Gaya Hidup

Ide Kreasiku, Jadi Bisnis Sambil Selamatkan Lingkungan

 

Lalu terlintas sebuah ide lama di kepala. Aku selalu berangan-angan memiliki bengkel interior sendiri. Berawal dari masa kuliah dulu. Walau sempat bergelut di bidang desain arsitektur dan interior, tapi kemudian kegiatanku di bidang lain membuat bisnis di bidang tersebut menjadi terlupakan.

Kini, hasrat untuk memulai lagi bisnis ini kembali mencuat. Kali ini aku ingin mencoba lebih fokus. Aku ingin lebih dalam menggarap interior. Selain ada interior secara umum, aku ingin ada produk spesifik. Bahkan lebih khusus lagi, ingin membuat barang-barang perabot interior dari barang bekas. Tentu saja akan diolah agar memiliki nilai ekonomi yang menguntungkan.

Berkreasi dengan barang bekas, ada nilai manfaat dan nilai jualnya lho! Kamu pasti banyak mendapati barang bekas di sekitarmu? Ternyata itu bisa dan harus dimanfaatkan. Kebanyakan dari kita, setelah menggunakan sesuatu pasti akan membuangnya. Sebut saja deh, barang-barang seperti kaleng, kardus, atau apa saja yang mungkin itu sudah tidak terpakai.

Padahal bisa banget jika mau berpikir kreatif, barang-barang bekas tersebut dijadikan sesuatu yang lebih bermanfaat dan tentu mempunyai nilai ekonomis tinggi. Tentunya memang butuh proses. Selain itu juga diperlukan ketelatenan, kerajinan serta insting yang tepat. Jadi, dengan itu semua, dapat mendesain lalu menghasilkan suatu produk barang yang tentunya lebih baik dan memiliki nilai jual.

Banyak sekali contoh yang bisa dilihat melalui internet tentang pemanfaatan barang-barang bekas. Tidak sekedar menjadi barang yang benar-benar baru, tapi juga memiliki nilai ekonomis yang tidak kecil serta memiliki manfaat.

dindindonk.com

Beberapa contoh kreasi pemanfaatan barang bekas

Walau belum final, sudah ada beberapa desain yang akan aku buat nanti. Pastinya, dengan memanfaatkan tumpukan kayu bekas, kardus bekas, serta botol-botol plastik bekas. Tapi tentunya akan dibuat eksklusif, hanya dibuat terbatas. Ketika produk tersebut habis, akan ada produk lain yang mungkin sejenis, tapi tidak persis sama. Jadi pembelinya akan mendapatkan produk eksklusif karena hanya bisa dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Selain itu, dibuat sistem pre-order. Ada pesanan, ada barang. Keren kan?

Ternyata, dari pemikiran ide kreasiku menjadi bisnis ini aku mendapatkan beberapa hal penting.

dindindonk.com

Kreasiku jadi bisnis?

Wah, ternyata. Bila kreasiku ini jadi bisnis dan dikelola secara serius banyak juga faedahnya. Jadi semakin semangat nih! Sudah ada beberapa ide untuk segera dituangkan menjadi produk.

Ah kamu. Hari gini, di era yang serba digital dan memudahkan ini masih bingung juga bagaimana cara memasarkan produk hasil kreativitas kamu? Kan ada Blibli.com. Sebagai sebuah marketplace, Blibli.com ini mendorong pengusaha lokal lho!

 

Yuk kepoin Kreasiku Blibli.com!

Di laman depan Blibli.com, silakan klik menu, dan kamu akan menemukan Kreasiku di daftar paling atas.

Kreasiku BliBli.com adalah marketplace yang disediakan bagi para pengusaha lokal untuk memasarkan produk-produk buatannya sendiri., Di Kreasiku Blibli.com, kamu akan menemukan berbagai koleksi produk kreasi lokal.

Hm..memangnya ada apa saja di Kreasiku Blibli.com? Coba deh kamu kepoin! Di lamannya, kamu bisa melihat beberapa hal yang menjadi keunggulan. Mulai dari kategori yang ditawarkan, kemudian alasan belanja di Kreasiku. Dan pastinya, Kreasiku mendorong inspirasi kreatif untuk mendorong pemberdayaan perempuan (woman empowerment), mendorong bisnis keluarga (family business) lebih berkembang. Dan ini! Sesuai dengan ide Kreasiku bila dikembangkan sebagai bisnis, yaitu mendorong produk-produk ramah lingkungan (eco-friendly). Keren deh!

dindindonk.com

sumber: laman Kreasiku Blibli.com

Dari catatanku, ada beberapa kebaikan yang ditawarkan Kreasiku Blibli.com.

Wah beneran deh. Sekarang sudah tidak ragu lagi. Tinggal daftar dan langsung bergabung di sini. Sebagai penjual, aku bisa langsung menawarkan produk hasil karya sendiri di sini. Ternyata mudah lho! Bisa langsung jualan. Apalagi yang ditunggu? Kuy, jadi semakin semangat jadikan produk dan karya sendiri sebagai bisnis yang menjanjikan. (dindindonk.com)

error: Content is protected !!