Gaya Hidup

ASUS VivoBook Ultra A412DA, Sang Ringkas Penuh Warna Pemicu Kreasi Luar Biasa

ASUS Vivobook Ultra A412DA #ColorfulWithVivoBook|“The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook” |

Digital dan mobilitas. Dua hal tak terpisahkan di era milenial yang serba cepat serta penuh kontinuitas. Butuh perangkat penuh daya dan gaya namun harus ringkas, mampu memecah kebuntuan gagas di tengah segala sesuatu yang serba gegas.

Perangkat Digital Dalam Keseharian

Era milenial yang serba digital, menjadikan komputer sebagai salah satu peranti paling esensial dan hampir pasti digunakan dalam keseharian. Bentuknya bermacam-macam. Mulai dari komputer rumah atau PC (personal computer), ada juga yang menyebutnya desktop karena ukurannya besar dan harus diletakkan di atas meja. Lalu ada komputer bergerak, atau mobile computer untuk mendukung aktivitas, dengan sebutan laptop dan notebook sebagai nama populernya di masyarakat. Merupakan versi PC dengan ukuran lebih kecil dan dapat dibawa pergi mengikuti si empunya. Kemudian ada versi komputer yang lebih kecil lagi, dan dapat digenggam dengan tangan. Merupakan pengembangan dari telepon seluler ditambah dengan berbagai komponen yang membuatnya pintar sehingga disebut telepon pintar, atau smartphone. Belum cukup sampai disitu, sekarang sudah ada komputer seukuran jam tangan, atau populer dengan sebutan smartwatch alias jam tangan pintar.

Pasti kamu juga sudah tidak dapat lepas dari barang-barang seperti PC, laptop, notebook dan smartphone, bahkan smartwatch ini kan?

Kalau aku, tentu saja! Bagaimana bisa lepas? Dalam pekerjaanku sehari-hari, setidaknya laptop dan smartphone menjadi gawai yang sangat membantu dan memainkan peran penting sehari-harinya. Kedua gawai ini biasanya saling berkolaborasi. Smartphone untuk mengambil gambar atau foto, sekaligus alat berkomunikasi dan penyuntingan singkat. Sementara laptop pun tidak kalah strategisnya. Tumpahan berbagai ide, gagasan, imajinasi, kreasi tertampung di laptop. Berbagai foto dan gambar yang telah diambil melalui smartphone lalu dikirim ke laptop untuk selanjutnya dibesut sehingga hasilnya lebih ciamik. Saking pentingnya, laptop selalu kubawa serta, setia menemani dalam menuntaskan setiap pekerjaanku.

Keseharianku: Laptop Jadi Teman Setia

Pekerjaanku dan laptop. Rasanya tidak kuasa diriku menyelesaikan pekerjaan tanpa kehadirannya. Laptop yang selalu setia menemani keberadaanku menyelesaikan setiap tugas dan deadline yang menanti.

Ambil salah satu contohnya di bulan lalu, Juli 2019. Aku harus berada di dua tempat yang letaknya terpisah lumayan berjarak. Dalam satu hari, harus menemui narasumber di waktu pagi, kemudian bertemu klien di waktu petang, masih pada hari yang sama. Mobilitas tinggi diperlukan. Lagi-lagi, sang laptop menjadi andalan untuk membantuku merampungkan pekerjaan.

­Laptop dan berbagai peralatan pendukungnya, termasuk catatan, buku, serta gawai-gawai pendukung pekerjaanku pun kusiapkan dalam ransel yang kubawa kemana-mana menyelesaikan jadwal hari itu. Dan aku pun berangkat menunaikan tugas dan tenggat yang harus segera tuntas.

ASUS VivoBook Ultra A412DA

.

Tempatnya memang lumayan berjarak. Tapi, tetap terjangkau oleh transportasi publik. Tak hanya murah dari sisi ongkos, transportasi publik memang telah lama menjadi pilihanku. Selain tidak perlu repot, di sepanjang perjalanan aku dapat menajamkan hal-hal yang perlu diulas dalam pertemuan nanti.

