Jalan Jajan

#BeraniJelajahi Sepotong Surga di Hainan? HIS Travel Siap Antar Kamu Kesana

*foto cover: pantai Sanya Yalong Bay (net) 


 

Apa? Sepotong surga? Beneran nih ada…? Hainan?

 

Tapi, ternyata Hainan tidak sekedar menawarkan daya tarik makanannya. Hainan adalah salah satu provinsi di China. Nah, bicara tentang negara berjuluk “Negeri Tirai Bambu” ini, pasti langsung terasosiasikan dengan Tembok China. Wajar saja, karena pamor tembok raksasa yang terlihat dari Bulan ini sudah mendunia. Selain itu yang tidak kalah terkenalnya adalah Panda. Salah satu spesies beruang asli China yang lucu nan menggemaskan.

Secara geografi, Hainan adalah sebuah provinsi yang terletak di bagian paling selatan China. Provinsi ini terdiri dari beberapa pulau, dengan pulau terbesar bernama Hainan. Nama yang kemudian menjadi rujukan provinsi ini. Berbatasan langsung dengan Vietnam di sisi Barat.

Provinsi ini terpisahkan dari China daratan oleh Selat Qiongzhou.

Provinsi Hainan telah bertindak menjadi urat nadi kegiatan ekonomi China sejak lama. Apalagi letaknya yang strategis di wilayah paling selatan membuatnya berkembang cukup pesat. Salah satu kota terpenting di provinsi ini yaitu Haikou, yang juga merupakan ibukota provinsi.

Hainan diberkahi sebagai satu-satunya wilayah tropis yang terdapat di China. Artinya, wilayah ini memiliki iklim yang hangat dibanding wilayah lain di China yang masuk wilayah sub-tropis. Pulau seluas 33.000 meter persegi ini berada di garis lintang yang sama dengan Kepulauan Hawaii. Suhu rata-rata di puncak musim panas (Juli-Agustus) berada di bawah 30°C, dengan kisaran 25-29°C. Sementara, suhu terendahnya pada Januari-Februari di kisaran 16-21°C. Jadi, relatif stabil sepanjang tahun.

Bahkan, penduduk China yang berasal dari wilayah bagian utara banyak yang memliki rumah ataupun apartemen di Hainan. Gunanya sebagai “tempat pelarian” mereka ketika musim dingin tiba di wilayah utara. Di saat itu, mereka akan berlibur ke Hainan. Sementara, selain waktu tersebut, apartemen-apartemen dan rumah-rumah tersebut tidak berpenghuni.

Dibandingkan dengan China daratan, kualitas udara di Hainan jauh lebih bersih. Penyebabnya karena sedikitnya polusi udara akibat industri yang banyak bertebaran di wilayah bagian utara.

Mereka Bicara Tentang Hainan

Hainan memberikan kesan mendalam bagi siapa pun yang pernah mengunjunginya. Banyak orang membandingkannya dengan Hawaii, Kepulauan di Samudera Pasifik yang merupakan negara bagian ke-50 dari Amerika Serikat. Lalu seperti apa sih ungkapan mereka berbicara tentang Hainan?

Wah, ternyata. Ada kesan mendalam bagi semua orang yang pernah berlibur ke Hainan. Sekarang sudah saatnya kamu juga ikut menikmati sepotong surga di Hainan.

Ada Apa di Hainan?

Banyak sekali kesenangan yang bisa kamu jumpai di sini. Kamu bisa melakukan beragam aktivitas. Jadi, pasti tidak akan membosankan. Bahkan kamu akan merasakan kesenangan yang tidak ada habisnya.

Berselancar dan nikmati pantai

foto: his-travel.co.id

Pecinta pantai memiliki banyak pilihan di Hainan. Salah satu yang menjadi pilihan utama adalah Sanya. Kota ini mendapat julukan “Florida-nya Tiongkok” karena garis pantainya yang panjang dan indah, mirip di Florida. Di sini kamu dapat puas bermain air dan berenang. Tak kalah menariknya yaitu wisata pantai di Yalong Bay atau Pantai Da Dong Sea yang juga harus kamu kunjungi.

