,
  • sektor farmasi 200 ribu pekerja terkena PHK atau dirumahkan

Yang mengkhawatirkan, gelombang PHK atau merumahkan karyawan dan pekerja belum akan berhenti. Hal ini mengingat pandemi belum akan segera pergi.

Dari sisi kesehatan, proses pencarian vaksin masih bergumul dengan berbagai uji klinis dan diperkirakan baru akan siap diproduksi paling cepat akhir 2020. Itupun nantinya membutuhkan waktu (ada yang mengatakan hingga 2022) untuk dapat memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 bagi jutaan penduduk negeri ini.

Dari sisi bisnis dan ekonomi, pemerintah mengatakan skenario pemulihan ekonomi tetap akan terus berlanjut di tahun 2021. hal ini berdasarkan prediksi bahwa dampak pandemi Covid-19 masih akan terus dirasakan hingga tahun depan.

“Di tahun 2021, kebijakan pemerintah juga masih dalam skenario pemulihan ekonomi,”

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melalui siaran pers, Selasa (4/8/2020).

Nah, kalau sudah begini, apakah harus pasrah saja menunggu segala sesuatu berubah kembali seperti sedia kala? Padahal, para ahli pun mengatakan bahwa pasca pandemi, segala sesuatunya akan berubah. Nothing will ever be the same again.

Jangan Bertopang Dagu, Ayo Cari Peluang Baru

ilustrasi (olah grafis: dindindonk.com)

Sesungguhnya tidak pernah ada yang tetap, kecuali perubahan itu sendiri. Rentetan perubahan selalu terjadi dan menuntut masyarakat untuk segera beradaptasi. Manusia harus berubah dengan beradaptasi terhadap perubahan ini. Bila tidak, niscaya akan tergilas oleh perubahan.

Setidaknya ada 3 alasan mengapa kamu harus terus mengikuti perubahan dalam kehidupan.

Pertama, perubahan merupakan tanda kehidupan. Artinya, bila kamu mengalami perubahan, itu pertanda masih hidup. Jadi, bisa dikatakan bahwa tanpa perubahan sama dengan mati.

Kedua, perubahan adalah sifat atau watak dari alam ini. perubahan adalah hukum. Setiap benda, termasuk manusia pasti terkena hukum perubahan itu. Tidak ada yang tidak berubah di alam ini, kecuali perubahan itu sendiri.

Ketiga, di balik setiap perubahan terkandung harapan. Ibaratnya ketika kamu sedang memasuki terowongan, di ujung terowongan itu terbesit sinar, itulah harapan.

Lalu, bagaimana caranya menghadapi perubahan? Dengan beradaptasi. Jadi, daripada sibuk berkeluh kesah soal pandemi yang mengganggu kehidupan, lebih baik beradaptasi terhadap perubahan itu. Dengan mengikutinya, maka kamu akan melihat peluang baru.

Berbicara soal beradaptasi untuk bisa survive di masa pandemi ini, ada peluang penuh potensi. Bilamana peluang ini dapat dimanfaatkan dengan baik, maka kamu tidak hanya dapat survive alias bertahan di masa pandemi ini, tapi juga terus memanen sukses di masa depan.

Apa itu? Mari kita lanjutkan.

Internet Dalam Tiap Sendi Kehidupan

bisnis via internet | Ilustrasi: internet dalam tiap sendi kehidupan di seluruh dunia. (olah grafis: dindindonk.com)
Ilustrasi: internet dalam tiap sendi kehidupan di seluruh dunia. (olah grafis: dindindonk.com)

Tentu kamu sudah pernah mendengar istilah Internet of Things (IoT), bukan? Di era revolusi industri era 4.0 ini, internet sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam tiap sendi kehidupan. hampir segalanya sudah berbau teknologi dan internet.

Sebenarnya, perihal internet sebagai bagian tak terpisahkan dalam tiap sendi kehidupan (Internet of Things) sudah diprediksikan oleh Bill Gates, bertahun-tahun sebelumnya. Pendiri Microsoft ini pernah mengatakan bahwa internet akan menjadi alun-alun (tempat berkumpul) untuk masyarakat global masa depan.

Lalu, bagaimana dengan prediksinya soal bisnis di masa depan? Tidak tanggung-tanggung, Bill Gates mengatakan bahwa internet menjadi kunci tentang hidup dan matinya sebuah bisnis.