ASUS VivoBook Ultra A412DA

Waktu pun berlalu. Setelah merampungkan janji di tempat pertama, telah menanti janji kedua di tengah kota. Aku pun kembali bersiap menuju tempat berikutnya. Tempat berbeda, dengan tugas lain menanti namun tak kalah pentingnya.

Rampung janji kedua, bukan berarti pekerjaan selesai. Justru tiba saatnya sang laptop dan berbagai gawai yang kusematkan dalam ransel mengoptimalkan fungsi dan kegunaannya. Aku pun berlabuh di pojok ruang sebuah tempat kerja bersama alias coworking space yang kian menjadi tren kekinian di era digital. Sengaja kupilih tempat itu, tak jauh dari tempat pertemuan kedua tadi. Segera kugelar laptop dan beberapa peranti di meja pojok. Tak lama, aku pun tenggelam dalam kesibukan menyelesaikan permintaan serta tenggat yang telah menanti.

ASUS VivoBook Ultra A412DA

.

Saking asyiknya merampungkan tenggat, waktu pun berlalu dengan cepat. Gelap telah lama menyelimuti sisa hari. Bahkan sekiranya sebentar lagi hari berganti. Selesai mengirimkan tugas dan analisa melalui surat elektronik, tak lama berselang tempat kerja bersama ini pun harus menutup operasionalnya jelang akhir hari. Aku pun kembali ke rumah, dengan menggunakan transportasi publik, masih dengan laptop yang setia menemani di dalam ransel.

ASUS VivoBook Ultra A412DA

Laju transportasi paling akhir malam itu stabil mengantarkanku ke stasiun tujuan. Duduk tenang di gerbong terakhir ditemani ransel berisi laptop kesayangan. Sudah dua tahun dia menemaniku. Laptop ASUS X441UA yang telah kupakai selama ini memang telah banyak berjasa ikut serta menuntaskan berbagai pekerjaan serta petualangan didalamnya.

Teman setiaku ini, ASUS X441UA memiliki berat 1.75 kg, dengan dimensi yang cukup besar. Belum lagi ditambah dengan peralatan dan lain-lain di dalam ranselku ini. Setelah kutimang-timang, baru kusadari bahwa ternyata ransel ini berat juga ya bobotnya.

Oh iya, terkait warna laptopku ini. Sengaja memang aku memilih warna yang cerah, aqua blue namanya. Bukan tanpa alasan. Warna cerah membantu membawa mood atau suasana hatiku tetap semangat. Walau tanpa suara, tapi dengan melihat warnanya yang cerah seolah bersorak-sorai terus memupuk asa mengarungi kerasnya perjalanan dan pertarungan mengejar berbagai tenggat.

Setelah sekian lama, laptopku memang harus diperbarui. Tuntutan pekerjaan membuatnya sering dipakai tanpa henti. Hal tersebut berpengaruh pada kinerjanya. Dalam beberapa kesempatan, aku merasakan sang laptop keteteran mengikuti ritme serba cepat mengejar batas waktu yang seolah selalu kurang.

Iseng-iseng sambil menunggu perjalanan sampai ke stasiun tujuan, aku berselancar di dunia maya melalui smartphone yang juga tak bisa kulepaskan dalam keseharianu. Aku mencari laptop pengganti teman setiaku.

Syaratnya, harus ringkas, penuh daya, dan penuh warna cerah. Laptop yang dapat mendukung, bahkan meningkatkan produktivitas. Berbekal kemampuan yang dapat mendukung mobilitas, kreativitas, serta kerja keras. Tentu saja bukan laptop sembarangan yang dapat memberikan kinerja kelas wahid seperti itu.

Tapi, apakah ada? Aku pun menelusuri jejaring dunia maya itu lamat-lamat.

“Teman” Baru Menjawab Tantangan Zaman

Teknologi digital kian berkembang. Hal tersebut konstan terjadi dan menuntut pembaruan seiring dengan perubahan yang semakin menantang.

Setibanya di rumah, pencarianku pun berlanjut. Mengapa harus ringkas? Mengapa harus penuh warna? Tidak cukup dua hal itu, laptop yang kucari pun harus powerful, alias penuh daya untuk menjawab berbagai tuntutan dalam pekerjaanku. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, yuk simak pembahasan berikut.

