Gaya Hidup

Kamu Youtuber Lelah Hayati Butuh Inspirasi? Yuk Kulik #MoneySmartMenginspirasi Biar Semangat Lagi

#MoneySmartMenginspirasi

Kudapati dia sedang duduk lunglai di sudut salah satu kantin pinggir got di bilangan Sudirman, Jakarta.

“Hai, Dik! Kenapa kamu lunglai begitu?”

“Eh, ada Abang! Iya nih, aku cape’ banget deeeh,” keluhnya sambil menjawab dengan lesu.

Adik kelasku waktu kuliah dulu, Dika. Setelah memutuskan keluar dari rutinitas kantor yang sama denganku, dia aktif sekali dengan kegiatan barunya, yaitu menggapai keinginan menjadi seorang youtuber.

“Ya wajarlah capek. Namanya juga kerja menjemput rezeki,” timpalku.

“Iya sih Bang. Tapi ini lho, tidak cuma capek, tapi berasa sudah lelah sekali. Buntu inspirasi aku niih,” keluhnya lagi.

Berlanjutlah segala keluh kesahnya tentang berbagai kesulitan berkegiatan menjadi youtuber. Ternyata, melakukannya tidak semudah yang dibayangkan orang.

Menjadi Youtuber, Cita-cita Kekinian Generasi Zaman Now

Yup! Memang setiap perubahan generasi dan perubahan era praktis pun akan membawa cara pandang yang berbeda di masing-masing generasi dan era tersebut. Kalau dulu, profesi yang selalu disebutkan adalah menjadi astronot, dokter, guru, insinyur, atau pengacara. Tapi sekarang, Generasi milenial dan generasi Z memiliki keinginan yang berbeda. Sebagaimana survei yang pernah dilakukan terhadap 1000 responden anak-anak di Inggris tahun 2017 silam. Survei tersebut mengungkap tentang keinginan atau cita-cita anak-anak menjadi youtuber sebanyak 34 persen. Jauh mengalahkan keinginan menjadi seorang dokter, ataupun pengacara.

Di Indonesia pun demikian. Banyak yang ingin mengikuti jejak kesuksesan Atta Halilintar, Ria Ricis, Raditya Dika. Banyak juga artis yang sekarang beralih menjadi vlogger, sebut saja Raffi Ahmad atau Dedy Corbuzier. Followers atau pengikut Atta Halilintar pun menjadi yang tertinggi di seantero ASEAN.

Alasan menjadi youtuber

Lalu, kenapa sih ingin menjadi youtuber atau vlogger? Menurutku, ada beberapa hal yang didapat dengan menjadi youtuber.

Banyak yang melihat profesi sebagai seorang youtuber atau vlogger adalah sesuatu hal yang mudah. Padahal tidak seperti itu. Setiap kesuksesan membutuhkan perjuangan dan pengorbanan. Dan ada kalanya, seorang youtuber sebagaimana layaknya seorang blogger, juga mengalami kebuntuan ide. Kehampaan dari ilham untuk menghasilkan sebuah konten menarik dan mampu menarik perhatian netizen.

(Hmm, sama dong ya seperti aku, terkadang juga buntu ide seperti terhadang tembok tinggi besar)

Kebuntuan ide ini juga semakin dibuat parah dengan kondisi fisik yang berada di titik terendah. Belum lagi kritik ataupun haters yang membuat kamu benar-benar “jatuh terjerembab”. Duh, lelah hayati deh jadinya.

Tekanan untuk mencari konten menarik serta kreatif agar selalu dapat menarik perhatian netizen dapat membuat seorang youtuber menjadi stres. Di era digital yang serba cepat, netizen membutuhkan sesuatu yang serba baru, dan cepat berubah. Jadi, kalau tidak mampu menawarkan sebuah kebaruan, dalam waktu yang tidak lama, seorang youtuber pun akan terlupakan.

Mencari “obat” pulihkan semangat dan kreasi

Kadang kala untuk memulihkan perasaan dan lelah hati, kamu harus mencari sesuatu sebagai “obat” penawar rasa itu. Ada baiknya kamu mencari sumber bacaan sebagai inspirasi pulihkan semangat dan kreasi. Tidak perlu repot-repot mencari buku bacaan lho! Di era teknologi serba maju ini, arus informasi datang dalam bentuk digital di dunia maya. Hanya saja, kamu membutuhkan sumber informasi kredibel dan dapat dipercaya.

