Gaya Hidup

Internet Lemot Bikin Bisnis Daring Bangkrut? Tenang, Ini Solusinya!

Layanan TV Kabel dan Internet

Di dunia bisnis daring, koneksi internet adalah kunci.

Dalam satu klik, Kesempatan bisa hilang tak berbilang.

Kegagalan terpantik hanya karena koneksi lemot yang bikin kepala cekot-cekot.

Hanya tinggal satu klik saja sebenarnya. Tapi tak disangka, langkah terakhir ini justru malah bikin kecewa. Betapa tidak. Harapan yang sudah membuncah di depan mata, sirna hanya karena koneksi internet bikin pusing kepala.

Di saat harus mengirimkan paket kerjaan hasil analisa, koneksi tetiba putus! Nasibku…. Waktu terpenting dimana kecepatan dan koneksi internet sangat diharapkan, ternyata hasilnya mengecewakan sekali.

Mungkin kamu juga pernah merasakan hal yang mirip-mirip? Itu tadi adalah potongan kisahku ketika waktu genting pengumpulan deadline. Hasil pekerjaan sudah ditunggu klien. Apa daya, karena koneksi lemot membuat suasana jadi hiruk-pikuk dan menegangkan.

Lain lagi cerita temanku. Pernah suatu ketika dia curhat pengalaman pahitnya dengan koneksi lemot. Pemilik toko online atau toko daring di salah satu marketplace atau pasar daring terkemuka di tanah air. Temanku ini mengalami gagal transaksi akibat koneksi lemot. Betapa tidak, transaksi yang nilainya jutaan buyar karena dia tidak dapat merespons dengan cepat permintaan sang calon pembeli.

Walhasil, calon pembeli pun pindah ke lapak sebelah, yang tentu saja sumringah menerima transaksi bernilai jutaan rupiah.

 

Koneksi Internet di Indonesia

Di era serba digital ini, orang-orang sudah menempatkan internet sebagai suatu hal utama. Internet adalah sebuah kebutuhan. Dan untuk menopang pemenuhan kebutuhan tersebut, keberadaan koneksi internet yang berkualitas jelas menjadi hal yang wajib ada.

Untuk dapat melihat gambaran kondisi internet di Indonesia, mungkin ada baiknya sedikit menilik dari laporan yang meneliti tentang kondisi internet di seluruh dunia. Dari situ kamu bisa mendapatkan gambaran tentang posisi Indonesia di antara negara-negara lain di dunia.

Berdasarkan data yang dirilis dari Hootsuite, pada 2018 tercatat bahwa kecepatan rata-rata internet di dunia adalah sebesar 40,71 Mbps untuk internet kabel (cable internet). Sementara untuk koneksi internet mobile (mobile internet connection) adalah sebesar 21,30 Mbps.

Koneksi Internet Kabel Dunia

Dalam laporan tersebut, Hootsuite memperlihatkan aktivitas internet yang menyajikan data kecepatan internet di dunia. Berikut ini, kamu dapat menyimak peringkat 10 besar negara terbaik dari 40 negara di dunia dalam kategori kecepatan internet kabel.

Nah, kamu dapat melihat bahwa ternyata kecepatan internet kabel negara-negara maju jauh berada di atas rata-rata (40,71 Mbps), Bahkan ada yang kecepatannya sampai dua sampai tiga kali dari rata-rata dunia. Di mana posisi Indonesia? Ternyata menurut laporan tersebut, rata-rata kecepatan internet kabel Indonesia hanya sebesar 13,80 Mbps. Hmm… cukup jauh dibawah rata-rata ya?

Koneksi Internet Mobile Dunia

Baiklah. Kita lanjut! Lalu kita intip 10 negara teratas dengan laju akses internet mobile tercepat berdasarkan 40 negara di dunia.

Wah! Lagi-lagi, sama seperti kondisi kecepatan internet kabel, Indonesia memiliki kecepatan internet mobile sebesar 9,80 Mbps. Jauh di bawah rata-rata kecepatan dunia yang sebesar 21,30 Mbps.

Faktor kecepatan di internet adalah hal penting. Sebagaimana diungkapkan oleh Marvin Ammori,  seorang pakar kebijakan Internet dan pengacara asal Amerika Serikat. Berikut kutipannya:

Dapat dikatakan, keberhasilan atau kegagalan bisnis berbasis internet sangat mengandalkan kecepatan. Yah, berdasarkan pengalamanku dan ditambah cerita temanku, emang bener sih!

Manfaat Koneksi Internet Cepat

Kalau kamu bergelut dengan dunia internet, pasti memahami mengapa koneksi internet yang cepat sangat dibutuhkan di era serba digital ini. Menurut pandanganku, setidaknya ada 7 manfaat dengan memiliki akses internet cepat. Simak yuk infografis berikut:

 

Selain itu, fakta bahwa Indonesia sedang memasuki era industri 4.0 dimana segalanya sudah terkait dengan internet (internet of things, atau IoT) dan segala hal sudah berbau online, maka koneksi internet yang cepat dan dapat diandalkan adalah sebuah keniscayaan.