Laptop Ringkas: Sebuah Tuntutan Mobilitas

foto: ASUS

Era milenial ini segala sesuatu telah serba mobile, serba bergerak, dan kian cepat. Mobilitas tinggi menjadi sebuah tuntutan. Menjawab tuntutan yang serba cepat, tentu dibutuhkan peranti yang tidak menjadi beban, tapi memberi kemudahan. Perangkat yang tidak sekedar mendukung aktivitas, tapi juga mampu meningkatkan produktivitas.

Laptop ringkas jelas menjadi kebutuhan guna mendukung pekerjaanku yang menuntut mobilitas tinggi.

Sudah bukan zamannya lagi bekerja secara kaku di suatu tempat. Zaman sudah berubah. Sebuah pekerjaan dapat diselesaikan dari berbagai tempat, karena yang diukur adalah kualitas pekerjaan dan karya yang dihasilkan. Bukan keberadaannya, “ada” tapi tidak menghasilkan sesuatu.

Nah! Untuk menghasilkan pekerjaan dan karya berkualitas, butuh peranti berkelas. Peranti tersebut untuk memastikan konsentrasi tetap tinggi, emosi tetap stabil, serta ide dan kreativitas dapat terus mengalir.

Warna Jadi Pemecah Kebuntuan

ilustrasi (Foto:Felix Dubois-Robert/Unsplash)

Mungkin banyak yang tidak memperhatikan. Tapi sebenarnya, warna turut memberi dampak terhadap performa pekerjaan kita.

Dalam ilmu psikologi, warna dapat memberikan pengaruh terhadap emosi dan perilaku manusia. Warna dapat juga menjadi alat komunikasi non verbal sebagai cara cepat menyampaikan suatu pesan dan makna tanpa banyak kata.

Pernah mendengar istilah colourology? Itu adalah ilmu komunikasi visual dengan menggunakan warna sebagai alat terapi guna menyembuhkan suatu penyakit. Suatu metode kuno sebenarnya, karena telah lama dipraktekkan sejak masa Mesir Kuno dan China Kuno.

Dalam bukunya yang berjudul “Color Vision”, Darwis Triadi, seorang fotografer terkenal, mengatakan pendapatnya tentang warna serta pengaruhnya bagi psikologi manusia.

“Warna dapat menciptakan keselarasan dalam hidup. Dengan warna kita bisa menciptakan suasana teduh dan damai. Dengan warna pula kita dapat menciptakan keberingasan dan kekacauan.”

– Darwis Triadi (Color Vision) –

Menilik pengalamanku dengan warna laptop aqua blue yang cerah. Ternyata cukup membantu memecahkan kebuntuan pikir serta turunnya mood akibat rutinitas dan mobilitas tinggi yang cukup menyita energi badan dan pikiran.

Yup! Warna pun menjadi faktor penting yang kian dipertimbangkan dalam pemilihan berbagai peranti di era digital ini.

ASUS Menjawab Tantangan

foto: ASUS

Sebagai seorang pengguna produk laptop ASUS sejak beberapa tahun lalu, wajar jika hal pertama kali aku telusuri dalam pencarian laptop adalah produk-produk ASUS sesuai dengan kebutuhanku.

Mengapa ASUS?

Pertama, karena kualitas produknya. Pengalamanku selama menggunakan produk-produk ASUS selalu berbuah kepuasan, karena berbagai produknya senantiasa berkualitas tinggi.

Kedua, desain produk inovatif. ASUS selalu menghasilkan desain produk inovatif sebagai upaya memberikan solusi bagi kebutuhan penggunanya.

Ketiga, penggunaan teknologi terbaru. ASUS sigap menghadapi setiap perkembangan teknologi terbaru, dengan cara menghadirkan teknologi tersebut dalam setiap rilis produk terbarunya. Dengan demikian, ASUS selalu terdepan.

Nah! Kembali kepada pencarianku mencari pengganti sang laptop kesayangan. Hasil penelusuran di dunia maya menuntunku pada rilis produk ASUS terbaru, yaitu ASUS VivoBook Ultra A412, sekitar dua bulan lalu. Tepatnya, pada Kamis, 20 Juni 2019. Acara peluncuran resminya pun sangat meriah. Bagi kamu yang penasaran dapat menontonnya di kanal Youtube ASUS Indonesia.

