Tips Trik

Menu Sahur Praktis Bergizi Bagi Kamu yang Tak suka Makan Nasi

| dindindonk.com | Menu sahur selalu menjadi bahan perbincangan di Bulan Ramadan yang telah tiba di tengah-tengah kita. Ibadah puasa tentu menjadi sebuah kewajiban untuk menjalankannya bagi seluruh muslim di seluruh dunia. Satu ritual yang terkadang enggan dijalankan sebelum puasa Ramadan yaitu menyantap makan di pagi buta, atau sahur. Sebab, banyak dari kamu mungkin mengalami kesulitan untuk bangun di waktu tersebut. Kedua, lebih memilih istirahat dibanding makan sahur agar kuat bekerja di pagi hingga sore hari.

Padahal, sahur adalah amalan sunnah yang bilamana menjalankannya niscaya akan membawa keberkahan. Para ulama bersepakat bahwa amalan sahur sebagai sebuah sunnah, bukan wajib.

Selain berkah, juga dipandang perlu dari sisi kesehatan, karena sahur menjadi satu-satunya pintu kesempatan bagi tubuh mendapatkan asupan bergizi sebelum berpuasa. Dengan demikian, kamu dapat menjalankan puasa Ramadan dengan lebih kuat dan bertenaga.

Menu Sahur Tanpa Nasi, Bisakah?

Di Indonesia, bersantap sahur pasti dengan makanan-makan “berat”, seperti nasi dengan lauk-pauknya. Pertanyaannya, bagaimana dengan orang yang tidak suka makan nasi, atau tidak bisa makan nasi karena alasan kesehatan? Tentu saja tetap bisa bersantap sahur dan nyaman beribadah puasa Ramadan di siang harinya.

Cara mengatasinya mudah kok. Banyak sekali menu tanpa nasi, tapi asupan karbohidrat dan protein tinggi lainnya tetap tercukupi agar kuat beribadah puasa. Coba deh simak beberapa menu inspiratif yang praktis bergizi bagi kamu yang tidak suka makan nasi.

 

Kentang Tumis Daging
dindindonk.com - menu sahur

| dindindonk.com | ilustrasi kentang tumis daging (foto: Svetlana Hustentinova/Unsplash)

Bermodal kentang dan daging, dijamin perut kamu akan terjaga dari kelaparan selama puasa. Kentang termasuk makanan pokok pengganti nasi. Jadi, pastinya asupan karbohidrat untuk tubuh kamu tetap terjaga. Sementara, daging menjadi sumber protein yang akan menguatkan tubuh kamu menjalankan ibadah puasa.

Roti Panggang
dindindonk.com - menu sahur

| dindindonk.com | ilustrasi roti panggang (foto: Pixzolo Photography/Unsplash)

Roti juga dapat dijadikan makanan pokok pengganti nasi. Apalagi, roti cukup “luwes” karena dapat dikombinasikan dengan apa saja. mulai dari coklat, gula,pisang, selai, telur, bahkan kamu juga bisa membuat sandwich dengan kombinasi berbagai bahan makanan sesuai selera. Atau yang paling sederhana, kamu cukup menambahkan susu kental manis.

Agar lebih lezat dan nikmat lagi, dapat kamu panggang untuk membuat roti menjadi lebih renyah. Tapi hati-hati, jangan sampai gosong ya, karena kamu memasaknya sambil terkantuk-kantuk.

 

Bubur Sereal Oat
dindindonk.com

| dindindonk.com | ilustrasi bubur sereal oat (foto: Monika Grabkowska/Unsplash)

Oat adalah alternatif yang banyak dipilih bagi orang yang tidak suka makan nasi, dan juga sedang menjalankan program diet. Kandungan karbohidrat serta serat yang tinggi akan dapat membuat kamu bertahan dari rasa lapar lebih lama.

Kombinasinya pun cukup banyak. Kalau kamu suka yang gurih, tinggal mencampurnya dengan kuah kaldu hangat. Sementara bagi penyuka manis, cukup dengan tambahan segelas susu ditambah coklat dah buah-buahan favoritmu, seperti pisang, apel, atau anggur.

Penyajiannya pun cukup mudah dan singkat. Cukup untuk mengejar waktu bagi yang kamu yang kesiangan bangun.

 

Makaroni Keju
dindindonk.com - menu sahur

| dindindonk.com | ilustrasi makaroni keju (foto: Hermes Rivera/Unsplash)

Kamu yang tidak suka nasi, dapat juga sahur dengan makaroni (dapat juga diganti pasta pendek lainnya sesuai selera). Ambil segenggam makaroni (lebih kurangnya sesuai selera) lalu direbus. Setelah matang, taruh di piring, dan campur  mentega lalu tinggal dicampurkan dengan keju. Siap disantap di waktu sahur. Kandungan serat serta kadar protein tinggi membuatnya cocok untuk memenuhi kebutuhan tubuh selama berpuasa seharian.

 

Telur Dadar Mie
dindindonk.com

| dindindonk.com | ilustrasi telur dadar mie (foto: claremont-tonic.com.au)

Telur merupakan sumber protein yang cukup tinggi. Dicampur dengan mie, yang memiliki karbohidrat tinggi pengganti nasi, maka jadilah telur dadar mie. Ada yang menyebutnya martabak mie, ya sah-sah saja. Dijamin, dengan memakan ini di kala sahur, akan membantu tubuh kamu dalam beraktivitas di tengah ibadah puasa Ramadan sepanjang hari.

Kurma dan Madu

Kamu juga dapat meniru pola sahur Nabi Muhammad SAW, sebagai sebuah sunnah yang menyehatkan. Bagaimana caranya? Yaitu dengan kurma dan madu. Cukup dengan tiga butir kurma dan 2 sendok madu di kala sahur.Kadar kalori dan karbohidrat yang cukup tinggi dalam kurma dan madu mampu memberikan energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

Kira-kira demikian beberapa menu sahur praktis bagi kamu yang tidak menyukai makan nasi. Atau, mungkin juga karena memang tidak bisa makan nasi. Selamat mencoba! [END]

 

 

error: Content is protected !!