Alasan Berbisnis Online

Era milenial dengan saratnya teknologi dan informasi digital yang semakin berkembang membuka peluang baru yang tidak terbayangkan sebelumnya. Saat ini, peluang bagi pebisnis online atau daring semakin terbuka lebar dan kian berkembang dari hari ke hari.

Bisnis ini menjanjikan. Kemudahan menjalankan bisnis daring yang tidak memberi batasan umur, ditambah potensi keuntungannya, membuat perlahan-lahan orang beralih melakukan bisnis secara online.

Setidaknya ada ada beberapa alasan yang membuat bisnis ini kian dilirik.

  • Bisnis online dapat dilakukan dari mana saja. 
  • Pendapatan yang menjanjikan.
  • Tidak membutuhkan banyak modal untuk memulai dan menjalankannya. 

Hanya saja, syarat sukses berbisnis online, selain tekad kuat, juga harus ditunjang koneksi internet yang berkualitas.

Nah! Kenyataan bahwa koneksi internet kabel maupun mobile di Indonesia posisinya masih jauh tertinggal. Sementara, era industri 4.0 dengan semakin maraknya pertumbuhan bisnis online alias daring juga membutuhkan fasilitas yang dapat menopang kelancaran kegiatan serta terus mendorong bisnis tersebut. Kamu yang sedang bercita-cita mengembangkan bisnis daring, ataupun yang sedang bergerak dan mengerjakan bisnis ini tidak perlu berkecil hati. Karena, berdasarkan hal-hal tersebut itulah maka Groovy hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai solusi kebutuhan koneksi internet stabil dan cepat.

 

Groovy: Connecting Home

Sejak 1996, Groovy telah hadir memberikan layanan internet bisnis. Tidak cukup sampai disitu, sekarang Groovy juga memperluas variasi pelayanannya. Sebut saja layanan TV kabel, paket internet, provider internet, internet unlimited di rumah, serta layanan akses internet.

Saat ini, Cakupan area layanan Groovy meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung.

Pertanyaannya, Mengapa harus Groovy?

Menurutku ada 6 hal yang menjadi kelebihan Groovy. Berikut pemaparannya:

layanan TV kabel dan internet

Pertama; Kabel Fiber Optik.

Ini menjadi hal paling penting yang membedakan Groovy dibanding lainnya. Groovy sangat serius menghadirkan layanan TV kabel dan internet berkualitas. Oleh sebab itu, Groovy menggunakan jaringan Fiber Optik sampai ke dalam rumah.

Teknologi ini disebut Fiber to the home (FTTH), atau ada juga yang menyebutnya “fiber to the premises” (FTTP). FTTH/FTTP adalah pemasangan dan penggunaan serat optik dari titik pusat langsung sampai ke dalam bangunan seperti tempat tinggal, gedung apartemen dan bisnis untuk menyediakan dan memastikan akses internet berkecepatan tinggi dan stabil selama pemakaian oleh pelanggan.

Teknologi FTTH atau “fiber to the premises” yang dipakai oleh Groovy memastikan akses internet berkecepatan tinggi dan stabil selama pemakaian oleh pelanggan.

Penggunaan kabel fiber optik juga memberikan beberapa keunggulan dibanding wireless.

Kapasitas Bandwidth sangat besar, mendukung penyaluran kecepatan transmisi data sangat tinggi (gigabit-per detik). Kabel Fiber Optik mampu menyampaikan informasi jarak jauh dengan cepat tanpa sela atau repetisi. Penggunaan kabel Fiber Optik murah, karena biaya pengoperasian sangat rendah. Selain itu, data yang kamu hantarkan lewat kabel jenis ini lebih aman, karena tingkat keamanan tinggi dibanding sistem lain. Ukuran kabel yang kecil dan ringan membuatnya praktis dalam penggunaan. Fiber Optik juga tahan gangguan elektromagnetik dan gelombang radio. Bebas tenaga listrik dan tidak menimbulkan percikan api sehingga menurunkan risiko kebakaran. Terakhir, bebas karat walau sudah dipakai dalam jangka waktu lama.

Kedua; WiFi Access Point.

Istilah lainnya yaitu Wireless Access Point (WAP). Merupakan titik akses nirkabel berupa perangkat keras yang ditempatkan pada suatu jaringan area lokal (LAN). Keberadaan WAP ini memungkinkan perangkat berkemampuan nirkabel (misalnya smartphone kamu) terhubung dengan jaringan internet kabel yang disediakan oleh Groovy. Terhubung melalui WiFi. Groovy menyediakan 1 (satu) unit fasilitas ini sebagai bagian dari pelayanannya secara gratis.