Lalu, bagaimana kamu, aku, kita, sebagai pembaca dan konsumen memilih sumber informasi kredibel dan dapat dipercaya itu?

#MoneySmartMenginspirasi

MoneySmart.id adalah media daring dengan kegiatan utamanya menyajikan berbagai ragam informasi serta tips finansial yang mudah dipahami oleh para generasi muda Indonesia. Kehadirannya sebagai literasi finansial, membuat para generasi milenial seperti kamu semakin paham tentang berbaagai hal terkait finansial. Selain itu juga untuk memberikan ide-ide inspiratif bagi pembacanya.

Portal daring finansial terpercaya

Yuk deh coba kamu kunjungi MoneySmart.id. Yaitu portal daring finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Salah satu tujuannya yaitu menjadi penuntun kamu dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Pada MoneySmart.id, terdapat beberapa menu pilihan, yaitu earn money, smart money, borrow money, dan lifestyle.

#MoneySmartMenginspirasi dindindonk.com

Earn Money. Menu ini berisi mengenai berbagai ide karir, bisnis, pekerjaan sampingan, serta inspirasi untuk pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan kesukaan kamu.

Smart Money. Sesuai namanya, menu ini akan membuat kamu makin smart alias pintar tentang berbagai berita seputar finansial terkini, mulai dari investasi, tabungan, budgeting (anggaran), sampai dengan asuransi. Wah, lengkap ya!

Borrow Money. Pada menu ini, kamu dapat menemukan berbagai informasi seputar pinjaman, kartu kredit, serta utang. Beberapa tips menarik juga tersaji di menu ini.

Lifestyle. Last but not least. Menu paling bawah dari daftar yang ada memberikan informasi tentang hal-hal keseharian dan gaya hidup. Mulai dari urusan belanja, kuliner serta traveling, seputar otomotif, hunian, dan ragam.

Lebih dari sekedar bicara tentang finansial

Tapi tidak hanya itu lho! MoneySmart.id memiliki komitmen dan dedikasi untuk menghadirkan konten yang kreatif dan inspiratif. Selain memberikan banyak pengetahuan bermanfaat tentang finansial, MoneySmart.id juga banyak menghadirkan kisah-kisah inspiratif penuh faedah bagi daya semangat dan kreativitas kamu.

#MoneySmartMenginspirasi mengapa memilih moneysmart

Tuh, cocok banget kan! Apalagi kamu yang ingin menapaki  jalan sebagai youtuber dan vlogger sukses. Kamu wajib kulik alias kupas dan telisik portal daring ini. Karena, MoneySmart.id juga mengangkat kisah-kisah inspiratif youtuber sukses. Nah! Kisah-kisah para youtuber dalam #MoneySmartMenginspirasi ini akan membuat kamu tidak lagi lelah hayati. Dan pastinya, kamu jadi semakin semangat serta kreatif. Kuy dikulik!

#MoneySmartMenginspirasi dari kisah youtuber sukses

Siapa sih yang tidak mengenal Nissa Sabyan, Ria Ricis, Skinnyfabs, atau youtubers lainnya yang memang beken-beken? MoneySmart banyak bercerita seputar kisah-kisah kesuksesan mereka lho! Dari kisah-kisah tersebut, kamu dapat menapaki lika-liku sukses mereka sebagai youtuber dari awal perjalanannya. Kamu dapat belajar banyak dari kisah-kisah mereka itu.

Kalau kamu ingin tahu tentang kisah perjuangan Nissa Sabyan dari sekedar mendapatkan tarif manggung sebesar 3 juta Rupiah hingga mendapatkan bayaran dari Youtube milyaran Rupiah, kamu bisa kepoin disini.

#MoneySmartMenginspirasi

Penasaran kisah Ria Ricis menjadi youtuber terkaya? Kamu bisa langsung baca kisahnya di #MoneySmartMenginspirasi. Dijamin kamu pasti ingin buru-buru mengikuti kesuksesannya. Semangat!

#MoneySmartMenginspirasi

Sebagai youtuber, kamu dapat mencontoh kisah kesuksesan Skinnyfabs dan para youtuber lainnya memanfaatkan kemahiran mereka dalam berbahasa asing. Yuk ditengok!