“Jika bisnis Anda tidak ada di internet, maka bisnis Anda akan gulung tikar”

Bill Gates, pendiri Microsoft

Sekarang, perkataan dan prediksi Bill Gates bertahun-tahun lalu telah menjadi kenyataan. Internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat global saat ini. Dunia bisnis pun demikian. Tak hanya menjadi peluang yang penuh potensi, internet telah menjadi kunci tentang keberlangsungan bisnis di masa kini dan masa depan.

Terkait internet, sebenarnya pandemi Corona tidak mengubah kehidupan masyarakat global secara drastis dan tiba-tiba, tapi hanya mempercepat waktu perubahannya saja. Internet tidak bisa lagi tidak dihiraukan. Saat ini, segala sesuatunya berhubungan dengan internet.

Berbicara soal internet yang menawarkan peluang penuh potensi di masa pandemi ini, apa saja peluang bisnis via internet yang dapat dimanfaatkan? Berikut ini beberapa ide menarik yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis via internet.

Beberapa Ide Bisnis via Internet

bisnis via internet | Ilustrasi: Beberapa ide bisnis online (olah grafis: dindindonk.com)
Ilustrasi: Ide bisnis via internet (olah grafis: dindindonk.com)

Barangsiapa terus mengikuti arus perkembangan teknologi akan mendapatkan imbas positif, dan yang tidak mengikutinya harus bersiap untuk tersingkirkan. Demikian pula dengan bisnis yang perlu mengikuti perkembangan teknologi. Nah, seiring dengan kian berkembangnya teknologi internet, bisnis via internet pun semakin marak.

Terlebih, dengan pandemi corona yang memaksakan perubahan begitu cepat dan banyak dalam kehidupan setiap insan saat ini. Tak hanya manusia, bisnis pun termasuk yang kena imbasnya. Memang, ada banyak pekerjaan hilang akibat wabah ini. Tapi juga ada peluang yang bisa dikembangkan dengan serius demi mendapatkan fulus.

Imbauan untuk tetap berada di rumah dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah pandemi membuat sebagian besar kegiatan dialihkan ke rumah. Pasalnya semua orang harus mematuhi imbauan tersebut guna memutus rantai penularan Covid-19. Imbasnya, kegiatan di luar rumah pun banyak berkurang. Sebut saja kegiatan seperti bekerja dari rumah, atau WFH (Work From Home) atau bersekolah dari rumah, atau SFH (school from home).

Hal ini adalah peluang berbisnis di tengah pandemi yang perlu kamu manfaatkan sebaik-baiknya.

Dirangkum dari beberapa sumber, setidaknya ada 5 ide bisnis yang patut dicoba dan memiliki peluang untuk berkembang selama pandemi. Kelimanya yaitu bisnis kuliner dan minuman, toko daring (online shop), freelancer, pelatih kebugaran daring (fitness coach online), dan kegiatan belajar daring (online learning).

Bisnis kuliner dan minuman

Sebagai kebutuhan primer, bisnis kuliner dan minuman selalu jadi incaran. Termasuk saat pandemi. Orang-orang butuh membeli makanan dan minuman. Namun, karena kegiatan di luar rumah dibatasi, maka pesanan makanan dan minuman melalui pemesanan daring pun meningkat. Bagi pemilik usaha ataupun yang tertarik untuk terjun ke bisnis kuliner dan minuman di masa pandemi ini, penawaran maupun informasi melalui internet sangat dibutuhkan.

Toko daring (online shop)

Sama seperti bisnis kuliner, membuka toko daring atau online shop adalah peluang bisnis via internet. Banyak orang yang memang butuh membeli barang-barang ataupun yang memang hobi berbelanja tapi karena tidak bisa keluar rumah, lantas melampiaskannya dengan belanja melalui internet. Pemilik usaha pun perlu mempersiapkan toko daring dengan kualitas yang baik agar dapat menarik minat pengunjung dan calon pembeli.

Menjadi freelancer

Bisnis via internet saat pandemi dapat dimanfaatkan dengan menawarkan bakat dan skill yang kamu miliki. Misalnya, bila memiliki kemampuan mumpuni dalam menulis, dapat menjadi blogger, ataupun content writer. Lalu, bila kamu lihai dalam mengambil gambar atau foto, dapat memamerkan portofolio yang dimiliki melalui situs pribadi untuk menawarkan jasa fotografi.

