Gaya Hidup

Balada Jatuh Hati Pada Laptop Idaman: ASUS Vivobook Flip TP410

 

| dindindonk.com | Sambil berjalan pelan, menyeret kaki yang terasa berat, diriku memasuki salah satu mal ibukota. Letaknya di daerah selatan, dan sudah terkenal karena menjual banyak produk elektronik. Langkah berat sambil memanggul tas yang isinya juga tidak ringan. Laptop yang sudah menjadi kawan seperjalanan selama beberapa tahun terakhir. 5 tahun tepatnya, sang laptop menemani, dari satu presentasi ke presentasi lainnya untuk mengejar target kerjaan, atau dalam rangka meyakinkan klien dan mengambil suatu proyek kerjaan, ataupun untuk sekedar dibawa dan kerja sambil nongkrong di keramaian.

Bukan apa-apa. Mampir di sini, selain untuk melepas penat sehabis melakukan presentasi di gedung perkantoran yang letaknya tidak jauh dari mal, juga sekalian mau mendinginkan badan dan pikiran, sambil mencuci mata tentunya. Lantai demi lantai kususuri, sampai akhirnya tiba di bagian komputer, laptop dan perlengkapan lainnya. Sapuan mataku berhenti di sebuah laptop yang dipajang salah satu toko disitu.

Perlahan aku mendekati, tanpa melepas pandangan dari laptop itu. Tiba-tiba ada yang berseru: “Hei! Hati-hati dong kalo jalan! Pake mata tauuuk!” suara galak seorang wanita memecah konsentrasi dan pandanganku. “Oh maaf mbak. Maklum, perut kosong belum makan. Sekali lagi maaf ya,” ujarku berbasa basi sambil meminta maaf dan tersenyum. “Hhhh, dasar!,” wanita itu menghardik, dan sambil menjauh dia berkata, ”Lain kali hati-hati ya!”. “Baiklah,” sambil terus tersenyum aku menjawab dalam hati.

Nah, sesudah ‘insiden’ itu, kembali aku menatap laptop yang membuat diriku tertegun tadi. Kubaca keterangan laptop tersebut. ASUS Vivobook Flip TP410. Di display tersebut ada beberapa laptop ASUS Vivobook Flip TP410 dengan berbagai  posisi. Masing-masing posisi itu ada keterangannya, yaitu media stand, powerful laptop, responsive tablet dan share viewer . “Wuihhh, Keren amat!” batinku berteriak.

Kuperhatikan masing-masing display ASUS Vivobook Flip TP410. Ternyata laptop ini fleksibel sekali, ada empat posisi. “Keren!” kali ini tanpa sadar bibirku menyebut kata itu. Tiba-tiba ada yang memanggilku dan memecah keheningan. “Permisi mas, ada yang bisa dibantu?” Setelah kulihat, ternyata pramuniaga toko yang menjual laptop ini. “Boleh masuk dulu, sambil tanya-tanya,” lanjutnya ramah. “Oh iya mbak, nanti saja, mau lihat-lihat dulu,” sambil tersenyum aku ngeloyor pergi.

Perlahan aku melangkah menjauh, tapi pikiranku tidak dapat melupakan laptop tersebut. Penasaran sekali dibuatnya. Akhirnya langkahku berhenti di depan sebuah kedai kopi di dalam mal tersebut. Lalu melangkah masuk dan memesan kopi serta beberapa kue. Memang biasanya, sehabis presentasi, pasti menyempatkan diri untuk mampir dan mereview hasil presentasi yang baru dilakukan. Tapi kali ini hal tersebut tidak dilakukan. Diriku sibuk browsing mencari informasi tentang  ASUS Vivobook Flip TP410.

ASUS Vivobook Flip TP410

Contoh variasi display ASUS | #2018GantiLaptopASUS (dindindonk.com)

Dan semakin aku membaca informasi mengenai ASUS Vivobook Flip TP410, semakin diri ini tenggelam oleh keinginan memiliki laptop tersebut. Bukan apa-apa, tapi laptop ASUS Vivobook Flip TP410 memiliki keunggulan yang dapat mempermudah hidup.

Secara garis besar, ada beberapa keunggulan utama yang ditawarkan oleh ASUS Vivobook Flip TP410.