Memperkenalkan:

ASUS VivoBook Ultra A412DA, “The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook”

gambar: ASUS

Menjawab tantangan zaman yang terus berkembang, ASUS merilis produk terbaru di lini produk VivoBook, yaitu ASUS VivoBook Ultra A412. Ada beberapa varian, dan yang menarik perhatianku adalah ASUS VivoBook Ultra A412DA.

Menyandang julukan “The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook” alias notebook berlayar 14 inci terkecil di dunia, ASUS VivoBook Ultra A412DA memang spesial. Boleh dikatakan, laptop ini tampil sesuai julukannya. Memiliki dimensi yang ringkas, tipis serta ringan. Ketiga hal tersebut sangat mendukung pengguna dengan mobilitas tinggi. Tampilannya juga menarik dan penuh warna penggugah suasana hati, penebar ekspresi positif serta memancing ide, kreasi serta imajinasi.

Bahkan, dengan berbagai fitur yang disematkan ASUS pada laptop ini, tidak salah bila mengatakan ASUS VivoBook Ultra A412DA merupakan laptop yang menjadi pemimpin di kelasnya.

Mengapa ASUS VivoBook Ultra A412DA Cocok Buatku? Simak Alasannya

Sebagaimana yang telah kusebutkan sebelumnya. Aku mencari laptop yang mendukung pekerjaan. Ternyata banyak alasan yang menjadikanku semakin yakin tentang laptop ini. Yuk disimak alasan-alasannya.

Dimensi Ringkas Membuka Sekat Tanpa Batas

Menilik dimensi miliknya, dengan panjang (tinggi) 32.2 cm, lebar 21.2 cm dan ketebalan body hanya 1.99 cm, menjadikan laptop ini mudah untuk dimasukkan ke dalam tas atau ransel. Beratnya hanya 1,5 kg termasuk baterai, jelas memudahkan untuk membawanya kemana-mana. Besaran bobot yang dimiliki laptop ini menjadikannya ringan, tidak menjadi beban yang memberatkan. Lebih ringan dibanding laptop yang kumiliki saat ini.

Ketebalan body hanya 1,99 cm. (foto: ASUS)
Tampilan bezel super tipis. (foto: ASUS)

Guna memenuhi tuntutan sebuah laptop yang ringkas, ASUS memaksimalkan tampilan layar pada laptop ini dengan menggunakan teknologi NanoEdge Display. Jarak tepi laptop ke tepi layar (bezel) yang ultraslim. Bingkai hanya setebal 5,7 mm saja di kiri kanannya. Sementara bagian bawah setebal 11,4 mm dan bagian atas dengan tebal 8,8 mm. Teknologi ini membuat tampilannya nyaris tanpa bezel (almost-bezel-free display). Sungguh ultra tipis!

Keberadaan bezel tipis tersebut mampu membuat rasio screen-to-body berada di angka 87%! Jelas saja hal ini menjadikan tampilan sang laptop terlihat sangat ringkas. Seolah-olah sebuah laptop berukuran 13 inci, tapi memiliki layar dengan ukuran 14 inci.

Mudah membawanya, karena bentuk ringkas, bobot ringan, serta tipis. Sungguh sebuah laptop travel-friendly dan mobility-friendly. Teman dalam perjalanan maupun teman dalam pekerjaan dengan mobilitas tinggi.

Dimensinya yang ringkas dan ringan membuat ASUS VivoBook Ultra A412DA mudah dibawa kemana saja. (foto: ASUS)

Yup! Kehadiran ASUS VivoBook Ultra A412DA menjadi bukti perhatian ASUS terhadap kebutuhan penggunanya. ASUS telah menghadirkan tipe VivoBook paling ringkas di kelasnya.

Penuh Warna Ekspresi Diri, Pemicu Kreasi

Warna adalah alat komunikasi yang kuat dan dapat digunakan untuk memberi sinyal aksi, memengaruhi suasana hati, dan bahkan memengaruhi reaksi fisiologis tubuh kita.

