Gaya Hidup

Rutin Konsumsi Greek Yogurt Berfaedah Lho! Yuk, Simak 8 Fakta Ini

| dindindonk.com | Greek yogurt (istilah lainnya yaitu strained yogurt) mencuat dalam pusaran kegiatan yang menggalakkan gaya hidup sehat. Gerakan hidup sehat di kalangan milenial diikuti dengan booming berbagai makanan sehat. Banyak sekali jenisnya. Salah satu yang digandrungi oleh masyarakat terutama generasi milenial adalah Greek yogurt. Bagi kamu pecinta yogurt, pasti istilah Greek yogurt sudah akrab di telinga.

Nah, bagi yang belum tahu, mungkin penasaran apa perbedaan Greek yogurt dengan yogurt yang telah dikenal selama ini. Walaupun sama-sama menyandang nama yogurt, namun memang diantara keduanya memiliki perbedaan yang cukup kasatmata.

Ciri fisik yang paling mengentarakan yaitu wujudnya. Greek yogurt lebih kental dibanding dengan yogurt biasa. Kekentalannya menyerupai keju atau mentega. Perbedaan Greek yogurt dengan jenis yogurt lainnya secara fisik terlihat dari segi tekstur: lebih kental dan padat.

Perbedaan Greek yogurt dengan jenis yogurt lainnya secara fisik terlihat dari segi tekstur: lebih kental dan padat.

Selain ciri fisik, Greek yogurt juga memiliki kandungan yang berbeda ketimbang yogurt biasa. Kandungan laktosa lebih rendah pada yogurt jenis ini membuatnya menjadi sahabat kamu yang tubuhnya intoleran terhadap laktosa.

Banyak faedah mengonsumsi rutin Greek yogurt lho! Kuy, disimak beberapa faedahnya!

Greek yogurt lancarkan proses pencernaan dalam tubuh
Greek yogurt

| dindindonk.com | ilustrasi (foto: Stage 7 Photography on Unsplash)

Sama seperti yogurt biasa, Greek yogurt mengandung probiotik. Sebagai “bakteri baik”, probiotik membantu tubuh menyingkirkan “bakteri jahat” yang menjadi penyebab infeksi usus dalam tubuh. Dengan menyingkirkan bakteri jenis ini, maka pencernaan kamu menjadi lebih lancar. Perut pun terasa lebih “lega”.

Menjaga kesehatan organ pencernaan

Fungsi lain probiotik, selain melancarkan proses pencernaan dalam tubuh, juga membantu menjaga kesehatan usus. Probiotik yang banyak terkandung dalam yogurt akan menjaga usus dari infeksi disebabkan oleh bakteri jahat. Kesehatan saluran pencernaan, terutama usus kamu akan terjaga dengan baik bila rutin mengonsumsinya tiap hari. Imbas positifnya, usus yang terjaga kesehatannya akan otomatis meningkatkan daya tahan tubuhmu.

Membantu menurunkan berat badan
Greek yogurt

| dindindonk.com | ilustrasi (foto: Gesina Kunkel on Unsplash)

Sama halnya dengan yogurt, Greek yogurt adalah snack atau camilan sehat yang dianjurkan oleh para ahli gizi. Perbedaannya, karena tekstur yogurt lebih kental membuatnya lebih berasa sebagai makanan, ketimbang yogurt biasa yang lebih encer dan sering dianggap sebagai minuman.

Yogurt tidak membuat gemuk. Kombinasi kandungan probiotik, protein, dan kalsium yang terkandung di dalam Greek yogurt memicu produksi hormon-hormon “anti lapar”. Hormon tersebut yaitu peptide YY dan GLP-1. Porsi makan kamu praktis akan berkurang, dan makan lebih sedikit. Artinya kalori penyebab timbunan lemak dalam tubuh juga akan lebih rendah. Cocok buat kamu yang menjalankan program diet.

Greek yogurt cukup populer di kalangan remaja Eropa karena kemampuannya membuat tubuh kenyang lebih lama serta membakar lemak. Hal tersebut sangat cocok membantu mereka yang menginginkan tubuh yang ramping, tanpa merasa kelaparan karena mengurangi makan secara drastis.

Selain itu, yogurt membantu membakar lemak dalam tubuh. Protein tinggi yang terkandung didalamnya menyebabkan asam amino juga menjadi tinggi. Hal ini cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, juga cocok bagi yang ingin membentuk tubuh dengan menjalankan program diet tinggi protein.

Menunda rasa lapar

kandungan protein yang tinggi dalam Greek yogurt menyebabkan kamu lebih cepat merasa kenyang setelah mengonsumsinya. Perasaan kenyang lebih lama ini akan mampu menahan kamu terhindar dari godaan untuk makan cemilan. Biasanya godaan ini muncul karena sudah merasa lapar walau waktu makan belum tiba.

Sumber vitamin dan  mineral
Greek yogurt

| dindindonk.com | ilustrasi (foto: freestocks.org on Unsplash)

Diperkaya kandungan vitamin B-12 yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu juga mengandung magnesium, kalium, fosfor, zat besi, selenium, dan zink. Kandungan vitamin dan mineral dalam yogurt membantu tubuh menjaga fungsi otak serta kesehatan jantung dan kesehatan sistem saraf dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Memperkuat sistem imun tubuh
Greek yogurt

| dindindonk.com | ilustrasi (foto: Damir Spanic on Unsplash)

Kandungan mineral, vitamin serta gizi penting dalam Greek yogurt memiliki fungsi penting bagi sistem kekebalan (imun) tubuh. Yogurt dapat meningkatkan produksi sel T. Fungsi sel T dapat dianggap sebagai “prajurit”, yaitu salah satu sel darah putih di dalam tubuh. Tugasnya yaitu melawan penyakit yang masuk dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi 400 gram (minimal) yogurt secara rutin tiap harinya akan sangat membantu tubuh. Sistem imun tubuh kamu akan semakin meningkat kekuatannya dalam membantu mencegah infeksi, dan menghalau bakteri yang mencoba masuk ke dalam tubuh.

Memperkuat tulang sehingga dapat membantu mencegah ostoporosis
Greek yogurt

| dindindonk.com | ilustrasi (foto: Harlie Raethel on Unsplash)

Mengonsumsi yogurt kental ini secara rutin dapat menjaga kesehatan tulang kamu lho! Dengan memperkuat tulang, praktis akan menurunkan risiko terkena osteoporosis. Hal tersebut karena asupan ini kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D. Keduanya bekerja secara tandem untuk memperkuat tulang. Kalsium sangat dibutuhkan tulang untuk menjaga kekuatannya, dan vitamin D membantu kerja tubuh menyerap kalsium dengan lebih baik ke dalam tulang. Tulang kamu pun akan menjadi lebih sehat dan kuat.

Menjaga gigi dan gusi
Greek yogurt

| dindindonk.com | ilustrasi (foto: Lesly Juarez on Unsplash)

Fakta yang sering terlupakan adalah, bahwa dengan mengonsumsi yogurt juga membantu menjaga kesehatan gigi serta gusi. Yogurt tidak akan mengikis lapisan email gigi. Sementara, asam laktat yang terkandung dalam yogurt memiliki faedah memberikan perlindungan terhadap gusi dari risiko infeksi.

Nah, karena berbagai faedah dari Greek yogurt yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu,jadi jangan ragu lagi untuk menghadirkannya setiap hari. [END]

 

error: Content is protected !!