Ramping dan ringan

Yang pertama adalah ramping serta ringan. Bayangkan saja, dengan bobot seberat 1.6 kg tentu saja sangat ringan. Selain itu, ukurannya juga cukup praktis, memiliki layar berukuran 14 inci dan ketebalan hanya 1,92cm.


“WOW, Tipis!” batinku berkomentar kagum. Dibanding laptop kepunyaanku sekarang yang cukup berat, dan sangat tebal ukurannya. Kalau dibawa-bawa berkeliling memang cukup menjadi beban.

Bayangkan aku memiliki ASUS Vivobook Flip TP410 yang ramping dan ringan ini. Langsung terbayang lincahnya diriku membawanya kemana-mana, ditaruh didalam ransel, tanpa terasa berat, tanpa menjadi beban. Sangat cocok untuk kegiatan yang membutuhkan mobilitas tinggi serta lincah dan cepat. “Ya iyalah, beban hidup sudah berat bro, ga perlu ditambah dengan beban laptop yang juga berat,”  suara batinku menggoda.

Disamping ramping dan ringan, ASUS Vivobook Flip TP410 dibungkus dengan chassis aluminium lho. Jadi kesan mewah turut ditonjolkan oleh laptop ini. Tidak memakai chassis plastik, jadi yakin kalau laptop ini lebih kuat daya tahannya.

ASUS Vivobook Flip TP410

#2018GantiLaptopASUS (dindindonk.com)

Sambil tersenyum, aku membayangkan laptop ini pasti sanggup membuat orang lain menoleh iri. “Coba deh bayangin, dengan desain modern dan stylish berbalut metal bergaya hairline design yang diselimuti dengan warna grey aluminium, WOW!” makin gemes aku ingin memiliki laptop ini.

Tiba-tiba ada suara memecah lamunan senyumanku. “Permisi Mas. Ini pesanannya sudah jadi,” suara pelayan kafe, sambil tersenyum meletakkan pesananku. “Terima kasih Mbak,” sambil membalas senyumannya.

Setelah menyeruput kopi pesananku, aku pun melanjutkan penggalian informasi tentang ASUS Vivobook Flip TP410 ini.

Teknologi dan desain NanoEdge Display

Poin kedua yang menjadi keunggulan laptop ASUS Vivobook Flip TP410 yaitu NanoEdge Display.

Teknologi yang dikembangkan ASUS ini mampu memaksimalkan ukuran layar kedalam ukuran body laptop yang lebih kecil. Bahkan, dengan rasio layar-ke-tubuh (screen-to-body ratio) 78,7%, Ini menunjukkan bahwa ASUS telah berhasil menyesuaikan layar Full HD 14 inci ke dalam ukuran bingkai yang khas dari laptop 13 inci. WOW! Hal ini jelas tidak mudah, namun bingkai 8mm NanoEdge yang sangat sempit membuatnya memungkinkan.


”Pantas saja, body kecil tapi tampilan layar yang besar. Dengan pinggiran (bingkai) layar sangat sempit, seolah-olah tanpa bingkai (bezel-less display),” gumamku sambil kemudian menambahkan, “Ini nih, yang membuatnya makin terlihat ramping dan kompak,”  sambil menggeleng-gelengkan kepala penuh kekaguman.

Penggunaan teknologi dan desain apik NanoEdge Display yang disematkan pada ASUS Vivobook Flip TP410 membuatnya memiliki tampilan layar yang luar biasa, dengan area layar yang lebih besar pada body yang lebih kecil, membuatnya memiliki tampilan yang lebih mendalam dan luas.

Jangan lupa, kalau layar ASUS Vivobook Flip TP410 sudah Full HD screen. Tidak hanya tampilan Full HD, tapi juga menampilkan wide-view 178 technology, artinya tampilan layar dapat dillihat jelas, bahkan dari sudut 178 derajat, dengan tetap memastikan tampilan warna dan kontras tetap hidup dan berani bila dilihat melalui sudut  tajam tersebut.


“Sempurna! ini solusi penting banget buat presentasiku!”  Ya, dengan fasilitas ini, dengan mudahnya dapat mempresentasikan hasil karyaku kepada klien, teman atau kolega dengan lebih baik.