Berselancar di Riyue Bay, Wanning (foto: explorehainan.com)

Untuk kamu yang hobi selancar, bisa langsung kunjungi Riyue Bay, Wanning. Tempat ini menyelenggarakan Wanning International Surfing Competition tiap tahunnya. Surfing spot yang terkenal di kalangan para peselancar dari seluruh dunia.

Jelajahi Movie Town bersama keluarga

Suasana Movie Town di kala senja  (foto: explorehainan.com)

Bersama keluarga, petualangan menjelajahi Movie Town pasti seru! Suasana jalannya yang dipersiapkan sedemikian rupa akan membawa kamu ke dalam suasana masa lampau. Di sini juga banyak pertunjukan dan restoran serta toko-toko suvenir.

Meresapi keagungan Dewi Kwan Im

foto: his-travel.co.id

Rasanya belum lengkap bila tidak mengunjungi ikon di Hainan ini. Patung Raksasa Dewi Kwan Im setinggi 108 meter (354 kaki) ini adalah patung tertinggi kedua belas di dunia dan patung tertinggi Guanyin di dunia. Terletak di Nanshan Cultural Tourism Zone, patung ini selalu ramai dikunjungi puluhan ribu peziarah Buddha yang berasal dari Taiwan, Hong Kong, Makau dan Cina Daratan.

Tenggelam dalam romansa di Sanya Romance Park

foto: his-travel.co.id

Sanya Romance Park adalah taman hiburan dengan fokus tema budaya minoritas Hainan. Terbagi dalam 10 area, kamu pasti akan terpesona dengan segala romansa budaya yang ditampilkan di sini.

Selamat datang di Bali, Hainan

foto: his-travel.co.id

Ini bukan mimpi. Desa Bali yang berada di Hainan ini sangat kental dengan nuansa Bali. Bermula sebagai tempat penampungan warga keturunan Tionghoa dari negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Warga tionghoa yang pernah menetap di Bali lantas membawa budaya Bali tersebut ke sini. Kian lama semakin berkembang menjadi seperti yang sekarang ini.

Surga makanan bagi yang tak pernah kenyang

foto: his-travel.co.id

Para pecinta kuliner pasti tidak akan menyesal jika berlibur ke Hainan. Banyak sekali jenis makanan yang bisa kamu lahap di sini. Yang kamu perlu persiapkan hanya satu. Perut yang selalu kosong. Di sini makanan enak tidak ada habisnya.

Wisata sejarah tradisional di Desa Kuno Yetian

Desa kuno Yetian (foto: explorehainan.com)

Di sini kamu dapat melihat perkampungan masa lalu suku minoritas Li dan Mao. Bahkan UNESCO memberi status the World Intangible Culture Heritage. Penghargaan dari upaya mempertahankan tradisi masa lalu sebagai warisan tak ternilai bagi generasi mendatang.

Eksplorasi cagar alam di Wushizan Nature Reserve

Alam yang masih asri di Wuzhishan Nature reserve (foto: explorehainan.com)

Wuzhishan nature reserve adalah cagar alam terbesar di Hainan. Di sini juga terdapat spesies tumbuhan tropis paling lengkap di seantero Hainan. Tidak main-main lho, Wuzhishan menduduki peringkat ketiga hutan tropis yang dilindungi di dunia setelah hutan hujan tropis amazon dan hutan tropis di Indonesia.

Bermain bersama monyet

Monyet di Pulau Monyet Nanwan (foto: explorehainan.com)

Pulau Monyet Nanwan adalah satu-satunya pulau cagar alam monyet di China. Lebih dari 1000 ekor monyet tercatat hidup di pulau ini. Yang harus diperhatikan bila kamu jalan-jalan ke sini yaitu jangan memberi makan si monyet, karena mereka bisa cari makan sendiri. Dan lagi, makan sembarangan bisa berbahaya bagi kesehatan mereka (ini serius loh!).

Dari sini, kamu bisa menikmati sensasi yang tidak kalah serunya, yaitu menikmati Hainan dari atas.

Nikmati keindahan Hainan dari atas

Pemandangan Hainan dari kereta gantung (foto: song songroov / Wiki Commons)

Sensasi menikmati keindahan Hainan tidak hanya di pantai dan di darat. Kamu juga dapat menikmati keindahannya dari atas dengan menggunakan kereta gantung (cable car). Kereta gantung terpanjang di China dan memiliki ketinggian 2.138 meter. Turun dari Pulau Monyet, kereta gantung ini akan memperlihatkan keindahan Hainan dilihat dari atas.