Pelatih kebugaran daring (fitness coach online)

Menjaga kesehatan menjadi semakin penting maknanya selama pandemi Corona ini. Namun, karena pembatasan jarak dan pengurangan kegiatan di luar rumah wajib diterapkan oleh semua orang, maka kegiatan di gym praktis menjadi berkurang. Ini adalah peluang bisnis via internet saat pandemi. Kamu bisa beralih pekerjaan sebagai pelatih kebugaran daring yang memberikan instruksi kegiatan fitness secara online.

Kegiatan belajar daring (online learning)

Kegiatan belajar dari rumah menjadi salah satu kegiatan saat pandemi Corona. Selain kegiatan sekolah dari rumah, banyak siswa yang menambah kegiatan belajarnya melalui les, baik itu untuk menambah kemampuan belajar, ataupun untuk menambah skill baru seperti les bahasa, les musik, les melukis dan lain-lainnya. Hal ini adalah peluang bisnis via internet degan mengadakan kegiatan belajar daring berupa kegiatan-kegiatan les yang dilaksanakan secara online.

Kegiatan ini pun tak hanya terbatas untuk para siswa sekolah saja. Tapi juga bagi mahasiswa ataupun karyawan kantor yang perlu mengembangkan kemampuan mereka.

Kelima ide tadi adalah gambaran sederhana saja. Masih banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan bisnis via internet.

Dari percikan ide dan potensi bisnis via internet tersebut, mungkin kamu telah memiliki gambaran tentang jenis bisnis dan usaha yang ingin kamu lakukan secara online. Sama halnya dengan berbisnis di dunia nyata, di dunia maya pun kamu harus memiliki tempat atau lapak sebagai tempat kegiatan bisnis dan usaha kamu. Di dunia maya, tempat seperti itu disebut website, atau situs.

Pentingnya Keberadaan Situs dalam Bisnis Online

Agar sebuah bisnis dapat terus bertahan hidup di dunia digital, keberadaan sebuah situs, atau website sangat penting untuk bisnis apa pun. Jika sebuah bisnis tidak memiliki situs, besar kemungkinan bisnis itu kehilangan peluang yang signifikan untuk mendapatkan keuntungan.

Sebuah situs penting artinya ketika kamu memutuskan untuk mulai menjalankan bisnis via internet. Situs dapat digunakan untuk menjalankan berbagai strategi pemasaran guna membantu bisnis kamu semakin berkembang.

Jay Conrad Levinson, seorang penulis bisnis kebangsaan Amerika Serikat yang dikenal lewat buku pemasaran populer berjudul Guerilla Marketing (Pemasaran Gerilya), menegaskan tentang pentingnya sebuah situs.

Dia mengatakan pentingnya sebuah situs bagi bisnis via internet sebagai bagian dari pemasaran bisnis. Dia menyarankan pemilik usaha selalu memperhatikan situsnya agar selalu tampil segar dan memukau. Tujuannya demi menarik perhatian pengunjung dan calon pembeli potensial.

Salah satu hal hebat tentang internet adalah ukuran sebuah bisnis atau perusahaan tidaklah terlalu penting, dan bukan ukuran sukses. Situs yang berkualitas jauh lebih penting untuk mendongkrak kesuksesan menjalankan bisnis via internet.

Setidaknya, ada 4 hal penting soal keberadaan sebuah situs dalam membangun bisnis via internet.

bisnis via internet | pentingnya sebuah situs

Membantu memasarkan produk dan jasa

Memiliki situs memungkinkan pelaku usaha memasarkan bisnis yang sedang mereka jalankan melalui jaringan internet. Pelaku usaha bisnis via internet pun dapat menerapkan bermacam strategi pemasaran dengan memanfaatkan kehadiran online mereka di dunia maya.

Tanda kehadiran bisnis di dunia maya

Sebuah website memiliki jangkauan yang jauh lebih luas daripada bentuk periklanan lainnya. Situs akan menjadi pusat kehadiran usaha dan bisnis online kamu di dunia maya.

Memberikan kredibilitas

Keberadaan sebuah situs juga penting karena membantu membangun kredibilitas sebagai bisnis. Lebih jauh lagi, sebuah situs web juga membantu memberikan kesan positif bahwa usaha bisnis via internet yang kamu lakukan itu sukses, besar, dan tepercaya.

Akses tanpa batas bagi customer

Situs di internet selalu tersedia dan dapat diakses setiap saat selama 24 jam sehari. Dampaknya, pelanggan dan calon pelanggan kamu dapat mengunjungi situs tersebut untuk mengetahui informasi tentang produk dan layanan baru dan yang akan datang yang nyaman bagi mereka.