Oh ya, layarnya juga sudah touch screenlho! Bisa dibayangkan presentasi  dengan fasilitas layar sentuh, pasti lebih mudah dan lebih menggigit. “Benar-benar laptop idaman nih,” bisikku. Ya wajarlah, karena memang sudah lama aku menginginkan laptop dengan fasilitas layar sentuh seperti ini. Layar sentuh ini ultra sensitif, karena mampu mendeteksi gerakan sampai dengan jarak 6 mm (ultra-accurate touch) dari layar.

ASUS Vivobook Flip TP410

#2018GantiLaptopASUS (dindindonk.com)


“Wah, jelas membantu banget kalau bikin konten kreatif seperti lukisan dan infografis,” tuturku antusias. Ya, dengan fitur seperti ini, peletakan dan penggambaran dapat aku lakukan dengan presisi dan rapi. “Praktis nih, karena tak perlu lagi membawa-bawa peralatan lain ke mana-mana,” tambahku. Tak lupa, ASUS Vivobook Flip TP410 juga akan semakin sempurna dan mengasyikkan dengan memakai ASUS Pen (dibeli terpisah). “Wah, makin prestisius aja ya,” ujarku sambil tersenyum sumringah.

Fitur keamanan teknologi fingerprint sensor

Lalu, keunggulan ketiga, ASUS Vivobook Flip TP410 juga dilengkapi dengan fitur keamanan canggih, yaitu dengan menyematkan teknologi Fingerprint Sensor.

“Penting nih!” Seruku bersemangat. Wajar saja, dengan mobilitas tinggi, membawa laptop kemana-mana juga praktis meningkatkan risiko entah itu tertinggal, atau bisa juga dirampas karena jadi korban kejahatan. Penggunaan teknologi Fingerprint Sensor ini untuk melindungi data dalam laptop, karena praktis tidak dapat digunakan oleh orang lain selain pemiliknya.

Nah, teknologi Fingerprint Sensor tidak hanya memberikan keamanan, tapi juga bisa lebih mudah dan cepat akses ke laptop dan fitur di dalamnya, yaitu fitur Windows Hello. Ingat ya! Fitur ini umumnya baru bisa dijumpai pada laptop-laptop kelas premium. Fitur Windows Hello ini memberikan kemudahan akses bagi pemilik laptop, karena hanya dengan sentuhan jari, bisa langsung masuk dan terakses ke Windows 10 yang sudah diinstalasikan dalam ASUS Vivobook Flip TP410 ini (One-touch access with Windows Hello).

Kira-kira seperti ini tampilan ASUS Vivobook Flip TP410 dengan Windows 10:

ASUS Vivobook Flip TP410

#2018GantiLaptopASUS (dindindonk.com)

Dan juga contoh satunya lagi seperti ini:

#2018GantiLaptopASUS (dindindonk.com)

 

“Wow, fitur keamanan canggih dan bikin hidup lebih mudah,” senyumku semakin melebar saja dengan adanya fitur ini.

ASUS Vivobook Flip TP410

#2018GantiLaptopASUS (dindindonk.com)

…Slurrp…slurrp….tidak henti-hentinya aku menyeruput kopi seraya mengagumi laptop ini. Tanpa terasa kue pesananku sudah habis. Tapi aku masih belum puas menggali keunggulan ASUS Vivobook Flip TP410 yang sudah membuatku jatuh hati.

Display dalam 4 mode

Poin keempat yang menjadi keunggulan dari ASUS Vivobook Flip TP410 ini, yaitu dengan menampilkan empat mode display. Aku langsung teringat pandangan pertama pada laptop ini pada display toko beberapa saat lalu yang menyajikan 4 tampilan mode laptop, yaitu yaitu media stand, powerful laptop, responsive tablet dan share viewer. Masing-masing tampilan mode memiliki keunikan tersendiri yang membuat laptop ini berada pada level tersendiri dibanding laptop lainnya.

Sesuai dengan kata “flip“ yang tersemat pada namanya, secara harfiah dapat diartikan ‘membalik’.

Bila ingin menggunakan mode media stand, cocok sekali dikala melakukan presentasi kepada klien. Presenter dapat tetap mengendalikan tampilan pada laptop, namun tetap memberikan pandangan dan perhatian kepada klien.

Mode berikutnya yaitu mode powerful laptop. Nah, mode ini dapat dikatakan mode laptop normal pada umumnya.