Penggila belanja bisa lupa waktu

foto: his-travel.co.id

Bagi kamu yang gila belanja, berlibur ke Hainan menjadi godaan berat. Hampir di tiap tempat wisata selalu tersedia tempat belanja. Belum lagi jika berjalan-jalan menikmati kota di Sanya. Sepanjang jalan Jiefang (Jiefang road) kamu akan mendapati toko-toko lokal yang menawarkan berbagai macam barang.

Surga bagi penggila selfie dan tukang pamer di instagram

foto: his-travel.co.id

Sepertinya tiada tempat yang tidak layak untuk diabadikan di instagram kamu di sini. Yup! Hainan itu instagrammable banget di seluruh tempatnya. Persiapkan kamera terbaik, charger, dan baterai cadangan kalau perlu. Endless deh postingan instagram kamu di sini.

Ini nih….

Bebas Visa

Berlibur ke Hainan mudah kok. Sebanyak 59 negara masuk dalam daftar negara yang dibebaskan visanya oleh pemerintah China, khusus bila ingin berkunjung ke “surga” ini. Indonesia masuk dalam daftar negara tersebut.

6 negara Amerika (Amerika Serikat, Kanada, Brazil, Meksiko, Argentina, Chile).

2 Negara Oceania (Australia, New Zealand).

25 negara Eropa-Schengen (Austria, Belgia, Republik Ceska, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Eslandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxemborg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss).

15 Eropa lainnya (Russia, Inggris Raya, Irlandia, Cyprus, Bulgaria, Romania, Ukraina, Serbia, Kroasia, Bosnia-Herzegovina, Montenegro, Macedonia (FYROM), Albania, Belarus, Monaco)

11 negara Asia (Korea, Jepang, Singapura, Malaysia, Thailand, Kazakhstan, Filipina, Indonesia, Brunei, UEA,  Qatar)

Luar biasa kan. Hampir semuanya ada di sini. Pasti sudah tidak sabar ingin segera berlibur ke Hainan ya?

 

Lalu bagaimana caranya ke sana? Kamu juga pasti kepingin menikmati keseruan #BeraniJelajahi sepotong surga di Hainan, khan! 

 

HIS Travel Siap Antar Kamu Berlibur ke Hainan

Pasti kamu langsung komentar: “Dari semua travel yang banyak bertebaran di luar sana, kenapa harus pilih HIS Travel?”

Baiklah. Pertama, HIS Travel memiliki 5 keunggulan yang tidak dimiliki pesaingnya. Mulai dari Kenyamanan service, Global network yang mendukung keamanan kamu, Harga terbaik langsung dari cabang luar negeri, Unggul dalam individual tour, serta unggul dalam perjalanan ke Jepang.

Kedua, HIS Travel memiliki pilihan destinasi beragam. Mulai dari Asia, Eropa, Australia dan Selandia Baru, sampai dengan Amerika Serikat.

Ketiga. HIS Travel adalah travel berkualitas karena telah berhasil merengkuh berbagai penghargaan. Penghargaan ini sebagai bukti dedikasinya memberikan yang terbaik.

Keempat, beragam pilihan layanan. Yang membuat kamu akan terlayani dengan baik dan utuh untuk memenuhi segala keperluan kamu.

 

Nah, kalau tadi sudah dibahas tentang alasan memilih HIS Travel, sekarang lebih spesifik lagi. Mengapa memilih paket berlibur ke Hainan melalui travel ini. Yuk Disimak berbagai keunggulan Paket Tour ke Hainan. Yaitu paket yang ditawarkan oleh HIS Travel untuk menjadi pilihan kamu liburan ke Hainan.

Mudah-mudahan cerita tentang berbagai keseruan yang dapat ditemui ketika Liburan ke Hainan membuat kamu semakin tertarik ke sana. Karena aku pun jadi sangat tertarik!!! Sepulangnya dari sana nanti aku akan cerita-cerita lagi pengalamanku menikmati sepotong surga bernama Hainan. Berangkat dengan paket Hainan Tour, Kuy!


Artikel ini diikutsertakan dalam #HotHainan BloggerCompetition yang diselenggarakan oleh HIS Travel


[###]

error: Content is protected !!