Ketika berbicara soal pentingnya sebuah situs bagi sebuah bisnis online, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan. Apakah itu? Sebuah situs bisnis via internet bermutu membutuhkan dukungan hosting yang dapat diandalkan dan berkualitas prima.

Kembangkan Bisnis via Internet Bersama Exabytes Indonesia

Ilustrasi. (Foto: dindindonk.com)

Guna mendukung bisnis via internet berjalan dengan lancar, kamu membutuhkan pelayanan hosting yang dapat diandalkan. Soal kecakapan pelayanan hosting, maka terbesit satu nama, yaitu Exabytes Indonesia, sebagai Hosting Terbaik Indonesia.

Sebagai penyedia hosting, Exabytes telah berpengalaman selama 18 tahun menyediakan pelayanan di dunia digital bagi berbagai kalangan. Ada banyak alasan yang membuat Exabytes sebagai pilihan nomor satu kalau berbicara tentang pelayanan di dunia digital. Tapi ada satu hal yang pasti, Exabytes Indonesia akan menjadi teman kamu bertumbuh dan berkembang menjalankan bisnis via internet. Exabytes, Grow Your Business Online.

Agar dapat lebih memahami perusahaan ini, profil singkat tentang Exabytes Indonesia dapat kamu telusuri melalui tayangan video berikut:

Tentu saja, julukan Hosting Terbaik Indonesia yang disandang Exabytes bukan tanpa makna. Setelah mengetahui tentang Exabytes, kamu juga perlu mengetahui alasan-alasan yang menjadikannya sebagai Hosting Terbaik Indonesia.

Mengapa Exabytes Jadi Pilihan? Ini Alasannya

Setidaknya, ada 9 alasan yang menjadikan Exabytes terbaik di Indonesia. Pengalaman tersebut meliputi harga sesuai kantong, pengalaman segudang, sampai dengan pelayanan memuaskan. Untuk mendapatkan gambaran lebih lengkap, mari simak penjelasannya.

Harga sesuai kantong

Exabytes memahami betul karakter orang Indonesia yang selalu mencari harga minimum dengan kualitas maksimum. Bayangkan, mulai dengan menyisihkan 15 ribu Rupiah saja per bulannya, kamu dapat memiliki sebuah domain berkualitas.

Pengalaman segudang

Exabytes telah mengarungi perjalanan 18 tahun di dunia digital dan konsisten memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia mulai soal hosting dan ragam pelayanan terkait internet lainnya.

Garansi hosting selalu tokcer

Pengalaman panjang berbuah keyakinan dan jaminan akan kualitas. Exabytes memberikan garansi Network Uptime 99.9%, Server Uptime 99.5%. Jaminan nyaris 100 persen itu menandakan bahwa Exabytes yakin akan kualitas servernya yang sangat jarang down. Dengan demikian, situs kamu dijamin selalu lancar dan mudah saat diakses oleh pengunjung dan calon pembeli.

Layanan teknis sepanjang waktu

Pelayanan terhadap klien adalah salah satu poin penting yang diperhatikan oleh Exabytes. Layanan teknis penuh waktu (full time) disediakan oleh Exabytes sepanjang hari selama 24 jam, dan tiap hari seminggu. Layanan teknis ini memberikan kepastian bantuan secepat mungkin bagi para klien yang menghadapi masalah dalam operasional situsnya.

Jaminan uang kembali dalam 100 hari

Bagi Exabytes, kepuasan setiap klien adalah keberkahan yang menjamin kelancaran bisnis. Untuk itu, bila ada yang tidak puas dengan pelayanan yang diberikan, Exabytes siap mengembalikan uang klien dalam jangka waktu 100 hari. Bila terjadi demikian, klien dapat langsung meminta pengembalian dana.

Kemudahan aktivasi akun secara otomatis

Exabytes memberikan kemudahan aktivasi akun kliennya. Layanan bagi pelanggan dapat segera aktif hanya dalam beberapa jam saja. Guna mendukung kemudahan itu, Exabytes menyarankan penggunaan pembayaran otomatis agar layanan dapat segera diproses.

Aman dan andal dari virus dan spam

Exabytes menjamin keamanan dari spam dan virus dengan menginstall Spam Virus Filtering dan Spam Assasin untuk melindungi layanan klien dari spam dan lampiran email berbahaya.

Dipercaya

Exabytes dipercaya 140 ribu klien di seluruh tanah air dan telah melayani banyak kalangan. Mulai dari klien individu, perusahaan besar, usaha kecil dan menengah (UKM), hingga institusi pemerintah.

