Gaya Hidup

Serba-Serbi Penjualan Tiket Kereta Api Mudik 2019

| dindindonk.com | Tanpa terasa, tidak lama lagi Ramadhan tiba. Setelah itu, ritual tahunan masyarakat Indonesia, khususnya bagi yang muslim pun akan kembali berlangsung. Ritual massal yang bernama mudik ini akan menggerakkan mayoritas masyarakat dari kota kembali ke kampung halaman. Dari kota menuju tempat wisata. Semuanya berbondong-bondong dalam rentang waktu yang sama.

Menyambut mudik lebaran 2019 ini,  PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI pun telah bersiap. Seperti apa serba-serbi persiapannya? Yuk disimak bersama.

Sudah terjual 1,2 juta kursi

KAI melaporkan kepada publik bahwa tiket kereta api untuk kereta reguler dan juga kereta tambahan mulai dari H-10 hingga H+10 lebaran 2019 sudah terjual 1,2 juta kursi. Secara persentase, jumlah terjual itu adalah sebanyak 41,8 persen. Angka perhitungan tersebut sampai dengan hari pencoblosan, Rabu (17/4/2019) lalu.

Masih tersisa sebanyak 1,6 juta kursi 

Selanjutnya, KAI mengatakan bahwa masih ada sejumlah 1,6 juta kursi yang masih tersedia bagi para pemudik. Jumlah tersebut setara dengan 58,2 persen. Jadi masih tersedia lebih dari setengahnya dari total jumlah kursi yang disiapkan untuk pulang kampung.

Penyebaran tidak merata

Maksudnya, ada tujuan-tujuan tertentu yang sudah habis, walaupun masih banyak waktu tersisa untuk penjualan tiket untuk kursi-kursi tersebut.

Ini dia rute favorit pemudik

KAI mengungkapkan bahwa rute tujuan mudik yang paling banyak diburu para calon penumpang adalah kota-kota besar di Pulau Jawa. Yaitu Semarang, Yogyakarta,  Solo, dan Surabaya.

Disarankan untuk rajin menengok situs resmi KAI

Siapa tahu, jika ada pemesan tiket yang membatalkan keberangkatannya karena sesuatu hal. Hal lainnya bisa saja karena lupa membayar tiket yang sudah dipesan. Bila terjadi demikian, maka, tiket pun akan kembali tersedia untuk dijual kepada calon penumpang lain. Prinsipnya first come first serve. Siapa cepat, dia dapat. Jadi, rajin-rajin cek situs resmi KAI, biar tidak keduluan.

Tiket kereta reguler sudah lebih banyak habis

Para calon penumpang mudik  sudah lebih dulu mengincar tiket kereta reguler. Tercatat, sebanyak 1 juta tiket kursi sudah terjual (sekitar 43,6 persen). Sementara, sisanya sebanyak 1,3 juta (sekitar 56,7 persen) masih tersedia.

Tiket kereta tambahan juga diminati

Walau namanya kereta tambahan, tetap saja tidak menghentikan para calon penumpang untuk membeli tiketnya.  Karena yang dilihat bukan statusnya sebagai kereta tambahan, tapi karena memilih berdasarkan waktu keberangkatannya. Tercatat sebanyak 170.207 kursi atau sekitar 34,6 persen tiket kereta tambahan sudah terjual. Masih tersedia 321.907 kursi (sekitar 65,4 persen) yang masih dapat dibeli.

Nah, jadi kira-kira seperti itu serba-serbi singkat penjualan tiket kereta api untuk mudik 2019. Sampai dengan sejauh ini, masih banyak tiket tersedia. Namun, sangat disarankan untuk segera membeli tiket. Ya tentu saja supaya tidak kehabisan. [END]

error: Content is protected !!