Bahkan, warna menjadi faktor yang kian diperhitungkan dalam pemilihan gawai oleh para penggunanya. ASUS memberi perhatian pada hal ini dengan mempersembahkan empat warna varian. Keempat warna tersebut yaitu yaitu transparent silver, slate grey, coral crush, dan peacock blue.

transparent silver (foto: ASUS)

Transparent silver memberikan kesan tampilan yang ramping dan penuh dengan aroma kecanggihan teknologi masa kini.

slate grey (foto: ASUS)

Warna slate grey untuk pengguna yang menyukai pendekatan lebih tenang, sederhana, tapi tetap memberikan aroma ketegasan.

coral crush (foto: ASUS)

ASUS menyediakan varian warna coral crush dengan semburan warna cerah, serta pancaran keinginan untuk selalu terlihat menonjol.

peacock blue (foto: ASUS)

Keunikan warna peacock blue karena mampu menampilkan warna yang berbeda. Tergantung dari sudut mana kamu melihatnya. Memberikan kesan sporty dan dinamis. Coolness all over the place!

Persembahan varian VivoBook penuh warna di kelasnya ini sebagai jawaban untuk terus memicu para pengguna ASUS dapat semakin mengekspresikan diri, mencetuskan ide serta imajinasi dan kreativitas tanpa batas.

Tampilan Penuh Gaya Penambah Percaya Diri

ASUS VivoBook Ultra A412DA memiliki tampilan ringkas, mewah dan penuh warna. Penggunanya tidak akan segan membawanya dalam setiap kesempatan, dan tampil menjadi yang paling menonjol. Sebut saja ketika bekerja bersama di sebuah coworking space, atau sekedar nongkrong di cafe sambil mengerjakan tugas kuliah. Kamu pasti langsung dapat membedakan pengguna VivoBook dibanding pengguna laptop lainnya.

Kegiatan kumpul bersama, dan tampil dengan laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA? Pasti terlihat penuh gaya dan paling berbeda. (foto: ASUS)

Kehadiran VivoBook ini menjadi laptop fashionable yang tampil dengan penuh gaya di kelasnya. Penampilan penuh ekspresi dan berkelas dengan simplisitas, tanpa melupakan kualitas dan kebutuhan penggunanya.

Penuh Daya Dengan AMD Ryzen Series Dan Radeon Vega

Penampilan ringkas dan mewah semakin sempurna dengan dukungan prosesor dan kartu grafis berkualitas mumpuni. ASUS memasangkan prosesor AMD Ryzen 3 3200U serta AMD Ryzen 5 3500U. Daya kekuatan VivoBook ini semakin lengkap dengan keberadaan kartu grafis Radeon Vega 3 (Ryzen 3) serta Radeon Vega 8 (Ryzen 5) untuk mendukung fungsi grafis di laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA .

Penyematan teknologi AMD Ryzen™ Mobile 2nd Gen terbaru, menjadi bukti bahwa ASUS selalu tanggap dengan perkembangan teknologi terkini. Hal tersebut menjadikan varian VivoBook ini memiliki performa sampai dengan 48% lebih kencang dibandingkan laptop generasi 3 tahun sebelumnya. Tidak hanya itu, kinerjanya pun kian efisien dengan keberadaan AMD SenseMI. Yaitu fitur smart power-saving dengan menggunakan fabrikasi 12nm FinFET, yang juga merupakan teknologi terkini dan berkualitas.

Keberadaan DDR4 RAM hingga kapasitas 16GB membuat laptop ini semakin mumpuni dan produktif untuk kegiatan multitasking, multimedia editing, atau hanya sekedar hiburan dengan online gaming. Pemasangan dual-band Wi-Fi 5 (802.11ac) membuka jaringan online super cepat dengan kecepatan hingga 867Mbps.

Duet AMD Ryzen Series Dan Radeon Vega menghasilkan kombinasi tangguh. Berbagai kegiatan multimedia dapat dilahap dengan mudah. Menonton film dengan resolusi tinggi, main gim, edit gambar, sampai dengan penyuntingan video? Ah, laptop ini bisa semuanya.