Pelayanan memuaskan

Tidak ada yang lebih membahagiakan bagi Exabytes selain senyum bahagia dan kepuasan yang ditunjukkan oleh klien atas pelayanan yang telah diberikan. Salah satu pelanggan yang puas atas pelayanan Exabytes adalah Cahyo, CEO dan Founder Lokapoin Indonesia.

Website merupakan hal yang sangat penting dan penyedia layanan Cloud Hosting Exabytes adalah parner penting Kami dalam menjalankan bisnis.”

Cahyo, CEO dan Founder Lokapoin Indonesia

Ungkapan kepuasannya pun tertuang dalam video berikut ini:

Berdasarkan penjelasan tadi, telah banyak terungkap alasan yang membuat Exabytes menjadi pilihan ratusan ribu klien yang terpuaskan oleh pelayanannya yang serba lengkap. Sudah saatnya bisnis dan usaha kamu menjadi bagian dari keluarga besar Exabytes. Caranya cukup mudah, tinggal memilih jenis domain sesuai kebutuhan bisnis dan usaha.

Domain Murah Tapi Tidak Murahan

bisnis via internet | Ilustrasi: Macam-macam jenis domain. (Olah grafis: dindindonk.com)
Ilustrasi: Macam-macam jenis domain. (Olah grafis: dindindonk.com)

Manfaatkan layanan Domain Murah di Exabytes Indonesia sesuai kebutuhan bisnis kamu. Ada 4 langkah mudah yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan domain dan memulai usaha bisnis via internet.

Pertama. Sebelum memulai usaha, tentukan terlebih dahulu nama domain yang paling cocok dengan usaha, produk dan jasa yang ingin kamu tawarkan kepada konsumen. Exabytes menyediakan berbagai ragam pilihan nama domain, seperti .id, .com, .net, .co.id, .my.id dan lainnya.

Kedua. Setelah menemukan nama yang cocok, langkah berikutnya adalah melakukan cek domain. Langkah ini dilakukan guna mengetahui apakah nama domain itu masih tersedia atau tidak. Mesin pencari di Exabytes akan memberikan informasi soal nama domain yang kamu tanyakan, bersama dengan domain alternatifnya.

Ketiga. Apabila nama domain yang kamu inginkan, maka langkah berikutnya yaitu memeriksa promo yang sedang ditawarkan Exabytes. Tanyakan perihal promo itu ke live chat yang selalu siap melayani sepanjang waktu.

Keempat. Langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan persyaratan kepemilikan domain yang dibutuhkan. Sebagai gambaran, tiap ekstensi domain memiliki persyaratan berbeda. Contohnya, bila kamu membeli domain berekstensi .COM tidak memerlukan kepemilikan identitas. Lain halnya bila kamu membeli domain dengan ekstensi .CO.ID yang memerlukan kelengkapan berupa identitas diri (KTP) dan juga identitas usaha (SIUP, atau surat ijin usaha).

Selepas urusan domain beres, kamu bisa melengkapinya dengan berlangganan Hosting WordPress Terbaik yang juga disediakan oleh Exabytes. Berikutnya, kamu bisa langsung bergerak menjalankan bisnis via internet. 

Agar bisnis online dapat berjalan dengan baik dan segera menuai hasil, pelaku bisnis perlu mengembangkan pemasaran ciamik. Salah satu cara yang dapat diterapkan yaitu dengan menggunakan email.  

Tingkatkan Pemasaran dan Kredibilitas Lewat Email Berkelas

Ilustrasi (olah grafis: dindindonk.com)

Banyak orang mengira, dengan perkembangan teknologi aplikasi dan media sosial yang demikian pesat, format email tradisional akan ditinggalkan karena tampak ketinggalan jaman. Tapi faktanya, email tetap bertahan. Bahkan, menjadi alat kredibilitas dan juga alat pemasaran yang baik.

Email bisnis

Exabytes pun tak ketinggalan menyediakan fasilitas email berkualitas bagi pelanggannya yang juga pelaku bisnis via internet.

Kamu perlu memanfaatkan layanan Email Bisnis Kapasitas Besar dari Exabytes ini. Layanan menggunakan alamat email bisnis khusus perusahaan ini penting agar dapat membangun kredibilitas, kepercayaan dan keyakinan di mata klien kamu. Hindari penggunaan email gratis karena akan memberikan impresi tidak profesional dan berkesan buruk di mata klien.