Lalu ada mode responsive tablet. Biasanya digunakan sambil bersantai. Caranya dengan melipat layar sampai kedua bagian tutup bertemu.


”Cocok nih, sambil tiduran santai di sofa, membaca referensi, membaca ebook, atau untuk sekedar mencari konten multimedia,” demikian celetuk dalam hati.

Atau bila mendapatkan inspirasi untuk melukis dan menyunting gambar. Semuanya dilakukan dengan hanya menyentuh layar saja. Bila membutuhkan akurasi tinggi, seperti serta hal-hal lainnya yang membutuhkan presisi seperti menentukan titik untuk memotong musik dan video, hal tersebut dapat menggunakan bantuan ASUS Pen (dibeli secara terpisah).

Mode berikutnya cukup unik, karena bentuknya yang menyerupai tenda. Mode shared viewer namanya. Sesuai dengan namanya ‘share’ atau berbagi, kegunakan mode ini bila ingin sharing atau membagi tontonan bersama teman, klien, ataupun kolega, baik itu berupa video, animasi, ataupun presentasi dari jarak yang lebih dekat.

“Wow, acara kongkow-kongkow bareng temen bisa makin seru nih,” sambil membayangkan keseruan berkumpul sambil menonton menggunakan ASUS Vivobook Flip TP410.

#2018GantiLaptopASUS (dindindonk.com)

“Luwes bener…” pujiku. Keunggulan tampil dalam empat mode yang berbeda jelas akan memudahkan pekerjaanku bila ingin mempresentasikan pekerjaan pada klien. Atau, bila sekedar ingin bekerja, sambil menuangkan gagasan, posisi tidak statis hanya duduk di kursi sambil mengetik, tapi juga dapat duduk santai.

Fitur lainnya tak kalah menggoda

Di luar empat keunggulan utama dari ASUS Vivobook Flip TP410 yang sudah disebutkan tadi, ternyata masih ada seabrek hal-hal lain yang juga menjadi kelebihan laptop idaman ini.

Kapasitas prosesor dan memori mumpuni. Menggunakan prosesor Intel Core i7 generasi ke 7 dengan memori 16GB dan grafis diskrit NVIDIA GeForce MX130, ASUS Vivobook Flip TP410 memberikan kinerja maksimal dan hemat energi. Belum lagi bila mengintip kapasitas penyimpanannya, HDD sebesar 1TB. Dapat dipastikan ASUS Vivobook Flip TP410 memiliki lebih dari cukup ruang untuk menyimpan file presentasi bisnis, album foto, dan pustaka multimedia. Belum lagi dengan sematan RAM berteknologi DDR4 berkecepatan 2133 Mhz, memberikan ruang memori berkapasitas besar dengan kecepatan tinggi.

“Hm, tenaga dan kapasitasnya mumpuni banget untuk mendukung pekerjaanku,” tak henti-henti aku mengagumi laptop ini. “Benar-benar dapat diandalkan untuk menunjang kinerja serta efisiensi.”

Kekuatan baterai dapat diandalkan. Bayangkan saja, dengan baterai tiga sel berkapasitas 42Wh, ASUS Vivobook Flip TP410 dapat bertahan seharian karena dipadukan dengan komponen hemat daya.

“Benar-benar cocok dengan mobilitas dan portabilitas ku,” sambil mengingat kegiatan pekerjaan dengan laptopku memang membutuhkan laptop dengan kekuatan baterai andalan.

Tidak hanya itu, waktu pengisian baterainya pun cepat. Hal ini cukup diperhatikan oleh ASUS, mengandalkan adaptor bertegangan 19VDC dan berarus 3.42A sehingga menghasilkan daya sebesar 65W, dan mampu mengisi baterai dengan cepat.

ASUS pun benar-benar mengerti problema umur baterai yang cepat rusak di laptop lain. Untuk menghindarinya, ASUS telah membekali dengan teknologi Battery Health Charging.

Fitur ini akan memperpanjang umur baterai sekaligus mengurangi kemungkinan kerusakan akibat membengkaknya baterai. ASUS mengaturnya dengan batas pengisian dalam tiga mode pengaturan.

Pertama, tingkat 60% (maximum lifespan, berhenti mengisi di level 60% dan mengisi kembali jika kapasitas sudah turun ke level 58%).

Kedua, 80% (balanced mode, berhenti mengisi di level 80% dan mengisi kembali jika kapasitas sudah turun ke level 78%).

