Mau Tau Cara Merawat Kucing Agar Selalu Bersih dan Sehat? Simak 6 Easy Tips Ini

Cara Merawat Kucing agar selalu bersih dan sehat

Cara Merawat Kucing agar selalu bersih dan sehat,

sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun tetap membutuhkan kesabaran dan konsistensi dari pemiliknya. Karena, kucing adalah makhluk hidup yang butuh perhatian dan juga kasih sayang.

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan paling populer di dunia. Disinyalir, ada lebih dari 600 juta ekor kucing yang tinggal bersama manusia di dalam rumah tangga di seluruh dunia.

Hewan ini memang lucu dan menggemaskan. Ada saja tingkah polah hewan satu ini yang dapat menghibur ataupun menarik perhatian pemiliknya, ataupun pecinta kucing. Selain lucu dan menggemaskan, kucing juga sangat fleksibel dan mampu beradaptasi dengan mudah terhadap lingkungannya. Hal-hal ini menjadikan kucing sangat digemari sebagai hewan peliharaan manusia di seluruh dunia.

Hewan berbulu ini juga memiliki kecerdasan tinggi, dan memiliki sensitivitas emosi cukup kuat, terutama terhadap pemiliknya. Kucing dapat merasakan emosi dan perasaan si majikan (atau babu?), apakah sedang sedih, marah, ataupun gembira.

Selain sebagai hewan peliharaan, tak jarang kucing juga dimanfaatkan untuk mengusir atau membasmi tikus yang banyak berkeliaran di dalam rumah.

Cara Merawat Kucing agar selalu bersih dan sehat
Ilustrasi: Kucing berdasi oranye. (Foto: Unsplash/Brandon Griggs)

Apakah kamu suka memelihara kucing di rumah? Kucing merupakan salah satu hewan yang cocok menjadi hewan peliharaan di rumah. Memiliki hewan peliharaan berarti sudah siap terhadap bagaimana pemeliharaan yang tepat. Ada baiknya untuk mengetahui cara merawat kucing agar selalu bersih dan sehat serta berumur panjang.

Ada beberapa hal yang Kamu perlu perhatikan ketika ingin memelihara kucing. Pemeliharaan kucing meliputi masalah kebersihan pada tubuh kucing, tempat tinggal hingga asupan makanannya. Cara merawat kucing agar selalu bersih dan sehat merupakan perlu diperhatikan agar kucing tidak gampang sakit dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

6 Cara Merawat Kucing Agar Selalu Bersih dan Sehat Serta Berumur Panjang

Ilustrasi: Kucing rumahan. (Foto: Unsplash/ Manja Vitolic)

Kucing memang hewan yang lucu dan menggemaskan untuk jadi teman main di rumah. Akan tetapi, ketika Kamu sudah membulatkan tekad untuk memelihara kucing pastikan juga untuk memperhatikan perawatannya.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui cara memelihara kucing di dalam rumah. Nah, berikut ini 6 tips mudah cara merawat kucing selalu bersih dan sehat serta berumur panjang.

1. Menyisir Bulu dengan Rutin

Meskipun terbilang sederhana, akan tetapi menyisir bulu kucing dapat berdampak baik bagi kesehatan kucing. Menyisir bulu kucing dapat menghindarkan bulu-bulu yang menggumpal dan membantu membersihkan kotoran yang menempel di bulu. Pasalnya bulu yang menggumpal dapat berakibat fatal jika tertelan saat kucing menjilat tubuhnya.

Bulu yang tertelan dapat mengganggu sistem pencernaan pada kucing. Selain itu juga kotoran yang menempel dapat tertelan oleh kucing. Hal inilah yang menjadikan kucing mudah sakit seperti muntah-muntah dan gangguan pencernaan lain.

2. Jangan Memberikan Makanan Kering Terlalu Banyak

Sudah tahu belum jika makanan kering yang terlalu sering diberikan pada kucing tidak baik untuk kesehatan. Daripada makanan kering, kucing sangat mengandalkan makanan seperti daging maupun ikan.

Dengan memberikan kering terlalu banyak akan berdampak fatal pada kesehatan kucing. Jika terlalu banyak makanan kering, kucing akan mengkonsumsi karbohidrat dalam porsi yang terlalu banyak.

Hal ini dapat mengakibatkan diabetes dan obesitas pada kucing. Oleh sebab itu, sangat penting sekali untuk memperhatikan asupan makanan yang masuk. Ada perlu membuat takaran yang seimbang antara makanan kering dan makanan basah atau kadar airnya tinggi.