ASUS menyematkan teknologi terkini yang membuat laptop ini menjadi penuh daya, membuat segalanya menjadi serba mungkin. Multitasking dapat dilakukan dengan mudah.

Terjaga Dengan Pre-install Windows 10 Asli

Ilustrasi Windows 10 (*ASUS merekomendasikan Windows 10 Pro)

ASUS menjamin kualitas software dalam VivoBook ini dengan memasang pre-install Windows 10 asli. Dengan demikian, pengguna tidak perlu membeli program Windows secara terpisah. Bahkan, sampai memaksa memasang program bajakan (amit-amit!) yang merugikan diri sendiri dan pihak-pihak lainnya.

Windows 10 memberi jaminan keamanan lebih baik bila dibandingkan dengan versi pendahulunya. Selain itu, sistem operasi Windows 10 juga lebih stabil dalam pemakaiannya.

Keberadaan pre-install WIndows 10 asli menjamin segala pekerjaan menggunakan laptop ini akan bebas rasa khawatir dan bebas hambatan.

Login Cepat Dengan Fingerprint Sensor dan Fitur Windows Hello

fingerprint sensor (foto: ASUS)

Segala kemudahan disediakan oleh ASUS pada VivoBook ini. Sensor pemindaian sidik jari (fingerprint sensor) dan fitur Windows Hello menjadi contoh kemudahan tersebut.

Windows 10 menerapkan proses validasi (authentification) biometrik khusus melalui fitur Windows Hello. Cukup dengan pengenalan wajah dan pemindaian sidik jari. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah mengakses perangkat operasional Windows 10. Cara ini jauh lebih aman ketimbang hanya menggunakan metode kata kunci (password) yang masih konvensional.

Keberadaan dua fitur ini juga untuk memastikan keamanan ASUS VivoBook Ultra A412DA. Tidak sembarangan orang dapat mengakses peranti ini. Data pengguna pun dapat tersimpan dengan baik dan aman di dalam laptop.

Penggunaan kedua fitur ini cukup fleksibel, karena dapat dimatikan dan dinyalakan sesuai selera penggunanya. Tapi keberadaannya jelas dapat memudahkan serta menghemat waktu login yang terkadang membuat kita tidak sabar menunggu.

Tangkapan layar Windows Hello (sumber: adventurose.com)

Mobilitas tinggi membuat laptop rawan diincar orang tak dikenal selama bepergian. Fingerprint sensor dan fitur Windows Hello untuk memberi rasa aman, tanpa perlu khawatir laptop diakses orang lain selain si pemilik.

Nyaman Mengetik Dengan ErgoLift dan Backlit

ilustrasi (foto: ASUS)

Mengetik menjadi kegiatan yang tak terpisahkan dalam pekerjaanku. ASUS pun memikirkan kenyamanan penggunanya dalam mengetik, terutama dalam waktu lama.

ASUS VivoBook Ultra A412DA memiliki engsel (hinge) yang membuat papan ketik laptop terangkat dengan kemiringan 2 derajat. Sudut kemiringan ini membuat posisi tangan lebih nyaman ketika mengetik (improved typing position). Dengan demikian, tangan tidak mudah berasa pegal.

Sudut kemiringan sebesar 2o ini menjadikan sudut bukaan layar maksimum sebesar 141o untuk memberikan posisi layar yang nyaman ketika mengetik.

Fungsi lainnya, dengan terangkatnya sisi bawah laptop praktis membuat sirkulasi udara lebih lancar, karena membuka ruang udara untuk ventilasi. Dampak positif hal ini yaitu mampu menjaga laptop tetap dingin ketika dipakai dalam waktu lama. Keberadaannya sekaligus juga menjadi sistem pendinginan (cooling system) bagi laptop.

Tidak selesai sampai di situ. Celah kecil yang terbentuk dengan terangkatnya dasar laptop juga mendukung audio lebih jernih, serta respons bass yang lebih mendalam.  

Wow! Satu inovasi mampu menjadi pemecah tiga masalah sekaligus.