Level ketiga di 100% (full charging capacity).

Mode pengaturan 60% dan 80% cocok digunakan bila melakukan pengisian baterai dalam kondis laptop sedang hidup. Sementara, mode 100% digunakan ketika pengisian baterai  dilakukan ketika laptop dalam kondisi sedang tidak dinyalakan.

Webcam dengan resolusi VGA. Fitur ini cukup bermanfaat untuk melakukan panggilan video langsung dari laptop, ataupun kegiatan conference call dengan klien.

Speaker 2W dengan teknologi SonicMaster, ASUS Golden Ear, dan ICE Power. Tidak ketinggalan, ASUS memanjakan telinga para pemakainya dengan speaker berkualitas yang menghasilkan suara jernih, merdu, dan nyaring, ASUS juga menyediakan satu port 3.5mm sebagai jack microphone-in sekaligus headphone-out.

Kegunaan port tersebut untuk merekam dan mendengarkan suara di tempat umum tanpa mengganggu orang lain. Creative audio content maker jelas akan sangat terbantu dengan fitur ini. Kegiatan santai sambil mendengarkan musik ataupun menonton film dilengkapi dengan speaker seperti ini akan memberikan kenyamanan dan pengalaman yang menyenangkan.

Koneksi WiFi. Pada ASUS Vivobook Flip TP410, sudah tersemat WIFI dual-band 802.11ac. Dengan demikian, dapat digunakan untuk internet nirkabel baik di rumah, kantor, maupun tempat publik.

“Tinggal cari wifi yang tersedia, atau paket data, tinggal nyambung deh, mantap!” ujarku riang. Bukan apa-apa, era generasi milenial dengan mobilitas tinggi jelas membutuhkan koneksi yang mudah, dan laptop ini sudah menyediakan hal tersebut.

Kekuatan engsel terjamin.Untuk mendukung berbagai tampilan mode yang ditawarkan, ASUS Vivobook Flip TP410 harus memiliki engsel yang lentur tapi kuat. ASUS sudah melakukan tes buka-tutup (hinge test) dan membuktikan bahwa laptop ini aman hingga siklus 20.000 kali. “Terjamin lah pokoknya,” ujarku tanpa ragu.

Keyboard Backlit dan Chicklet .Untuk Keyboard backlit tidak tersedia untuk seluruh seri (tidak tersedia di seri TP410UR dan TP410UA dengan prosesor Intel Core i3). Kegunaannya adalah untuk membantu mengetik di kegelapan, karena lampu papan ketik akan menyala (backlit). Sementara, ASUS menyediakan chicklet keyboard dengan ukuran full-size. Dengan demikian, para penggunanya tidak perlu beradaptasi lagi dengan ukuran tombol keyboard laptop ini sebelum memulai kegiatan mengetik.

Konektivitas yang komprehensif. ASUS Vivobook Flip TP410 menyediakan port USB Type-C yang revolusioner untuk koneksi any-way-up dan transfer data super cepat. Ditambah dengan satu port USB 3.0, dua port USB 2.0 standar dan HDMI untuk menghubungkan ke berbagai perangkat dan periferal. “Mengerjakan tugas dan proyek pekerjaan akan semakin menyenangkan tentunya,” demikian aku mengomentari konektivitas yang cukup komplit ini.

#2018GantiLaptopASUS (dindindonk.com)

Berbagai Varian sesuai kebutuhan dan kemampuan

Ternyata ASUS pun telah menyiapkan berbagai varian bagi yang berminat terhadap ASUS Vivobook Flip TP410.

ASUS Vivobook Flip TP410

Varian pertama, ASUS VivoBook Flip 14 TP410UF. ASUS memadukan prosesor Intel Core i7-8550U, RAM 8GB, kartu grafis NVIDIA GeForce MX130, dan penyimpanan berupa SSD 128GB ditambah HDD 1TB. Keterangan resminya dapat diintip disini.

Varian berikutnya, ASUS VivoBook Flip 14 TP410UR. ASUS menyediakan empat pilihan produk dengan variasi mesin sesuai kebutuhan dan kemampuan. Keterangan resminya dapat diintip disini.

Varian terakhir, Asus Vivobook Flip 14 TP410UA. Varian ini mengandalkan kartu grafis internal yaitu Intel HD Graphics 620. ASUS menawarkan tiga pilihan, dan dapat dilihat disini.