3. Jangan Sampai Mengalami Dehidrasi

Pada dasarnya kucing tidak begitu memiliki dorongan rasa haus yang berlebih. Itulah sebabnya untuk memperhatikan asupan makanan yang tinggi akan kadar air. Makanan kering hanya mengandung 5 sampai 10% kadar air. Sedangkan makanan basah mengandung 70% kadar air.

Jadi, alangkah baiknya untuk lebih sering memberikan makanan basah pada kucing. Pada kucing yang berumur tua ataupun sedang hamil dan menyusui lebih banyak membutuhkan air. Sehingga sangat penting sekali untuk memperhatikan kebutuhan air pada kucing tersebut. Akan lebih bagus lagi jika ada akses untuk kucing menuju ke air bersih.

cara merawat kucing agar selalu bersih dan sehat
Ilustrasi: Anak kucing (net)
4. Rutin Memandikan Kucing

Menjaga kebersihan kucing juga merupakan salah satu cara merawat kucing agar selalu bersih dan sehat. Anda dapat memandikan kucing minimal satu bulan sekali dengan rutin. Dengan memandikan kucing dapat membersihkan kotoran yang ada pada bulu dan kulitnya serta mengangkat sel kulit mati. Selain itu juga menghindarkan kucing dari bakteri penyakit.

Alangkah baiknya untuk menggunakan sampo atau sabun khusus demi mencegah kulit kucing teriritasi. Akan tetapi yang perlu diingat jangan terlalu sering memandikan kucing karena dapat menghilangkan minyak esensial alami yang ada pada bulunya. Lakukan secara rutin satu bulan sekali saja atau sesuaikan dengan kondisi kucing.

5. Jemur Kucing di bawah Sinar Matahari

Seperti manusia, kucing juga membutuhkan vitamin D yang berasal dari sinar matahari. Vitamin D akan berperan membantu proses melebatkan bulu kucing dan meminimalisir kerontokan pada bulu kucing. Ada baiknya menjemur kucing di pagi hari karena kucing sangat menyukai kehangatan.

Vitamin D dari sinar matahari juga akan membunuh bakteri, kuman maupun parasit yang ada dalam tubuh. Tidak perlu terlalu lama, cukup 10 menit berjemur sudah dapat membantu proses melebatkan bulu kucing. Agar kucing tidak bosan, ajaklah berjemur sambil bermain.

6. Perhatikan Nutrisi Makanannya

Selain memastikan tempat tinggal kucing dalam keadaan bersih. Kamu juga harus memperhatikan asupan makannya, pasalnya makanan sangat berperan penting dalam pertumbuhannya. Ini termasuk juga hal yang perlu diperhatikan dalam cara merawat kucing agar selalu bersih dan sehat.

Makanan yang tinggi protein, karbohidrat dan lemak dapat menjadi salah satu cara menggemukkan anak kucing 1 bulan.

Nah, pemilihan makanan yang tepat akan berdampak besar pada kesehatan kucing karena nutrisinya terpenuhi. Salah satu makanan khusus kucing yang baik adalah Royal Canin Mother and Baby Cat.

Anda tidak perlu khawatir karena makanan kucing tersebut dapat dikonsumsi oleh kucing dewasa maupun kucing yang masih bayi. Bahkan, makanan ini akan cepat menggemukkan kucing bayi yang dalam proses pertumbuhan.

Cara Merawat Kucing agar selalu bersih dan sehat
Ilustrasi: Kucing sedang bermain panjat tiang. (Foto:Freepik)

Ikuti Cara Merawat Kucing agar selalu bersih dan sehat Dengan Konsisten

Bagaimana? Menurut Kamu yang suka kucing atau ingin memelihara kucing? Sudah menerapkan tips cara merawat kucing agar selalu bersih dan sehat seperti penjelasan di atas? Jika belum tidak ada salahnya untuk memulai memberi asupan makanan terbaik dari Royal Canin Mother and Baby Cat yang bisa Anda beli di Blibli. Tentunya dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang baik.

Blibli merupakan salah satu marketplace terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari. Berbelanja di Blibli pasti sudah terjamin soal kualitas barangnya. Jangan lupa juga untuk menggunakan promo-promo menarik saat berbelanja di Blibli.com.

[###]

Suka artikel ini? Silakan bagikan melalui media sosial kamu:
error: Content is protected !!