ErgoLift, sebuah solusi inovatif yang menjadi mahakarya ASUS dalam meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Inovasi ini memberi kenyamanan ketika mengetik, terutama dalam waktu lama. Keberadaannya sekaligus juga menjadi sistem pendinginan (cooling system) bagi laptop, dan meningkatkan kualitas audio laptop.

Backlit keyboard (foto: ASUS)

Masih terkait kenyamanan mengetik. Selain ErgoLift, ASUS melengkapi kenyamanan dalam mengetik dengan menghadirkan fitur Backlit Keyboard. Fitur ini sangat membantu memberikan pencahayaan pada papan ketik, terutama ketika pencahayaan redup. Pengguna dapat mengatur tingkat kecerahannya hingga 3 level pengaturan. Dengan demikian, pengguna laptop masih dapat melihat huruf pada papan ketik dengan baik untuk menghindari terjadinya kesalahan ketika mengetik.

Daya tahan tiap tombol pada papan ketik ini juga telah dijamin ASUS. Tiap tombolnya telah melalui tahapan uji coba hingga sebanyak 10ribu kali untuk memastikan kekokohannya. Luar biasa!

Fitur ErgoLift dan Backlit Keyboard memberikan suasana serta pengalaman yang benar-benar nyaman dalam mengetik.

NumberPad Untuk Si Perak Yang Spesial

Kejutan dihadirkan oleh ASUS, dengan penambahan fitur NumberPad untuk ASUS VivoBook Ultra A412DA varian warna transparent silver.

NumberPad (foto: ASUS)

Cukup dengan ketukan, touchpad atau papan tetikus pun akan berubah menjadi NumberPad dengan panduan cahaya LED.

Fitur ini sangat cocok bagi pengguna laptop yang kerap berkutat dengan angka serta menggunakan spreadsheet dalam pekerjaannya.

Konektivitas Tanpa Batas

gambar: ASUS

ASUS menyematkan slot konektivitas yang lengkap pada VivoBook ini. Mobilitas tinggi perlu didukung dengan pilihan yang bervariasi sesuai kebutuhan penggunanya, dan juga peranti-peranti pendukungnya.

Slot konektivitas pada laptop ini dilengkapi dengan USB 2.0, USB 3.1 port dengan kecepatan transfer 10 kali lebih cepat dibanding USB 2.0, USB 3.1 Type C, Audio Jack, Output HDMI, Micro SD Card Reader serta Security Slot.

Keberadaan slot konektivitas yang cukup lengkap mendukung kinerja penggunanya menjadi lebih produktif.

Kapasitas Besar dan Kecepatan Tinggi Dorong Kinerja Optimal

Mobilitas tinggi, membutuhkan kecepatan tinggi dan ruang yang besar. Kira-kira demikianlah tuntutan sebuah laptop masa kini. Setidaknya yang sesuai kebutuhanku.

Kapasitas besar untuk menampung dokumen penting berukuran besar seperti video, musik, film, dan gambar-gambar dapat ditampung dengan baik di dalam laptop.

Kecepatan tinggi untuk memproses pekerjaan dengan cepat. Terutama untuk proses penyuntingan gambar dan foto. Waktu pun tidak terbuang sia-sia menunggu proses penyuntingan yang biasanya memakan waktu.

ilustrasi (foto: ASUS)

ASUS mempersembahkan Dual-storage atau penyimpanan ganda sebesar 512GB + 1TB (SSD + HDD) pada VivoBook ini guna memberikan ruang kapasitas dan performa besar.

Dual-storage mendorong kinerja laptop super cepat dengan kapasitas penyimpanan besar.

Baterai Tahan Lama dan Fitur Isi Cepat

Mobilitas tinggi membuat laptop lebih sering digunakan di luar ruang. Baterai tahan lama menjadi sebuah tuntutan. Ditambah kemampuan fast charging, alias fitur isi cepat baterai juga dibutuhkan guna mendukung segala perubahan yang serba cepat. ASUS menyediakan keduanya di VivoBook ini.

ilustrasi (foto: ASUS)

Baterai laptop lithium-polymer berkualitas tinggi mendukung kegiatan sepanjang hari. Penyematan teknologi eksklusif ASUS, yaitu ASUS Battery Health Charging membantu menjaga baterai dari kelebihan pengisian atau overcharging. Dengan demikian, baterai laptop dapat bertahan lebih lama, hingga 3x umur baterai normal. Fitur fast charging memberikan daya pengisian hingga 60% dalam waktu 49 menit saja.