Aku telah siap ganti laptop lama dengan ASUS Vivobook Flip TP410

Tanpa terasa, kopi dan kue pesananku telah habis. Tapi perasaan sumringah yang membuncah membuat hatiku kian mantap. Cinta pandangan pertama dari mata telah turun ke hati. “Wah, sudah manteb ini…” cetusku. Ya, aku harus memiliki ASUS Vivobook Flip TP410 sebagai mitra kerja yang akan membantuku meningkatkan kinerja pekerjaanku ke depannya.

Membandingkannya dengan laptopku saat ini sudah jelas beda kelas. Bila nanti aku memiliki ASUS Vivobook Flip TP410, tidak akan ada lagi beban berat, karena laptop ini ringan dan mudah dibawa. Disamping itu juga aman, karena ada teknologi fingerprint sensor. Lalu, dengan teknologi layar monitor NanoEdge Display, jelas akan sangat membantuku mengerjakan pekerjaan-pekerjaan grafis, karena dapat memberikan tampilan yang lebih sempurna. Dan lagi, dapat tampil dalam 4 mode. Sudah terbayang, berbagai presentasiku akan menjadi lebih meriah serta meyakinkan dengan laptop pujaan hati ini.

Belum lagi fitur-fitur lainnya yang tidak dapat dikesampingkan. Dukungan mesin processor yang prima jelas aku butuhkan untuk mendukung pekerjaanku. Bukan apa-apa, tapi kalau memilih laptop, cenderung terlalu memilih dan banyak pertimbangan. Tapi, begitu menggali berbagai kelebihan yang ditawarkan ASUS Vivobook Flip TP410, hati ini sudah haqqul yakin. “Sudah manteblah pokoknya!”

ASUS Vivobook Flip TP410 akan menjadi mitra utama yang mendukung penuh pekerjaanku. Ia akan menjadi temanku dalam menulis di blog. Ia juga akan menjadi temanku yang membantuku berkomunikasi, terhubung dengan orang lain, mulai dari teman, kolega, klien, ataupun yang terkasih. Mengembangkan wawasan? ASUS Vivobook Flip TP410 juga akan menjadi temanku belajar, dengan bantuan pre-installed Windows 10 dan kelengkapan port. Terus belajar dan berkembang. Ia juga akan jadi teman nongkrong terbaik dengan sarana hiburan yang siap menemaniku kapanpun, dimanapun. WOW! ASUS Vivobook Flip TP410 lengkap banget. I really need to have this!


“Nah, sebelum mengakhiri…ada baiknya bergaya bersama laptop lama….sambil komat-kamit merapal ajian ASUSLaptopku, 2018GantiLaptopASUS….aamiin ya Rabb,” ujarku mantap.

ASUS Vivobook Flip TP410

YES! | #2018GantiLaptopASUS (dindindonk.com)

Ditambah utak-atik sedikit buat video singkat tentang ASUS Vivobook Flip TP410, dan kembali aku merapal ajian ASUSLaptopku, 2018GantiLaptopASUS, aamiin ya Rabb…yakin doanya sampai:

Hmmm, rasanya belum lengkap kalau belum melihat video review yang banyak terdapat di Youtube. Video dari NerdReview sepertinya bisa menjadi acuan lengkap tentang ASUS Vivobook Flip TP410:

Biar makin ngiler melihat penampakan ciamik ASUS Vivobook Flip TP410, tidak lupa ditampilkan proses unboxing ASUS Vivobook Flip TP410 dari GadgetApa:

“Wow saking senengnya dengan ASUS Vivobook Flip TP410, hampir tidak henti-hentinya bercerita. Penuh semangat!” ujarku pada diri sendiri. Semoga bermanfaat bagi kita semua, termasuk bagi diriku dan kamu. Iya, kamu, yang mencari laptop terbaik untuk berbagai kegiatan dan pekerjaan yang menuntut mobilitas tinggi serta tampilan yang keren abis, maka tidak salah lagi deh,…ASUS Vivobook Flip TP410 adalah jawabannya. Wajib punya! ###

| Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Laptopku Blogging Competition by uniekkaswarganti.com | #ASUSLaptopku | #2018GantiLaptopASUS |

error: Content is protected !!