#MoneySmartMenginspirasi

 

Pelajaran Dari Kisah Sukses Para Youtuber

Setelah membaca beberapa kisah sukses para youtuber ini, ternyata kita dapat memetik hikmah, dan harus! Karena pelajaran terbaik yaitu belajar dari pengalaman orang lain. Menurutku, kisah kesuksesan para youtuber ini mengajarkan beberapa hal penting.

#MoneySmartMenginspirasi Pelajaran dari kisah sukses youtubers

Gigih dalam berusaha. Kalau bahasa kerennya itu: persistence. Coba deh kamu simak perjalanan dan perjuangan Nissa Sabyan. Yang awalnya mendapatkan honor sebesar 3 juta Rupiah sekali manggung. Tapi itu tidak membuatnya patah semangat lho. Ia selalu gigih dalam setiap usahanya. Dan, kegigihannya itu terbayar dengan segala pencapaiannya saat ini.

Menampilkan yang berbeda. Tengok deh Ria Ricis. Pada awalnya, Ria Ricis adalah seorang selebgram yang konsisten dengan konten-konten lucu. Rupanya konten-konten tersebut banyak menarik perhatian followernya. Kian lama, semakin bertambah. Dan Ria Ricis pun tetap konsisten dengan konten-konten yang telah membesarkan namanya itu.

Membawakan sesuatu yang kamu disukai. Contohlah Skinnyfabs, Fathia Izzati, dan Turah Parthayana. Mereka adalah bukti kesuksesan para youtuber tenar karena membawakan sesuatu yang mereka sukai dan mahir di bidangnya, yaitu bahasa asing. Sesuatu yang dikerjakan karena kamu sukai pasti akan selalu terpatri di hati, serta akan selalu kamu lakukan dengan senang dan ceria.

Jadikan kritik sebagai masukan. Intip deh berbagai percakapan di media sosial mereka. Pasti tidak hanya pujian, tapi juga caci maki ataupun kritik para haters dan juga orang-orang yang iri, termasuk yang tidak suka dengan kesuksesan mereka. Jadilah orang cerdas yang menjadikan kritik sebagai masukan dan saran. Jangan jadikan itu sebagai cacian, tapi sebagai cambuk untuk membuat kamu lebih baik.

Penutup

Semua orang, termasuk aku, ada masanya mengalami kebuntuan dalam menggali ide-ide serta gagasan yang menarik. Salah satu solusiku adalah dengan banyak membaca. Nah, dengan MoneySmart.id ini, pasti banyak sekali kisah yang dapat menggugah ide, semangat serta inspirasi untuk berbuat lebih baik lagi. Jadi, bagi Kamu Youtuber Lelah Hayati Butuh Inspirasi? Yuk Kulik #MoneySmartMenginspirasi Biar Semangat Lagi!

[END]


Artikel ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog MoneySmart.id
sumber:

  • Artikel DailyMail.co.uk: Forget being a nurse or doctor, three quarters of today’s children would rather be YouTubers and vloggers >>> https://www.dailymail.co.uk/news/article-4532266/75-cent-children-want-YouTubers-vloggers.html
  • Artikel: Nissa Sabyan dari Tarif Manggung Cuma Rp 3 Juta Kini Digaji YouTube Rp 35 M! >>> https://www.moneysmart.id/gaji-nissa-sabyan/
  • Artikel: Kalahkan Raditya Dika, Ini yang Bikin Ria Ricis Jadi Youtuber Terkaya >>> https://www.moneysmart.id/ria-ricis-youtuber-terkaya-di-indonesia-banyak-sumber-duit/
  • Artikel: Bukan Cuma Skinnyfabs, Para Youtuber Ini Tenar Berkat Kepandaian Berbahasa Asing >>> https://www.moneysmart.id/skinnyfabs-dan-youtuber-indonesia-yang-tenar-karena-jago-bahasa-asing/
  • Nissa Sabyan: Instagram @nissa_sabyan
  • Ria Ricis: Instagram @riaricis1795
  • Skinnyfabs: Instagram @skinnyfabs
  • Foto menu moneysmart.id: dokumentasi pribadi
  • Sumber foto cover: Instagram Atta Halilintar @attahalilintar, diolah mandiri
  • infografis: olah mandiri

 

error: Content is protected !!