Mengenal Asuransi untuk Mempersiapkan Masa Pensiun

mengenal asuransi
Ilustrasi. (Foto: Kaboompics .com from Pexels)

Asuransi pensiun atau asuransi hari tua adalah suatu produk asuransi yang bertujuan untuk memberikan jaminan pada pemegang polisnya saat mencapai usia pensiun. Untuk sistem pembayarannya sendiri dilakukan secara berkala oleh nasabah dan juga dikaitkan dengan pencapaian usia tertentu.

Di Indonesia, asuransi yang khusus untuk dana pensiun biasanya dikenal dengan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Asuransi ini biasanya dibentuk oleh pihak bank maupun perusahaan asuransi jiwa. Sumber dana dari DPLK ini bersumber dari potongan dana pensiun setiap bulannya.

mengenal asuransi
Ilustrasi: Masa pensiun bahagia dengan dana pensiun tepercaya. (Foto: Gustavo Fring from Pexels)

Siapapun bisa mengikuti program ini, baik itu karyawan, pengusaha bahkan pekerja lepas (freelancer) sekali pun. Jadi program pensiun DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) bisa diikuti oleh kelompok karyawan atau perorangan. Hal ini terjadi karena tujuan dari program pensiun DPLK yaitu sebagai fasilitas untuk jaminan hari tua karyawan nantinya.

Ada berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan. Salah satunya adalah lebih mudah untuk mencapai pensiun yang sejahtera, membantu pemberi kerja atau perusahaan lebih mudah meraih kesuksesan atas tujuan bisnisnya karena bisa memacu produktivitas dan loyalitas para karyawan dalam bekerja. Karena itulah kedua belah pihak (perusahaan dan karyawan) bisa merasakan manfaatnya. Selain asuransi pensiun anda juga dianjurkan membeli asuransi jiwa. Melihat dari asuransi pendidikan terbaik anak maka cukup penting untuk memilikinya. Manfaatnya antara lain adalah sebagai proteksi diri, Menjamin Masa Pensiun Tertanggung, Memberikan Return.

mengenal asuransi
Ilustrasi: Mempersiapkan asuransi pendidikan terbaik anak untuk memberikan pendidikan terbaik dan tertinggi bagi sang buah hati. (Foto: Charles DeLoye on Unsplash)

Mengingat manfaat yang diberikan asuransi pensiun dan asuransi jiwa hampir sama, tentu sebagai nasabah kita harus bijak memilih mana yang terbaik dan cocok dengan profil keuangan kita. Intinya kedua asuransi tersebut sangat penting dimiliki untuk menjamin hari tua anda agar minim risiko dan dapat menikmati masa pensiun dengan tenang.

Asuransi jiwa menjamin keamanan finansial ketika kita mengalami kecelakaan yang mengakibatkan hilangnya pendapatan, sementara asuransi pensiun melindungi kondisi finansial ketika kita memasuki masa pensiun yang penuh ketidakpastian.

Jika memiliki dana lebih tidak ada salahnya membeli kedua polis ini, sebab uang pertanggungan yang akan diperoleh juga bisa lebih besar. Toh keduanya juga sama-sama memberikan manfaat finansial, juga perlindungan kesehatan ketika Anda dalam posisi tidak bisa lagi bekerja.

[###]

Suka artikel ini? Silakan bagikan melalui media sosial kamu:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
error: Content is protected !!