Umur baterai lebih panjang, serta tidak ada waktu dan energi yang terbuang.

Tampilan Layar dan Kamera Optimal

Desain Bezel yang tipis membuat kinerja layar laptop menjadi lebih optimal. Tampilan layar laptop dapat dinikmati dengan sudut hingga 178°, membuat sudut penglihatan pada layar menjadi lebih lebar (wide viewing angle). Layar VivoBook ini juga sudah dibekali panel IPS kualitas FHD (1920 x 1080), membuat kualitas gambar pada layar semakin tajam dan jernih.

ilustrasi (foto: ASUS)

Penempatan kamera HD di sisi atas layar memberikan kesempatan penggunanya untuk dapat leluasa berbagi informasi dan kehangatan melalui video call di hadapan kamera laptop.

Kualitas layar memanjakan mata penggunanya, serta penempatan kamera laptop optimal bagi penggunanya.

Kualitas Audio Premium Bagai Hadir di Tengah Konser

Teknologi ASUS Sonic Master™ yang dibenamkan ASUS pada VivoBook ini memungkinkan pengguna laptop merasakan dentuman kualitas suara sangat jernih. Peletakan posisi speaker pada laptop yang sedemikian rupa menghasilkan kualitas audio ibarat hadir dalam sebuah konser yang megah.

ilustrasi (foto: ASUS)

Kualitas audio dengan teknologi terkini menghadirkan suara berkualitas yang memanjakan telinga.

Spesifikasi Lengkap

Selanjutnya, bagi kamu yang ingin mencari tahu lebih jauh tentang spesifikasi lengkap ASUS VivoBook Ultra A412DA, dapat langsung melihatnya di laman resmi ASUS, di sini.

Harga ASUS VivoBook Ultra A412DA

Harga VivoBook ini di pasaran cukup terjangkau oleh hampir semua kalangan. Berikut harga variannya:

  • VivoBook Ultra A412DA Ryzen 3 (Windows 10 Home/AMD Dual Core R3-3200U /4GB/1T) : Rp 6.599.000
  • VivoBook Ultra A412DA Ryzen 5 (Windows 10 Home/AMD Quad Core R5-3500U /8GB/1T) : Rp 8.599.000

*harga-harga ini merupakan indikasi

Siap Kerja Bersama Laptop Baru

ilustrasi (foto: ASUS)

Nah! Berdasarkan berbagai penjelasan di atas, banyak sekali alasan yang mengulas tentang kemampuan ASUS VivoBook Ultra A412DA sebagai laptop yang handal untuk kebutuhan yang beragam. Bentuknya ringkas, ringan dan tipis menjadi justifikasi tagline VivoBook ini sebagai notebook paling ringkas dan penuh warna di muka bumi saat ini. Tapi, jangan tertipu penampilannya. Laptop ini memiliki kemampuan luar biasa.

Tidak hanya mewujudkan tagline “The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook”, tapi juga penuh dengan berbagai fitur yang membuat ASUS VivoBook Ultra A412DA ini menjadi laptop premium di kelasnya. Perangkat ringkas, namun penuh daya, penuh warna serta gaya yang mampu menjadi inspirasi penggunanya. Laptop ini memiliki kemampuan mumpuni untuk membantu penggunanya memenuhi tuntutan zaman yang semakin cepat, aktif, dan dinamis.

Aku siap bekerja dengan laptop baru ini. Kalau kamu, bagaimana? Pasti iya juga kan? [END]


­cover: tangkapan layar youtube ASUS

disclaimer: Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition – Colorful With VivoBook Ultra A412DA, bersama adventurose.com

Referensi:

  • http://bit.ly/A412DA-Material
  • https://www.asus.com/Laptops/ASUS-VivoBook-14-X412DA
  • https://adventurose.com/2019/07/blog-competition-colorful-with-vivobook.html
error: Content is protected !!