Groovy menyediakan 1 (satu) unit fasilitas ini sebagai bagian dari pelayanannya secara gratis.

Dengan menempatkan WAP dalam rumah, apartemen, ruko atau kantor bisnis, akan membuat kamu lebih praktis mengerjakan berbagai hal. Berikut beberapa manfaat penempatan WiFi di dalam rumah:

Ketiga; Static IP Address.

Atau disebut juga alamat IP statis adalah nomor dalam bentuk titik bertitik yang ditugaskan ke komputer oleh penyedia layanan Internet atau internet service provider (ISP) untuk menjadi alamat tetapnya di Internet.

Dengan memakai ini, maka dapat dipastikan alamat IP static (tetap) yang dipakai oleh pelanggan tidak berubah ketika listrik on/off. Hal ini sangat cocok untuk perangkat smart home, video surveillance (CCTV). Kamu akan tetap dapat mengawasi keamanan rumah dimanapun kamu berada.

Keempat; Harga terjangkau. 

Dibanding pesaingnya, Groovy memberikan pelayanan terbaik dengan harga terjangkau.

dindindonk.com

dindindonk.com | Harga paket internet di indonesia (sumber: groovy.id/blog)

 

Kelima; Paket variatif.

Yup! Groovy menyediakan berbagai paket untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Mulai dari Unlimited Speed, Unlimited Data, dan Internet+TV.

Keenam; Profesional dan transparan.

Groovy memberikan pelayanan yang profesional dan transparan. Untuk membantu para pelanggannya, Groovy menyediakan pusat pengaduan layanan yang beroperasi 24 jam tiap harinya.

Transparan, termasuk soal biaya dan pajak, juga fasilitas pendukung yang akan didapatkan, seperti Wifi Access Point dan Saluran TV. Semuanya jelas menurut aturan dan ketentuan yang berlaku.

Buah profesionalisme serta transparansi pun terpatri dari testimoni pelanggan yang menyatakan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Groovy.

Groovy Cocok Untuk Siapa?

Mengingat kemampuannya menghadirkan koneksi internet cepat tanpa batas, ditambah juga dengan fasilitas WiFi. Keunggulan-keunggulan tersebut membuat pelayanan yang diberikan oleh Groovy cocok bagi siapa saja.

 

Langkah Mudah Berlangganan Groovy

Saat ini, Groovy sedang gencar meluaskan jaringan. Jadi, bagi kamu yang sudah berniat memakai jasa Groovy tapi belum tercover areanya, jangan kecewa dulu, pantau saja di lingkungan sekitar. Siapa tahu mendapati tim Groovy yang sedang melakukan pameran atau penawaran.

Buruan deh kepoin websitenya, atau bisa juga melalui akun media sosialnya di instagram, @groovyid.

Manfaat Berbisnis Online Menggunakan Groovy

Wow! Jadi yakin deh kalau berbisnis online alias daring menggunakan Groovy memberikan manfaat. Setidaknya, menurutku, ada 3 manfaat:

  • Jaringan moncer rezeki luber. Iya jelas dong! Koneksi internet yang disediakan Groovy berkecepatan tinggi dan stabil. Jadi tidak perlu khawatir lagi koneksi terputus tiba-tiba yang menyebabkan transaksi gagal.
  • Bisnis makmur, hiburan akur. Selain bisnis jadi lancar, sarana hiburan juga terjamin lho! Berbagai kanal televisi yang dihadirkan Groovy melalui layanan TV kabelnya memberikan pilhan untuk menikmati tayangan hiburan berkualitas.
  • Paket WiFi bikin hemat kuota isi dompet terjaga. Fasilitas WiFi yang disediakan oleh Groovy jelas membuat hemat kuota. Isi dompet pun tetap terjaga. Maksimal bekerja memikirkan bisnis tanpa perlu ditambah pikiran kuota yang terbatas.

 

Groovy Hadirkan Layanan TV Kabel dan Internet Berkualitas

Ada banyak provider yang memberikan layanan TV kabel dan internet.

Namun, ada satu hal yang membuat Groovy cukup menonjol, yaitu dengan memberikan layanan FTTH yang menghadirkan Kabel Optik masuk ke dalam rumah. Dengan demikian, Groovy memastikan bahwa layanan internet dan TV kabel yang kamu nikmati adalah koneksi super cepat dan stabil tanpa terputus. Jadi, kalau kamu ingin menikmati koneksi internet cepat tanpa lemot, ya pilih Groovy! [###]


Disclaimer:
Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi “Article Writing Competition” yang diadakan  oleh Groovy. Sumber penulisan dari Groovy dan riset. Sumber foto berasal dari Groovy, Freepik, dan grafisnya diolah secara mandiri.
error: Content is protected !!