Jalan Jajan

Mau Perjalanan Kereta Api Aman Nyaman Tenteram? Kuy, Simak Tips Kekinian Ini

Kereta Api

| dindindonk.com | Kegiatan perjalanan atau traveling merupakan suatu hal yang banyak ditunggu oleh banyak orang (termasuk aku!) Kegiatan ini menjadi semacam “ritual” untuk melepas segala kepenatan yang membebani pundak, serta sesak yang menekan dada. Kesibukan pekerjaan di kantor dan juga berbagai hal lainnya yang membuat pusing kepala. Komplit deh!

Yuk manfaatkan liburan di minggu tenang

Kebetulan, pada minggu ini, selain kegiatan puncak pesta demokrasi yang berlangsung hari ini, Rabu, 17 April 2019, maka kesibukan selama satu minggu relatif sepi. Masa tenang selama tiga hari mulai Minggu kemarin (13/4/2019) hingga Selasa (16/4/2019). Rabu menjadi hari libur untuk memberikan kesempatan masyarakat untuk mencoblos di kampung halaman. Lalu Jumat kembali libur untuk merayakan Jumat Agung umat Kristen. Kamis pun menjadi “Hari Kejepit Nasional” atau Harpitnas.

Sebagaimana kebiasaan masyarakat Indonesia memandang Harpitnas, yaitu sama dengan hari libur tidak resmi. Maka, praktis minggu ini adalah minggu libur!

Tentu cocok sekali memanfaatkan minggu ini untuk melakukan perjalanan. Bersantai menikmati waktu luang sembari mengisi baterai tubuh dengan aliran energi serta semangat baru dan segar.

Kereta api sarana transportasi pilihan
kereta api

Kereta Api melintasi daerah persawahan (foto: kai.id)

Nah, untuk memaksimalkan suasana santai ada baiknya menggunakan sarana transportasi kereta api. Jadi, terhindar dari stres berkendara. Suasana liburan justru akan lebih banyak menimbulkan kepadatan lalu lintas di daerah wisata. Belum lagi jika mengingat potensi macet akibat penumpukan arus balik pada akhir minggu nanti.

Kereta api sebagai sarana transportasi paling efektif dan diminati jelas menjadi pilihan. Beberapa kelebihan seperti kemudahan serta harga yang relatif murah dibanding sarana transportasi lainnya.

Jadi, agar kamu dapat menikmati perjalanan menggunakan kereta api dengan aman, nyaman, tenteram, ada baiknya kamu menyimak beberapa tips berikut ini.

Buat rencana perjalanan dengan matang

Umumnya, tiket kereta api sudah dapat dibeli dalam jangka waktu dua bulan sebelum keberangkatan. Jadi, bila ingin melakukan perjalanan, maka sebaiknya buat para pekerja kantoran juga telah merencanakan cuti tahunannya dengan baik.

Tapi tidak tertutup juga kemungkinan untuk pergi secara mendadak. Kamu bisa melakukan pengecekan online via aplikasi penyedia tiket yang banyak tersedia. Atau bisa juga langsung pesan diĀ situs resmi KAI.

kereta api

ilustrasi situs resmi Kereta Api Indonesia (KAI) (foto: kai.id)

Hanya saja, karena mendadak, maka sudah untung-untungan ya. Kalau dapat namanya rezeki, tapi kalau tidak dapat ya sudah nasib karena sudah kehabisan.

Intinya, Bila kamu memiliki rencana melakukan perjalanan ke manapun, aku sarankan untuk membeli tiket dalam kesempatan pertama. Kereta api adalah salah satu sarana transportasi yang populer di masyarakat, sementara kursi yang tersedia jumlahnya terbatas.

Selain dapat kepastian perihal tiket, hal lain yang menjadi keuntungan dengan memesan tiket jauh hari ke depan adalah kamu dapat membereskan hal-hal terkait keberangkatan lainnya, seperti membeli peralatan yang dibutuhkan, atau membuat daftar kegiatan sampai dengan daftar belanja ketika berada di tempat wisata. Hal lainnya yang menjadi keuntungan bila kamu memesan tiket di awal, yaitu dapat memilih dan memesan kursi yang paling strategis sesuai keinginan.

Buat dirimu nyaman

Salah satu caranya adalah dengan menghindari pemesanan di kala musim liburan. Pertama, karena harganya pasti akan lebih mahal karena permintaan tinggi. Kedua, di tempat tujuan juga tidak nyaman, karena lebih banyak pengunjung bersliweran. Bila kamu melakukan perjalanan untuk mencari ketenangan, hindari melakukan traveling di waktu ini.

Langkah berikutnya untuk membuat perjalananmu nyaman, yaitu dengan mempersiapkan dokumen perjalanan. Yah, karena perjalanan kereta api biasanya di dalam negeri, cukupĀ  identitas seperti KTP. Beda halnya bila kamu melakukan perjalanan kereta api di luar negeri. Kalau seperti ini, kamu jelas perlu mempersiapkan paspor dong!

kereta api

Persiapkan dokumen perjalanan, identitas diri, termasuk paspor bila melakukan perjalanan kereta api di luar negeri (foto: Bady QB/unsplash)

Hal yang juga perlu diperhatikan adalah tentang pakaian. Persiapkan pakaian yang sesuai, baik di perjalanan maupun selama di tempat wisata. Bepergian dengan kereta di waktu yang tepat memang sangat nyaman. Namun, ada baiknya bila didukung dengan baju yang nyaman dipakai. Tidak perlu terlalu rapi, cukup nyaman dan sesuai untuk dibawa berpergian ke kereta.

Bawaan seringkas mungkin
kereta api

ilustrasi (Ross Sneddon/unsplash)

Bawalah barang seperlunya, dan seringkas mungkin, karena tempat penyimpanan di kereta api terbatas. Selain itu akan memudahkan kamu dalam pengawasan barang-barang bawaan. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan ulang sebelum berangkat, selama perjalanan, dan sebelum turun dari kereta dengan teliti. Hal ini untuk menghindari kemungkinan adanya barang yang tertinggal. Lebih baik check and recheck daripada menyesal.

Nikmati perjalanan

Sebisa mungkin mulai melakukan perjalanan pada pagi siang hari agar kamu dapat menikmati pemandangan. Apalagi jika melewati daerah yang indah, pasti akan menjadi hiburan bagi mata dan hati kamu ya.

kereta api

ilustrasi menikmati pemandangan dalam perjalanan kereta api (foto JK/unsplash )

Selain itu, persiapkan juga makanan dan minuman. Perjalanan kereta api membutuhkan waktu tempuh lebih lama dibanding menggunakan pesawat. Jadi, kamu juga harus memperhatikan perut kamu agar kamu tetap dapat menikmati perjalanan. Kelaparan sepanjang perjalanan itu harus dihindari karena pasti bikin bete.

Siap berangkat?

Oke deh, kalau semuanya sudah dipersiapkan dengan baik, pasti perjalanan menggunakan kereta api menjadi sangat aman, nyaman, tenteram. Apalagi jika bersama teman-teman atau keluarga. Pasti akan bertambah seru deh. Jangan lupa, ketika menunggu kereta, tetap menjaga ketertiban ya. Yuk Cusss berangkat!

kereta api

Suasana menunggu kereta api tiba di stasiun Kota, Jakarta. (foto: unsplash )

[END]

error: Content is protected !!