Email marketing

Selain memberikan kredibilitas, email juga terbilang strategis penggunaannya dalam memasarkan bisnis via internet. Caranya dengan menggunakan email marketing.

Menurut David Newman, salah seorang pelaku pemasaran ternama yang telah menerbitkan beberapa buku terkenal, email marketing adalah soal nilai (value). David Newman mengatakan bahwa email marketing, atau pemasaran menggunakan surat elektronik, adalah tentang berhubungan dengan orang yang tepat pada waktu yang tepat untuk alasan yang tepat.

“Email memiliki kemampuan yang tidak dimiliki banyak saluran lainnya, yaitu menciptakan sentuhan pribadi yang berharga, dalam skala besar”

David Newman, pelaku pemasaran

Sentuhan pribadi ini akan menciptakan hubungan khusus antara kamu sebagai pelaku bisnis dengan pelanggan yang menggunakan produk atau jasa kamu.

Exabytes menawarkan layanan lengkap berupa Solusi Email Marketing bagi pelaku bisnis. Penggunaan email marketing akan sangat membantu pelaku bisnis via internet karena memberikan tiga keuntungan. Pertama yaitu biaya efektif dan terjangkau. Kedua, menjalankan pemasaran secara efektif dan konversi tinggi. Ketiga, mudah dikelola.

Layanan Lengkap Exabytes

bisnis via internet | Laman Exabytes Indonesia (Foto: Tangkapan layar exabytes.co.id)
Laman Exabytes Indonesia (Foto: Tangkapan layar exabytes.co.id)

Exabytes Indonesia adalah penyedia layanan hosting dan domain dengan pengalaman segudang, tapi tidak hanya itu.

Pelayanan Exabytes Indonesia juga menyediakan layanan lengkap terkait jasa internet lainnya. Contohnya seperti yang sudah dijelaskan di artikel ini, yaitu menyediakan email bisnis kapasitas besar dan solusi email marketing. Layanan lainnya yang juga tersedia di Exabytes yaitu jasa pembuatan website, SSL, website builder, program afiliasi terbaik, penyedia layanan cloud, serta banyak lagi lainnya.

Peluang Selalu Ada

Berdasarkan penjelasan panjang lebar di artikel ini, ternyata peluang itu selalu ada. Bahkan di masa-masa sulit seperti pandemi Covid-19 seperti saat ini. Bisnis via internet adalah peluang yang sudah lama ada, dan semakin disadari potensinya sejak pandemi melanda.

Internet telah lama gandrung di dunia luar. Pertanyaannya, apakah sudah terlambat untuk memulainya? Menurutku, sebagai seorang insan, ada 3 perkara yang bisa kita terus pertahankan dan tidak akan tergantikan di era perkembangan teknologi. Ketiga perkara tersebut adalah hubungan baik, kreativitas, serta inovasi.

Lalu, ketiganya ditambah dengan ikhtiar dan doa, akan menempatkan kamu dalam posisi yang siap menerima segala keberkahan dari setiap usaha yang kamu jalankan, termasuk juga bisnis via internet, tanpa mengenal kata terlambat.

[###]


Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam EXABYTES Blog Competition yang diselenggarakan oleh EXABYTES INDONESIA. Informasi dan tautan artikel ini turut disebarkan di media sosial melalui akun Instagram dan Facebook.

Daftar Bacaan:

  • 7 Sektor Usaha Lesu, Kadin: 6,4 Juta Tenaga Kerja Terdampak Covid-19 >>> https//katadata.co.id/ekarina/berita/5eeb22d2eaa93/7-sektor-usaha-lesu-kadin-6-4-juta-tenaga-kerja-terdampak-covid-19
  • Siaran pers Kemenko Perekonomian: Skenario Pemulihan Ekonomi Berlanjut Hingga Tahun Depan >>> https//www.ekon.go.id/publikasi/detail/434/skenario-pemulihan-ekonomi-berlanjut-hingga-tahun-depan
  • 7 Business Ideas Worth Trying Amidst COVID-19 >>> https//www.hashmicro.com/blog/business-ideas-amidst-covid-19/
  • Trik Cari Peluang Usaha di Tengah Virus Corona >>> https//www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200327124109-83-487462/trik-cari-peluang-usaha-di-tengah-virus-corona
  • 10 Pekerjaan yang Laku di Masa Pandemi Corona >>> https//www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200702112635-284-519969/10-pekerjaan-yang-laku-di-masa-pandemi-corona
Suka artikel ini? Silakan bagikan melalui media sosial kamu:
  • 4
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares
error: Content is protected !!